Teladan Penyerahan Tugas dan Tanggung Jawab

Pernahkan Anda diminta melakukan sesuatu oleh pimpinan Anda, namun ketika melaksanakannya sang pimpinan terus-menerus mengoreksi setiap tindakan Anda? Apa yang Anda rasakan saat itu? Jangan kecil hati, saya pun pernah mengalaminya, bahkan saya pun pernah melakukan hal yang sama terhadap orang dalam tim saya sampai saya sadar bahwa itu tidak baik. Saya lantas teringat pengalaman saya ketika bekerja di perusahaan Pak Sutikno Teguh.

Pak Teguh -- begitu ia biasa disapa -- kerap memberikan contoh dan arahan kemudian meminta saya melakukan sesuatu berdasarkan contoh dan arahan tersebut. Pada saat pelaksanaan, beliau hanya memonitor dan memberikan arahan jika diperlukan. Sering kali, ketika menemui hambatan, saya berkonsultasi dengan beliau.

Apa yang membuat saya sangat salut, beliau sangat ahli dalam mendengarkan dan kemudian memberi nasihat mengenai apa yang harus dilakukan. Namun, terkadang beliau hanya diam dan hanya berkata, "Aku sih ikut Paulus aja. Bagaimana yang terbaik menurut Paulus?" Jawabannya ini kerap membuat saya berpikir keras dan lebih bersungguh-sugguh dalam bekerja karena saya merasa sayalah yang melahirkan ide tersebut (ada sense of ownership). Beliau mampu mendelegasikan sekaligus mengembangkan saya. Salut!

Diambil dari: Judul buku: The Leadership Wisdom Penulis : Paulus Winarto Penerbit : PT Gramedia, Jakarta 2005 Halaman : 219

File: 

Komentar