Diskripsi dan Saran Peran Utama

DESKRIPSI & SARAN PERANAN UTAMA

Sekarang setelah Anda menyelesaikan inventarisasi peranan-peranan utama Anda, Anda mungkin ingin mempelajari lebih jauh sifat-sifat apa yang menjadi ciri setiap peranan dan peluang-peluang pengembangan apa yang dapat Anda kejar.

Setiap peranan dijabarkan dengan bahasa generik sehingga definisi dan saran-saran dapat diterapkan pada sebarang usaha kelompok, apakah itu dalam konteks pelayanan, gereja, organisasi masyarakat atau sebarang usaha-usaha lain di mana individu-individu saling berinteraksi dalam keharmonisan satu sama lain.

Penting untuk memperhatikan bahwa walaupun setiap peranan utama menyarankan arena-arena yang cocok untuk penggunaan terbaik bagi peranan-peranan tersebut, seorang individu mungkin dapat berfungsi dengan baik dalam kapasitas yang lebih luas, apabila dia juga memiliki peranan-peranan dan kemampuan-kemampuan lain yang dapat menutupi kelemahan yang ada.

Arbitrator Kelompok

Peranan seorang arbitrator kelompok adalah yang membutuhkan kemampuan menegosiasikan solusi yang memuaskan antara dua pihak atau lebih yang memiliki solusi yang nyata-nyata atau berpotensi untuk bertentangan.

Orang-orang yang menunjukkan kemampuan ini biasanya cepat tanggap akan situasi dan kebutuhan kelompok. Mereka dapat membayangkan kompromi-kompromi dan menuntun para individu atau kelompok menuju solusi yang dapat diterima.

Jika ini adalah salah satu peranan utama Anda, Anda akan secara alami tertarik pada situasi-situasi penyelesaian masalah di antara orang-orang dengan pendapat yang beragam. Anda mungkin merasa bahwa Anda kurang efektif dalam arena konseling pribadi dengan masalah-masalah pribadi yang khusus.

Sementara Anda bertumbuh dalam kemampuan ini, Anda akan ingin menyelaraskan dengan baik pemahaman Anda akan berbagai gaya penyelesaian konflik model motivasi manusiawi. Ketrampilan Anda mendamaikan akan semakin baik sementara Anda mendapatkan pemahaman akan masing-masing peranan utama dan bagaimana berbagai peranan utama berinteraksi.

Evaluator

Peranan seorang evaluator adalah menjamin kualitas dan integritas suatu usaha tertentu dan orang-orang yang terlibat. Seorang evaluator dapat digambarkan sebagai seseorang yang biasanya menilai suatu situasi dengan tepat, berani dan setia dalam mengutarakan pikirannya, dan peka terhadap kualitas proyek yang sedang dibahas.

Jika salah satu peranan utama Anda adalah evaluator, Anda akan merasa diri Anda paling puas bilamana Anda diberikan wahana dan sarana untuk menilai kualitas dan efisiensi suatu proyek tertentu. Hindarkanlah situasi-situasi yang memonopoli waktu Anda dengan manajemen orang atau proyek yang intensif.

Agar dapat memaksimalkan kontribusi Anda, Anda harus berusaha untuk memahami bagaimana memberikan nasihat korektif yang paling baik, bagaimana pribadi-pribadi yang berbeda-beda belajar dan apa yang memotivasi orang menuju perubahan.

Manajer

Kemampuan untuk mengawasi orang-orang lain dengan cara yang menghasilkan pekerjaan yang efisien dan terkoordinasi dengan baik serta dengan semangat yang kuat adalah hal-hal yang menjadi ciri peranan seorang manajer.

Sifat-sifat lain mencakup kemampuan untuk membuat keputusan yang baik dan untuk mengkoordinir usaha-usaha kelompok.

