Penginjilan Lewat Cerita

Spiritual Leadership > PEMURIDAN > Buku Panduan (Mentoring) > Belajar Bersama Mentor

Judul: Penginjilan Lewat Cerita

Keterampilan: *Menyampaikan cerita-cerita Alkitab dengan cara yang sesuai dan menarik.

Bahan ini ditulis oleh J. O. Terry

Cerita-cerita Alkitab. Apa artinya?

Menyampaikan cerita Alkitab adalah dengan sengaja menggunakan cerita-cerita Alkitab untuk tujuan penginjilan, penanaman jemaat, pemuridan, pelatihan kepemimpinan, dan pelayanan. Menyampaikan cerita Alkitab berbeda dengan bentuk-bentuk pengajaran Alkitab lainnya karena ia menceritakan cerita asli dari Alkitab, dan tidak menggunakan ilustrasi-ilustrasi lainnya.

Yesus sendiri menceritakan banyak cerita dan keempat Injil mencatat banyak cerita tentang apa yang dilakukan Yesus sewaktu Dia mengajar, menyembuhkan, mengampuni dosa, membawa damai, dan memberi makan kepada banyak orang yang kelaparan. Yesus mulai mengajar melalui perumpamaan karena adanya pertentangan dari pemimpin-pemimpin agama (lihat Mat. 13:10-13; Mark. 4:1-2, 33-34). Di kemudian hari, Yesus menjelaskan kepada murid-murid-Nya arti dari perumpamaan-perumpamaan yang disampaikan oleh-Nya di depan umum tersebut.

Mengapa menggunakan cerita?

1. Kebanyakan orang Indonesia berasal dari budaya lisan di mana mereka menyampaikan berita secara lisan, belajar hal-hal yang baru secara lisan, dan mengajar secara lisan. Mereka mempunyai kebiasaan untuk belajar lewat dongeng, pepatah atau cara-cara lisan lainnya. Biasanya mereka menggambarkan tokoh-tokoh melalui cerita-cerita tentang mereka. Salah satu cara untuk mengajar tentang Allah adalah dengan menceritakan cerita-cerita tentang Allah dan pekerjaan-Nya. Cerita-cerita ini mungkin akan berulang kali diceritakan kembali oleh orang yang mendengarnya.

2. Walaupun banyak dari mereka yang bisa membaca, sedikit yang mempunyai minat untuk membaca hal-hal yang mendalam. Juga sangat sedikit pengertian mereka tentang apa yang mereka baca. Mengatasi masalah sedikitnya minat untuk membaca merupakan alasan yang kuat untuk menggunakan cerita-cerita untuk mendidik dan mengajar mereka.

3. Di dalam menginjili orang-orang yang sangat menentang, cerita biasanya dapat diterima dengan baik. Di sini tidak ada maksud untuk menipu para pendengar untuk mendengar apa yang tidak ingin mereka dengar. Tetapi jika cerita-cerita Alkitab dapat menyenangkan hati mereka dan membuat mereka ingin mendengar secara seksama, maka Roh Kudus dapat menggunakan apa yang mereka dengar untuk menyadarkan mereka akan dosa mereka dan perlunya seorang Juruselamat.

4. Penyampaian cerita Alkitab memberikan kita suatu Alkitab Lisan atau sebuah Alkitab berbentuk cerita-cerita, amsal dan ayat-ayat hafalan di mana orang dapat mengingat dan menceritakannya kembali kepada orang lain. Alkitab itu menjadi Alkitab yang hidup di dalam hati mereka.

Penyampaian Cerita Alkitab Secara Kronologis

Cerita-cerita yang disusun secara kronologis adalah cerita-cerita yang digunakan dalam sebuah alur waktu yang kronologis sehingga setiap cerita bersambung ke cerita yang berikutnya atau mempersiapkan cerita yang berikutnya.

Mengapa mengikuti alur waktu yang kronologis?

1. Alasan yang utama adalah karena ia mengikuti pola atau susunan sebagaimana cerita-cerita tersebut terjadi, yang merupakan penyusunan secara natural. Masyarakat budaya lisan cenderung untuk memulai dari permulaan dan menyampaikan sisa cerita tersebut sesuai dengan berjalannya cerita tersebut. Begitulah cara mereka mengingat cerita-cerita, yaitu menurut urutan kejadiannya. Cerita yang loncat-loncat dan tidak berurutan dapat membuat mereka menjadi sangat bingung.

