Ketika Menghadapi Kekecewaan

KETIKA MENGHADAPI KEKECEWAAN

AYAT ALKITAB UNTUK DIRENUNGKAN

Allah Bisa memakai berbagai cara

Roma 8: Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. (ay. 28)

Serahkanlah kekuatiran Anda kepada Allah

1 Petrus 5: Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. (ay. 7)

Berdirilah teguh, meskipun Anda tidak mengerti

Amsal20: Langkah orang ditentukan oleh TUHAN, tetapi bagaimanakah manusia dapat mengerti jalan hidupnya? (ay. 24)

Dari Allah saja kita menerima kekuatan untuk bertahan

Mazmur 68: Allah adalah dahsyat dari dalam tempat kudus-Nya; Allah Israel, Dia mengaruniakan kekuasaan dan kekuatan kepad umat-Nya. (ay. 36)

Kuasa Allah paling nyata terlihat dalam orang yang lemah

2 Korintus 12: Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna. (ay. 9)

Pikiran yang teguh adalah pikiran yang berpusat pada Allah

Yesaya 26: Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepada-Mulah ia percaya. (ay. 3)

Sadari bahwa Allah tahu apa yang paling baik

Amsal 16: Hati manusia memikir-mikirkan jalannya, tetapi Tuhanlah yang menentukan arah langkahnya. (ay. 9)

Allah tetap berkuasa, meskipun situasi tampaknya membuat kita bimbang

Wahyu 19: Lalu aku mendengar seperti suara himpunan besar orang banyak, seperti desau air bah dan seperti deru guruh yang hebat, katanya: "Haleluya! Karena Tuhan, Allah kita, Yang Mahakuasa, telah menjadi raja. (ay. 6)

Dalam hidup kita semua tentu pernah mengalami kekecewaan. Seorang teman yang kita harapkan untuk menolong justru mengecewakan kita, suatu peristiwa yang sangat kita harapkan akan terjadi ternyata gagal, suatu janji yang penting bagi kita ternyata tidak ditepati. Menghadapi kekecewaan seperti itu tidaklah mudah. Tiga prinsip berikut ini jika diikuti dan diterapkan akan dapat menolong. Pertama, kita harus menghadapi kenyataan bahwa sesuatu yang terjadi sudah benar-benar terjadi. Bila dalam usaha menghindari rasa sakit karena kekecewaan, kita berpura-pura seolah-olah itu tidak terjadi, atau terjadi dengan cara yang berbeda, maka kita menipu diri sendiri. Kejujuran hati kita menuntut apapun yang benar, apa pun yang nyata, harus dihadapi. Kedua, kita harus mengakui perasaan kita,. Ketika kita merasa terluka, marah, frustasi, atau emosi negatif yang lain, kita harus bersedia mengahdapinya. Emosi yang tidak diakui justru sering menyebabkan masalah. Ketiga, kita harus membawa masalah itu kepada Allah dalam doa, dengan mengingat bahwa Dia dapat mengangkat setiap kekecewaan dalam hidup ini dan membuat kekecewaan itu menguntungkan dan tidak merugikan kita (lih. Roma 8:28-29). Seorang penyair Kristen menyampaikan kebenaran yang sama dengan puisinya ini. Jauh didalam tambang yang tak terukur Tambang kemampuan yang tak pernah gagal Dia menyimpan rancangan-Nya yang indah Dan melaksanakan kedaulatan kehendak-Nya.

Bapa, terimakasih bahwa Engkau mengingatkanku akan kemampuan-Mu mengubah penghalang menjadi berkat. Ampuni aku yang pernah meragukannya. Tolonglah aku untuk percaya bahwa kekecewaan ini akan Kau ambil dan dipakai untuk kebaikanku. Terima kasih. Bapa. Dalam nama Yesus aku berdoa. Amin.

Kategori Bahan Indo Lead: 
Jenis Bahan Indo Lead: 
File: 

Komentar