Jika menjadi manajer adalah salah satu peranan utama Anda, maka Anda akan paling cocok untuk mengarahkan berbagai kelompok orang mendekati produksi yang sebenarnya dari suatu usaha atau pelaksanaan suatu proyek. Anda mungkin kehilangan motivasi jika Anda tetap dalam suatu posisi mengelola para manajer lain yang sudah berada sangat jauh dari tindakan.

Untuk mengembangkan kemampuan Anda dalam peranan ini, akan sangat menolong untuk memahami lebih banyak tentang dinamika semangat kelompok dan pengelolaan waktu. Belajarlah tentang bagaimana orang-orang bekerja bersama dan apa yang memotivasi mereka melakukan yang terbaik.

Organisator

Peranan seorang organisator adalah mengatur informasi, kegiatan, proyek dan obyek konkrit dengan cara yang kohesif dan efisien. Seorang organisator biasanya dikenal karena kemampuannya untuk menyusun secara sistematis, mengelompokkan dan mengatur apa yang ada di hadapannya dengan cara yang teratur dan logis.

Jika salah satu peranan utama Anda adalah seorang organisator, Anda akan paling puas dalam situasi-situasi yang mengijinkan Anda untuk menyiapkan dan memelihara suatu sistem organisasi. Anda akan merasa frustrasi karena ketidak-efisienan dan kekacaubalauan. Hindarkan ditempatkan pada satu posisi yang akan menuntut Anda merancang arah keseluruhan bagi suatu proyek atau usaha, kecuali Anda juga memiliki peranan utama yang sejalan dengan hal itu.

Penting bagi Anda untuk terus bertemu dengan cara-cara baru dan inovatif dalam mengatur informasi. Sementara Anda bertumbuh dalam kemampuan Anda untuk menyusun secara sistematis dan menggabungkan sistem-sistem organisasi, berusahalah untuk memperluas pemahaman Anda tentang kebutuhan-kebutuhan dan kepentingan orang-orang yang dilayani sistem tersebut.

Pelatih

Seorang pelatih memiliki kemampuan untuk membagikan suatu keahlian kepada orang lain. Sifat-sifat yang umum terdapat pada seorang pelatih meliputi kecenderungan untuk berorientasi pada proses dan bukan kegiatan, serta berkomunikasi dengan cara langkah demi langkah yang logis. Para pelatih biasanya dengan sabar mengoreksi: mampu membawa setiap pelajar beberapa langkah lebih dekat menuju kompetensi.

Jika menjadi seorang pelatih adalah salah satu peranan utama Anda, maka Anda harus mencari situasi-situasi pelatihan yang akan mengijinkan Anda mengajar atau bekerja bersama-sama seseorang atau kelompok kecil dalam suatu lingkungan yang interaktif. Bila ditempatkan di depan podium untuk menyebarkan informasi dan gagasan abstrak depada suatu kelompok, hal itu akan mengalihkan Anda dari arena efektifitas terbesar Anda. (Walaupun memberikan ceramah di depan kadang-kadang mungkin merupakan suatu metoda pelatihan yang tepat.)

Sementara Anda bertumbuh dalam peranan ini, penting untuk memahami berbagai model pelatihan dan bagaimana individu-individu belajar. Anda akan ingin membina jaringan kerja dengan para pengajar yang dapat menolong Anda memahami kerangka konseptual abstrak yang mendasari ketrampilan-ketrampilan yang berusaha Anda bagikan.

Pembangun yang Memiliki Visi ke Depan

Peranan seorang pembangun yang mempunyai visi ke depan adalah untuk membayangkan potensi suatu gagasan dan menyediakan momentum untuk menjamin pemenuhannya. Orang-orang dengan peranan ini cenderung merupakan orang yang berpandangan jauh ke depan dan dapat membuat keputusan yang jelas dan berfungsi dengan mudah dalam arena konseptual dan praktis.

Jika peranan Anda adalah pembangun yang memiliki visi ke depan, maka Anda akan paling cocok sebagai seorang entrepreneur bagi suatu gagasan baru atau sebai agen perubahan terhadap usaha-usaha saat ini. Hindarilah berada terlalu lama dalam suatu lingkungan yang menuntut Anda mempertahankan status quo.