2. Sekelompok cerita yang berhubungan satu dengan yang lainnya cenderung untuk menjaga kebenaran dari cerita tersebut secara lebih akurat. Contohnya, cerita-cerita yang berhubungan dengan janji Allah kepada Abraham yang dipenuhi melalui keturunan Abraham dimulai dengan Ishak, bukannya Ismail. Tema-tema yang terdapat dalam cerita-cerita seperti janji-janji, aktor-aktor di dalam cerita, dsb., semuanya menghubungkan cerita-cerita tersebut menjadi satu mata rantai sehingga semakin sulit rasanya untuk mengubah cerita tersebut walaupun mungkin kita tidak menyukai ajaran yang terkandung di dalamnya. Penting bagi kita untuk mempersiapkan orang-orang untuk mendengar kabar baik tentang Sang Juruselamat. Persiapan yang terbaik untuk hal ini adalah kabar buruk tentang kondisi manusia yang berdosa, pertanggungjawaban terhadap Allah, dan ketidakmampuannya untuk menyelamatkan dirinya sendiri dari murka Allah. Cerita-cerita dalam Perjanjian Lama merupakan konteks yang terbaik untuk menyampaikan cerita-cerita Yesus sebagai pemenuhan segala nubuatan dan janji.

Di mana kita dapat mulai sewaktu mengadakan persiapan untuk menceritakan Alkitab?

Pembawa cerita perlu menyadari kebenaran-kebenaran dasar Alkitab yang perlu didengar dan dimengerti oleh orang agar orang tersebut dapat terbuka untuk diselamatkan.

Kebenaran-kebenaran Dasar Alkitab Yang Memimpin ke Keselamatan

1. Allah adalah satu-satunya yang berdaulat, yang bertindak dalam sejarah dan berkomunikasi dengan manusia.

2. Allah adalah Allah yang berkuasa, maha tahu, sumber segala anugerah (kasih, damai sejahtera, murah hati, pengampunan, keselamatan).

3. Allah berkomunikasi melalui Firman-Nya dan setia kepada Firman-Nya.

4. Allah mengasihi manusia dan ingin bersekutu dengan manusia.

5. Allah adalah Allah yang penuh dengan kebenaran dan membenci dosa.

6. Allah menghukum dosa melalui kematian (berpisah dengan Allah).

7. Manusia bertanggung jawab kepada Allah atas segala sesuatu yang dia katakan dan lakukan.

8. Manusia adalah manusia yang berdosa yang terpisah oleh Allah karena dosa-dosanya.

9. Manusia tidak dapat berbuat apa-apa untuk menyelamatkan dirinya sendiri dari penghakiman Allah yang adil.

10. Manusia dapat menghampiri (memiliki persekutuan dengan) Allah hanya melalui persembahan yang sempurna (dapat diterima). Hal ini menyangkut iman dan kepercayan kepada Allah.

11. Yesus Sang Anak, Satu-satunya yang dikirim oleh Allah, adalah satu-satunya persembahan yang sempurna.

12. Keselamatan menyangkut iman kepada pemberian Allah dalam Al-Masih sebagai Juruselamat.

Daftar Kebenaran-kebenaran Dasar Alkitab memberikan kriteria untuk garis besar dari Sekelompok cerita-cerita Inti yang mengajarkan kebenaran-kebenaran. Cerita-cerita yang mengajarkan kebenaran terdapat dalam buku Belajar Bersama Mentor.

Penyampaian Cerita-cerita Alkitab selama sesi bercerita.

Ada empat bagian yang umum dalam setiap sesi bercerita. Biasanya sesi bercerita tentang Alkitab BUKAN ibadah kebaktian tetapi waktu untuk pengajaran. Jika doa digunakan di dalamnya, batasi dengan doa-doa yang singkat dan ditujukan agar Allah memberkati Firman-Nya dan agar Allah membuka hati orang-orang yang mendengar Firman Tuhan sehingga mereka dapat mengerti Firman Tuhan.

    1. Dialog sebelum cerita:

    1.1 Salam pembukaan

    1.2 Bertanya tentang kejadian-kejadian mutakhir di dalam masyarakat setempat. Cari cerita-cerita yang dapat dihubungkan dengan topik pelajaran dan pelajaran yang sedang diajarkan.

