Deskripsi dan Saran karunia Rohani

DESKRIPSI & SARAN KARUNIA ROHANI

Sekarang setelah Anda menyelesaikan inventarisasi karunia-karunia rohani Anda, Anda mungkin ingin mempelajari lebih jauh sifat-sifat apa yang mencirikan setiap peranan dan peluang-peluang perkembangan apa yang dapat Anda kejar.

Sementara Anda membaca satu demi satu deskripsi karunia-karunia rohani ini, tetaplah ingat hal ini : Setiap peringatan yang diberikan mengenai penggunaan salah satu karunia tertentu akan dihilangkan atau diseimbangkan bila Anda juga memiliki karunia lain yang dapat mengkompensasikannya atau bila Anda bekerja bersama-sama dengan orang-orang lain yang memilikinya. Misalnya, karunia penghiburan sering diminta untuk memimpin, yang sepenuhnya menjadi tepat bila Anda juga telah diberikan karunia kepemimpinan.

Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh.

Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.

Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan pernyataan Roh untuk kepentingan bersama.

Sebab kepada seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan. Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dalam bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu. Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.

Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.

Sebab dalam satu Roh kita semua, …telah dibaptis menjadi satu tubuh…

1 Korintus 12: 4-13

Administrasi

Seorang yang memiliki karunia administrasi akan mampu mengelola informasi dan hal-hal dengan efisien dalam Tubuh Kristus.

Sifat-sifat yang umumnya menyertai karunia ini mencakup kemampuan mengorganisir dan menyusun dengan sistematis.

Jika administrasi adalah salah satu karunia Anda, maka Anda akan paling efektif bila mengorganisir informasi, materi, dan orang-orang demi satu tugas tertentu. Hati-hati bila ditempatkan pada suatu posisi yang menuntut Anda untuk menasihati orang dengan masalah-masalah pribadi. Kecuali Anda memiliki karunia yang mengkompensasi, Anda mungkin memiliki kecenderungan untuk mendekati pergumulan mereka denga cara yang dangkal dan menuntut respon dan perubahan yang cepat.

Salah satu cara Anda dapat mengembangkan karunia Anda adalah dengan mengamati bagaimana orang-orang lain dengan karunia ini telah mengorganisir dengan efektif. Kembangkanlah ketrampilan Anda dengan alat-alat organisasi seperti komputer dan berbagai sistem akuntansi. Pelajarilah cara bagaimana Yesus menyeimbangkan hubungan-hubungan dengan orang-orang dan tugas.

…Ia juga telah ditunjuk oleh jemaat-jemaat untuk menemani kami dalam pelayanan kasih ini, yang kami lakukan untuk kemuliaan Tuhan dan sebagai bukti kerelaan kami. Sebab kami hendak menghindarkan hal ini: bahwa ada orang yang dapat mencela kami dalam hal pelayanan kasih yang kami lakukan dan yang hasilnya sebesar ini. Karena kami memikirkan yang baik, bukan hanya di hadapan Tuhan, tetapi juga di hadapan manusia.
2 Korintus 8:19-21

Berbahasa Roh

Karunia berbahasa didefiniskan sebagai kemampuan untuk berbicara dalam suatu bahasa, yang dikenal atau tak dikenal, tanpa pengetahuan sebelumnya akan bahasa tersebut.

Karunia ini paling baik digunakan dalam penyembahan pribadi untuk pengembangan diri. Karunia ini juga efektif bila membagikan Kristus kepada orang non-Kristen dalam bahasa yang mereka pahami. Hindarkan menggunakan karunia berbahasa roh dalam penyembahan umum tanpa penafsiran.

Penting untuk memahami bahwa pengajaran alkitab tentang bahasa lidah dan bagaimana hal itu bermanfaat bagi atau menghalangi perkembangan Injil

Dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing. Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. Waktu itu di Yerusalem dia orang-orang Yahudi yang saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit. Ketika turun bunyi itu, berkerumunlah orang banyak. Mereka bingung karena mereka masing-masing mendengar rasul-rasul itu berkata-kata dalam bahasa mereka sendiri. Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: "Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea? Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita?"
Kisah Para Rasul 2:3-8

Berbelaskasihan

Melihat kesakitan orang lain dan menghibur mereka tanpa menghakimi adalah perwujudan karunia berbelaskasihan.