Untuk mengembangkan peranan ini akan bermanfaat secara khusus untuk membina jaringan kerja dengan orang-orang lain dalam peranan entrepreneur. Pada suatu usaha tertentu, kemampuan Anda untuk bekerja baik dengan perancang abstrak dan konkrit akan sangat menentukan arah dan efektifitas usaha keseluruhan.

Pemimpin

Peranan utama seorang pemimpin adalah kemampuan untuk mempengaruhi arah dan nilai-nilai suatu kelompok, sehingga dapat mengerakkan sumber-sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tujuan. Sifat-sifat pribadi yang umumnya menyertai peranan utama ini mencakup kecenderungan untuk senantiasa bertindak dengan tujuan, diarahkan dari dalam dan nyaman dalam pengambilan keputusan. Para pemimpin biasanya memiliki kapasitas besar untuk bekerja keras.

Jika menjadi pemimpin adalah salah satu peranan utama Anda, maka Anda akan merasa paling puas bilamana Anda memimpin para manajer menuju suatu tujuan bersama. Berhati-hatilah jika Anda diberikan peranan menjadi perancang abstrak suatu usaha.

Tugas di hadapan Anda adalah untuk bertumbuh dalam kemampuan Anda untuk melihat maksud gagasan-gagasan abstrak dan konsep-konsep yang mendasar. Penting bagi Anda untuk menangkap bagaimana isu mendasar yang abstrak berkembang menjadi kenyataan konkrit. Seorang pemimpin yang efektif haruslah mampu memvisualisasikan baik kenyataan maupun kemungkinan-kemungkinan - atau mengumpulkan orang-orang di sekitarnya yang mampu melakukan hal tersebut.

Penasihat

Kemampuan untuk menolong individu-individu menangkap solusi praktis terhadap mereka yang unik merupakan karakteristik peranan seorang penasihat/konselor. Mereka yang unggul dalam peranan utama ini bersifat cepat tanggap dan empatik dalam hubungan antar pribadi. Para penasihat berorientsi pada perubahan manusiawi dan pertumbuhan pribadi. Jika ini merupakan salah satu peranan utama Anda, Anda akan paling baik berfungsi dalam kelompok kecil dan interaksi pribadi dengan orang-orang yang dapat mengambil manfaat dari kepakaran Anda dan telinga Anda yang mendengarkan. Anda akan memiliki kecenderungan untuk merasa lebih bersemangat karena membahas kebutuhan-kebutuhan emosional orang-orang lain dan bukannya hal-hal mengenai lingkungan kerja mereka.

Agar dapat mengembangkan dan bertumbuh dalam peranan ini, penting bagi Anda untuk memahami ruang lingkup kepakaran dalam konseling dan agar Anda mengetahui kapan harus dialihkan kepada orang-orang lain. Anda harus berusaha menjadi lebih berpengetahuan dan terampil dalam penggunaan model konseling yang Anda pilih untuk dikembangkan.

Pendukung

Peranan seorang pendukung adalah menolong orang-orang lain agar berhasil dalam peranan mereka tanpa menuntut imbalan pribadi dalam prosesnya. Peranan ini sering diterapkan dalam arena-arena informasi, estetika atau produk yang dapat dirasakan. Seorang pendukung cenderung loyal, berorientasi pada detil dam responsif terhadap inisiatif-inisiatif orang lain.

Jika peranan ini cocok dengan gambaran Anda, Anda akan lebih suka bekerja bagi orang lain yang visi atau proyeknya memberi inspirasi kepada Anda. Kecuali Anda memiliki peranan lain yang melengkapi, Anda harus menghindari tugas-tugas yang menuntut Anda bekerja sendiri atau menanggung beban tanggung jawab yang besar pada suatu proyek.