    1.3 Ulangi/mengingat-ingat cerita-cerita sebelumnya dan kebenaran-kebenaran Alkitab di dalam-nya, khususnya yang berhubungan dengan tema pelajaran yang sedang diajarkan.

    1.4 Ajukan pertanyaan-pertanyaan untuk memancing rasa ingin tahu. Tidak ada jawaban yang "benar" atau "salah" pada tingkatan ini, tetapi catat hal-hal yang dikatakan untuk dapat dibahas nanti setelah waktu untuk bercerita selesai.

    1.5 Kaji ulang segala cerita-cerita "jembatan" atau "penghubung" yang diperlukan untuk persiapan ke tingkatan berikutnya atau untuk dapat masuk ke cerita yang sedang diajarkan. (Contoh: Karena Musa membunuh orang Mesir, maka dia harus meninggalkan Mesir dan hidup di padang gurun di mana dia bertemu dengan Allah.)

    2. Pembacaan dari Alkitab: (jika dimungkinkan)

    2.1 Ambil Alkitab dan pegang dengan kedua tangan anda (atau mengikuti bagaimana cara sebuah Kitab Suci seharusnya dipegang).

    2.2 Baca sebuah bagian dari cerita agar pendengar mengetahui bahwa cerita ini diambil dari Alkitab.

    2.3 Terus pegang Alkitab tersebut setelah pembacaan selesai.

    3. Penuturan cerita:

    3.1 Sampaikan cerita yang tadi dengan memakai perkataan anda sendiri. Dengan membuka Alkitab kita mengkomunikasikan bahwa cerita tersebut berasal dari Alkitab.

    3.2 Sampaikan cerita sebagai sebuah cerita dan bukan sebagai gambaran tentang apa yang dilakukan Allah atau apa yang dilakukan dan dikatakan manusia.

    3.3 Jika diperlukan, gunakan kalimat-kalimat kesimpulan untuk menjembatani loncatan waktu/ kejadian dan untuk menghubungi satu episode ke episode berikutnya.

    3.4 Sampaikan cerita dengan seakurat mungkin tetapi dengan cara yang menarik, dan sedapat mungkin mengikuti irama cerita Alkitab.

    3.5 Pada akhir cerita-BERHENTI! Letakkan Alkitab.

    4. Pimpin para pendengar untuk menemukan kebenaran-kebenaran di dalam cerita:

    4.1 Anda boleh meminta seseorang untuk mengulang kembali cerita itu dengan memakai perkataan mereka sendiri. (Jika pengulangan cerita itu sangat tidak akurat atau jelek sekali, tanyakan apakah ada orang lain yang ingin mengulangi cerita tersebut.)

    4.2 Lontarkan pertanyaan-pertanyaan yang mudah dan kemudian meningkat kepada pertanyaan-pertanyaan yang memicu pemikiran yang mendalam. Setelah itu beru meningkat lagi kepada pertanyaan-pertanyaan yang mempunyai penerapan pribadi.

    4.3 Jangan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang hal-hal yang akan diceritakan dalam cerita-cerita berikutnya. (Katakan pada mereka bahwa kita belum sampai pada bagian cerita itu. Kalau nanti sudah sampai pada bagian cerita itu, mereka akan menemukan jawabannya.)

    4.4 Coba sebaik mungkin untuk peka terhadap waktu yang tepat untuk menghentikan sesi ini.

Jika muncul kemarahan atau kecurigaan, mungkin kita perlu melontarkan pertanyaan-pertanyaan retorik dan kemudian menyampaikan cerita tanpa mengadakan waktu untuk berdiskusi, dan beriman bahwa kuasa Firman Tuhan akan mulai mengubah sikap-sikap yang negatif tersebut. Setelah kepercayaan mulai bertumbuh dan para pendengar melontarkan pertanyaan, jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan mengacu kepada cerita yang telah disampaikan-biarkan cerita itu sendiri yang menjawab pertanyaan.

ANDAPUN BISA BERCERITA DENGAN BAIK

Menurut Drs. Wilson Nadeak, "Setiap orang mempunyai sesuatu yang hendak disampaikan kepada orang lain. Kalau tidak dapat berkisah kepada dua tiga orang, ya kepada satu orang sajalah!... Anda tidak perlu menjadi seorang guru untuk menjadi seorang pencerita." (dalam Cara-cara Bercerita, Penerbit Binacipta, 1987, hal 9)

Bagaimanakah anda dapat menguasai metode bercerita? Perhatikan saran-saran berikut ini untuk mempersiapkan dan menyampaikan cerita.

