Ketika Anda Ragu

KETIKA ANDA RAGU APAKAH ALLAH MAMPU MENGUBAHKAN

Pekerjaan Allah yang paling unggul

Roma 8: Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. (ayat 28)

Kalau Allah mampu melakukan hal ini, pasti Dia juga mampu melakukan apa saja

Kisah Para Rasul 2: Yesus inilah yang dibangkitkan Allah, dan tentang hal itu kami semua adalah saksi. (ayat 32)

Kuasa yang menjadi perantara terjadinya perubahan

1 Korintus 15: Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku. (ayat 10)

Pada waktu Tuhan

Pengkhotbah 3: Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir. (ayat 11)

Kebenaran akan selalu menang

2 Korintus 13: Karena kami tidak dapat berbuat apa-apa melawan kebenaran; yang dapat kami perbuat ialah untuk kebenaran. (ayat 8)

Percayalah akan hal ini

Efesus 3: Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita. (ayat 20)

Rencana manusia dikalahkan oleh rencana Allah

Kejadian 50: Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar. (ayat 20)

Perubahan terakhir yang terbesar

Wahyu 21: Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan laut pun tidak ada lagi. (ayat 1)

Apakah Allah benar-benar mampu melenyapkan situasi kacau yang kita alami, maupun malapetaka yang terjadi karena kebodohan kita, dan mengubahnya menjadi baik? Alkitab mengatakan bahwa Dia mampu: "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah" (Roma 8:28). Tetapi masih ada orang yang bergumul untuk dapat menerima kebenaran ini. Cara terbaik untuk memperkokoh keyakinan bahwa Allah memang mampu mengubah kemunduran dalam hidup ini menjadikannya sebagai batu loncatan adalah dengan memikirkan salib. Itulah contoh terbaik tentang kemampuan Allah untuk mengubahkan keadaan. Dia mengambil kejadian yang paling mengerikan di dunia ini dan menjadikannya sebagai peristiwa yang terindah. Penyaliban adalah tindakan paling keji di dunia ini, namun sekarang salib itu menjadi harapan utama dunia. Penyaliban adalah hal paling buruk dalam sejarah umat manusia; tetapi sekarang menjadi hal paling baik. Jika kita memiliki sahabat yang dihukum mati, tentunya kita akan menolak untuk memakai replika tiang gantungan atau kursi listrik di leher kita sebagai peringatan akan dia. Tetapi cara Kristus mati, diatas kayu salib, kita perlihatkan kepada dunia dengan berbagai cara: di atas menara gereja, maupun melalui meja perjamuan. Suatu bait dalam sebuah lagu pujian Kristen berbunyi: "Dia tersalib dan menderita di sana." Salib sekarang membawa pesan Allah, bukannya pesan manusia. Manusia memberikan kebencian, tetapi Allah memberikan kasih. Dosa menjadi latar belakang yang gelap yang membuat kasih karunia bersinar lebih gemilang. Bila Allah mampu mengubah salib begitu rupa, apa yang tidak mungkin dilakukan-Nya terhadap kemalangan yang menimpa kehidupan kita? Apabila suatu tindakan kejahatan seperti salib tidak di luar kemampuan-Nya untuk diubahkan, apakah Dia akan kalah dengan masalah sehari-hari yang menimpa hidup kita? Jawabnya tentu saja: "Tidak".

Bapa, tolonglah aku untuk berpegang sepenuhnya pada wahyu yang menguatkan dan menghibur ini bahwa tidak satupun yang terjadi padaku di luar kuasa-MU untuk mengubahkan. Setiap batu sandungan Kau ubahkan menjadi batu loncatan. Aku sangat bersyukur. Amin.

Kategori Bahan Indo Lead: 
Jenis Bahan Indo Lead: 
File: 
AttachmentSize
ketika_anda_ragu.doc48 KB
ketika_anda_ragu.htm0 bytes

Komentar