Sementara Anda bertumbuh dan berkembang, penting untuk memperluas pemahaman Anda akan minat-minat dan kebutuhan umum dari seseorang yang Anda berusaha dukung. Kemudian Anda dapat mengmbangkan lebih jauh ketrampilan detil untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Pengajar

Peranan seorang pengajar adalah kemampuan untuk mengkomunikasikan gagasan dan informasi dengan cara yang dipahami dan berguna bagi orang lain.

Seorang individu yang unggul dalam peranan ini adalah seseorang yang selalu belajar dan terdorong untuk mengkomunikasikan apa yang dipelajarinya kepada orang lain. Dunia gagasan memukaunya; dia selalu mencari cara-cara baru menyatakan atau mengilustrasikan sesuatu yang telah dipelajarinya.

Jika peranan ini menggambarkan Anda, maka Anda akan paling efektif dalam arena-arena yang menyediakan wahana yang terpercaya dan alamiah untuk mengajar. Kecuali Anda memiliki peranan lain yang dapat menutupi kelemahan Anda, Anda mungkin ingin menghindari lingkungan yang menuntut Anda menghasilkan hasil yang khusus atau produk yang dapat dirasakan.

Saran-saran pengembangan lanjutan bagi peranan ini mencakup belajar lebih jauh tentang berbagai gaya belajar. Berusahalah menemukan metoda paling efektif dalam mengajar masing-masing murid atau kelompok. Penting agar Anda mendalami berbagai peluang pengajaran dalam berbicara dan menuli, dalam kelompok besar dan kecil, dan dalam situasi pribadi-ke-pribadi agar dapat menentukan forum yang paling efektif bagi Anda untuk mengkomunikasikan gagasan.

Penjual

Seorang penjual adalah seorang dengan kemampuan menuntun seseorang kepada suatu keputusan yang akan menuntut dia menyerahkan sumber-sumber dayanya kepada suatu konsep, seseorang, suatu usaha kelompok, atau suatu produk yang dapat dirasakan. Dalam pembawaannya dia seorang yang meyakinkan dan terpercaya, yang berbakat dengan sifat-sifat persuasif serta cepat dan peka menangkap keinginan dan kerinduan orang-orang lain.

Jika menjadi seorang penjual adalah salah satu peranan utama Anda, maka Anda akan condong kepada situasi-situasi yang mengijinkan Anda menggolkan suatu kesepakatan. Anda mungkin merasa frustrasi bila diminta dalam kapasitas yang sangat kabur ditentukan untuk berurusan dengan berbagai jenis orang yang berbeda jauh.

Seperti dalam peranan promotor dan perekrut yang sangat dekat, seorang penjual berkembang dengan memahami lebih jauh bagaimana orang dimotivasi dan didorong. Juga penting untuk mendaptkan pemahaman yang jelas tentang perbedaan antara menjual dan memanipulasi.

Penyandang Dana

Peranan utama ini memiliki ciri kemampuan dan kerelaan untuk mendanai (baik demi laba atau tidak) orang-orang dan proyek-proyek tertentu. Seseorang dengan peranan utama ini cenderung banyak akal, berorientasi pada investasi yang menguntungkan, dan mampu menghasilkan uang dan membelanjakannya dengan bijaksana. Dia sensitif terhadap kebutuhan akan sumber-sumber daya keuangan dan juga termotivasi untuk mencari cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Jika ini adalah salah satu peranan utama Anda, maka Anda akan paling efektif dalam situasi-situasi yang mengijinkan Anda untuk secara kreatif mendanai usaha-usaha yang memiliki wawasan ke depan. Adalah bijaksana untuk menghindarkan keadaan di mana Anda ditempatkan pada suatu posisi merancang proyek yang Anda bantu danai, kecuali jika hal itu merupakan peranan utama Anda.

Sementara Anda mengembangkan kemampuan ini, Anda akan ingin menyeimbangkan prioritas-prioritas lain seperti nilai hubungan antar pribadi dan pentingnya riset dan pengembangan. Juga penting untuk belajar membangun jaringan kerja yang baik dengan para pembangun yang memiliki visi ke depan.