1) Bacalah cerita itu berulang kali (atau cerita ini sifatnya berulang-ulang). Cerita itu harus dibaca berkali-kali, sampai seolah-olah peristiwa itu sedang dialami sendiri dan dapat diulangi dalam kata-kata sendiri. Mungkin anda perlu menghafal pendahuluan dan penutup cerita, supaya tidak lupa.

2) Bayangkan keadaan dan situasi dalam cerita itu. Bayangkan seakan-akan anda sendiri sedang mengalami peristiwa itu. "Anda harus masuk ke dalam cerita itu sebelum cerita itu disampaikan." (Nadeak, hal 19) Apa yang sedang anda pikirkan dan rasakan? Kemudian, doakan mereka yang akan mendengarkan cerita itu.

3) Berlatih membawakan cerita itu dengan bersuara. Anda dapat berlatih di depan cermin. Pakailah gerakan tubuh untuk membantu imajinasi pendengar. "Mimik wajah, bunyi suara, tekanan dan nada suara, semuanya menciptakan suasana cerita yang kemudian menggema di benak pendengar." (Nadeak, hal. 16)

4) Mulailah bercerita dengan cara yang menarik perhatian. Orang yang bercerita perlu merencana-kan pendahuluan cerita yang dapat menarik perhatian pendengar. Sebaiknya jangan dimulai dengan bertanya, "Mau dengar cerita tidak hari ini?" Carilah pendahuluan yang lebih kreatif dan memikat!

5) Pakailah suara dengan sebaik-baiknya. Ucapkan kata-kata dengan jelas. Pakailah variasi nada dan kecepatan suara yang berbeda-beda sehingga seolah-olah cerita itu benar-benar terjadi.

6) Pakailah kata-kata yang dapat dimengerti oleh di pendengar. Kata-kata yang sederhana, dan kata-kata diri sendiri. Jangan menghafalkan cerita dari orang lain dengan memakai kata-kata orang itu.

7) Jangan berhenti sementara bercerita untuk memberi penerapan, memberikan tambahan, atau menjelaskan arti lebih dalam. Sampaikan cerita sampai selesai dulu, sebelum anda melakukan penerapan ini, atau penggambaran makna cerita itu.

8) Perhatikan setiap orang yang mendengar sewaktu anda bercerita. Sedapat mungkin perhatikan-lah wajah dari setiap pendengar untuk mengetahui apakah cerita itu cukup menarik dan dapat diterima dengan baik oleh para pendengar. Cobalah sejenak melupakan diri anda sendiri. Maksudnya, anda jangan terpengaruh bagaimana pandangan orang lain terhadap anda pribadi, kepada tingkah laku anda, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan diri anda. Bicaralah secara alamiah seolah-olah tidak ada apa-apa. Arahkanlah pikiran anda pada cerita sambil mendoakan mereka yang mendengar.

9) Ingatlah cerita dengan baik. "Ingatlah baik-baik bagian-bagian yang penting dan kemukakan dengan bebas dengan kata-kata anda sendiri. Sesuatu yang dimiliki sendiri bila diberikan kepada orang lain lebih menyenangkan daripada memberikan milik orang lain." (Nadeak, hal 20)

10) Tidak perlu menceritakan semua detail (rincian) kisah itu. Pilihlah kejadian dan pokok yang penting dalam jalan ceritanya, sesuai dengan tujuan anda untuk pertemuan itu.

11) Rencanakanlah bagaimana mengakhiri cerita itu dengan baik, supaya si pendengar itu puas dengan cerita tersebut.

12) Jangan malu menyampaikan cerita keselamatan di mana pun anda berada sesuai dengan pimpinan Roh Kudus!

Ingatlah - Menceritakan cerita seperti "cerita", dan bukan seperti sebuah khotbah atau "laporan" tentang apa yang Allah tengah lakukan.

Kategori Bahan Indo Lead: 
Jenis Bahan Indo Lead: 
File: 
AttachmentSize
penginjilan_lewat_cerita.doc82 KB

Komentar