Perancang Abstrak

Seseorang yang merupakan perancang abstrak mampu merancang solusi makro terhadap suatu masalah yang membutuhkan integrasi yang rumit dari banyak model konseptual. Dia dapat menangkap gambaran keseluruhan suatu proyek potensial atau kebutuhan yang mendesak. Seorang perancang abstrak secara khusus memiliki karunia atas tugas mental yang besar yang membutuhkan kemampuan menyatukan berbagai konsep, intuisi yang kuat dan pemahaman yang cepat atas konsep-konsep mental yang abstrak.

Jika perancang abstrak merupakan salah satu peranan Anda, maka Anda secara ideal cocok untuk menilai isu-isu konseptual yang mendasar yang menjadi dasar berpijak bagi usaha-usaha atau proyek kelompok. Seorang perancang abstrak paling baik dipasangkan dengan seorang pembangun yang memiliki visi ke depan yang dapat memberikan energi atau dorongan dari mana tindakan yang pasti dapt dilakukan.

Saran-saran pengembangan lanjutan mencakup kebutuhan bagi Anda untuk terus-menerus berhubungan dengan para pembangun yang memiliki visi, pemimpin dan pekerjaan-pekerjaan utama pada suatu organisasi. Penting bagi Anda untuk mempertahankan waktu untuk perenungan, dan agar Anda melatih penilaian yang tajam dengan mana proyek akan mendapat manfaat sebaik-baiknya dari sumbangan Anda.

Perancang Konkrit

Peranan perancang konkrit dapat digambarkan sebagai kemampuan untuk merancang solusi detil dan praktis untuk masalah-masalah praktis. Seseorang dengan ketrampilan ini secara terus menerus tertarik kepada tugas yang membutuhkan akumulasi data dan informasi dan memberikan analisis obyektif yang mendalam.

Jika ini merupakan salah satu peranan Anda, maka Anda akan paling puas bilamana bekerja bagi seorang pembangun yang memiliki visi atau perancang abstrak yang menghargai ketrampilan Anda dalam menyempurnakan rincian dari rencana menyeluruh mereka. Berhati-hatilah untuk menghindari peranan-peranan yang menuntut Anda untuk mengambil tanggung jawab memimpin atau mengelola suatu proyek atau tugas bersegi jamak. Juga hindarkan peranan-peranan yang menuntut Anda berpikir lebih banyak dalam hal-hal abstrak.

Anda dapat mengembangkan lebih jauh peranan utama ini dengan mempelajari nilai berinteraksi dengan orang lain yang tugas-tugasnya bergantung pada Anda. Keefektifan Anda akan bergantung pada ketrampilan mendengarkan dan berkomunikasi yang Anda kembangkan dalam hubungan dengan pembangun yang memiliki visi atau perancang abstrak sementara Anda belajar bekerja sama.

Perekrut

Peranan seorang perekrut adalah kemampuan untuk mendaftarkan orang lain dalam mengejar suatu usaha bersama. Seorang perekrut sering dikenal karena keyakinan diri yang kuat, mahir berbicara dan berani. Dia mampu meyakinkan orang-orang lain melalui kepercayaan pribadi yang kuat pada suatu misi, produk yang dapat dirasakan atau pada seseorang.

Jika ini adalah salah satu peranan utama Anda, Anda akan ingin berada dalam situasi-situasi di mana Anda dapat melakukan kontak langsung dengan orang-orang yang diperlukan untuk menyelesaikan sesuatu. Anda mungkin merasa diri Anda kurang cocok terhadap interaksi yang mendalam dengan orang-orang dalam jangka waktu yang lama.

Penting agar Anda bertumbuh dalam pemahaman Anda akan sifat dan cara-cara membujuk. Berusahalah belajar bagaimana secara efektif berhubungan dengan orang.

Promotor

Peranan seorang promotor dapat digambarkan sebagai kemampuan memproklamirkan nilai seseorang, suatu konsep atau produk dengan cara yang meyakinkan. Seorang promotor cenderung mahir membujuk, optimis, dan mahir berbicara. Dia memandang oposisi sebagai rintangan kecil yang dapat diatasi melalui pencerahan dan ketulusan.

Jika salah satu peranan utama Anda adalah menjadi promotor, maka Anda secara ideal cocok untuk menunjukkan nilai suatu produk atau konsep kepada banyak jenis orang yang berbeda. Kecuali Anda berfungsi dengan baik dalam peranan-peranan utama yang dapat menutupi kelemahan, Anda mungkin kurang cocok memimpin orang pada suatu keputusan, atau merealisasikan penjualan atau mendorong perubahan-perubahan organisasi yang khusus.

Sementara Anda bertumbuh dalam peranan sebagai promotor Anda akan lebih ingin memahami lebih banyak tentang seluruh teknik membujuk yang luas - bagaimana seorang individu bertumbuh dari keingintahuan yang samar-samar kepada komitmen seumur hidup. Belajarlah seberapa jauh penting bagi Anda atau seseorang lain untuk menuntun mereka.

Spesialis

Peranan seorang spesialis adalah kemampuan melaksanakan suatu tugas khusus dan tertentu yang melibatkan informasi, estetika atau ketrampilan teknis.

Seorang spesialis cenderung single-minded, kreatif dan kadang-kadang perfeksionis. Dengan menunjukkan beban hati yang dalam akan kualitas suatu produk atau proyek, dia memilih untuk mengambil satu atau beberapa bidang kepakaran khusus dan mengembangkannya sampai ke suatu tingkat prestasi yang sangat terampil dan pas.

Jika menjadi seorang spesialis adalah salah satu peranan utama Anda, maka Anda akan lebih suka diberikan kebebasan untuk memberikan hasil optimum pada bagian Anda di dalam suatu usaha. Anda akan condong kepada proyek-proyek yang membutuhkan pelaksanaan ketrampilan yang detil dan tepat, yang telah dikembangkan secara intensif. Tugas-tugas yang cenderung kepada produksi masal yang berulang dengan peluang yang kecil terhadap kreatifitas dan ketelitian harus dihindarkan.

Agar dapat bertumbuh dan berkembang dalam peranan ini, Anda akan membutuhkan baik ijin internal dan eksternal untuk memberikan waktu yang diperlukan sepenuhnya untuk menyempurnakan ketrampilan Anda yang khusus. Penting bagi Anda untuk belajar bagaimana ketrampilan Anda memberi manfaat dan bergantung pada peranan-peranan utama lain seperti penjual, perancang konkrit dan evaluator.

Stabilisator

Seseorang yang merupakan seorang stabilisator memiliki kemampuan untuk menjamin bahwa suatu usaha terus berfungsi dengan cara yang stabil dan dapat diandalkan. Dia cenderung mencari keseimbangan dan kesetimbangan: menolak perubahan yang tidak perlu dan bekerja dengan bersemangat dengan sistem yang telah berjalan baik.

Jika menjadi seorang stabilisator adalah salah satu peranan utama Anda, maka Anda akan secara alami condong kepada usaha-usaha yang telah berjalan dan berfungsi dan hanya membutuhkan perubahan yang sedikit.

Dalam lingkungan seperti itu, Anda akan sangat cocok untuk memberi masukan kepada para pembangun yang bervisi dan perancang abstrak mengenai dampak perubahan yang diusulkan dan untuk menolong agar perubahan baru dapat diadaptasikan dengan efektif.

Sementara Anda bertumbuh dalam peranan ini, berusahalah untuk memahami lebih jauh tentang manfaat dan akibat-akibat proses perubahan. Anda juga dapat mengambil manfaat dari mengamati dan berinteraksi dengan para arbitrator kelompok dan para manajer.

Kategori Bahan Indo Lead: 
Jenis Bahan Indo Lead: 
File: 
AttachmentSize
diskripsi_sasaran.doc48 KB
diskripsi_sasaran.htm21 KB

Komentar