Seseorang dengan karunia ini dapat memberikan penghiburan kepada mereka yang dalam penderitaan, berempati terhadap mereka dan memberikan dukungan. Sifat-sifat yang menemani karunia ini mencakup sifat perseptif, menghibur dan tidak menghakimi.

Jika Anda memiliki karunia berbelaskasihan, Anda akan paling puas dalam situasi-situasi di mana Anda berkontribusi terhadap pertumbuhan dan penyembuhan mereka yang menderita dari luka-luka hidup. Anda mengalami kepuasan karena mampu memberikan orang lain perhatian dan beban hati pada saat mereka sangat membutuhkan.

Kelemahan karunia ini adalah Anda akan mengalami kesulitan menilai maksud-maksud orang lain, dan Anda mungkin akan mengalami kesakitan batin karena telah dimanfaatkan.

Cara-cara di mana Anda dapat mengembangkan karunia Anda lebih jauh mencakup pemahaman akan keseimbangan antara belas kasihan dan keadilan Allah dari Alkitab. Berusahalah untuk berhubungan dengan orang-orang yang memiliki karunia penghiburan.

Berkatalah dan berlakulah seperti orang-orang yang akan dihakimi oleh hukum yang memerdekakan orang. Sebab penghakiman yang tak berbelaskasihan akan berlaku atas orang yang tak berbelaskasihan. Tetapi belas kasihan akan menang atas penghakiman.
Yakobus 2:12,13

Bernubuat

Ini adalah kemampuan untuk mengetahui perilaku berdosa dan dorongan yang kuat untuk mengkonfrontir pribadi-pribadi, kelompok dan atau budaya.

Seseorang dengan karunia ini juga menangkap implikasi dan konsekuensi tindakan-tindakan sekarang. Ia cenderung mengetahui kesalahan dan mengungkapkan serta membahasnya.

Sifat-sifat umum yang menemani karunia bernubuat meliputi menempatkan nilai tinggi pada perilaku Alkitabiah, suatu kepekaan terhadap dosa dan keberanian untuk memproklamirkan Firman Tuhan.

Jika bernubuat adalah salah satu karunia Anda, maka saluran keluar yang alami bagi karunia Anda mencakup setiap keadaan di mana Anda dapat mempengaruhi orang-orang percaya dalam suatu masyarakat untuk hidup dengan cara hidup ilahi. Mengajar, mentoring dan memperlengkapi orang-orang lain yang memiliki karunia yang sama juga merupakan jalan wajar dalam mempengaruhi. Bahaya yang terkandung dalam karunia bernubuat adalah kecenderungan untuk menghakimi dan bersikap negatif bila berada pada suatu posisi kepemimpinan.

Suatu pemahaman yang luas akan prinsip-prinsip Alkitab akan bermanfaat bagi Anda. Berusahalah untuk memahami isu-isu moral yang absolut dan relatif dari Alkitab. Penting bagi Anda untuk menyelidiki peranan iman dalam bernubuat. Petrus dan Agabus adalah contoh karunia bernubuat dalam Alkitab.

Tetapi siapa yang bernubuat, ia berkata-kata kepada manusia, ia membangun, menasihati dan menghibur.
1 Korintus 14:3

Hikmat

Karunia hikmat adalah kemampuan untuk mencerna prinsip-prinsip praktis dari Firman Allah untuk situasi-situasi yang kompleks.

Sifat-sifat yang menjadi ciri karunia hikmat mencakup kemampuan untuk mensintesa, kapasitas untuk merancang dan kesenangan untuk belajar.

Jika ini merupakan salah satu karunia Anda, Anda akan menjadi konsultan yang unggul: menasihati mengenai masalah-masalah fundamental, memberikan arahan dan rancangan bagi suatu pelayanan. Tugas yang tidak cocok bagi Anda adalah implementasi yang rinci dan kepemimpinan.

Pemahaman yang luas akan Firman Tuhan agar dapat memahami pandangan dunia (worldview) alkitabiah merupakan keharusan dalam mengembangkan karunia ini. Anda harus mendapatkan pengalaman yang luas dengan orang-orang dan gagasan-gagasan. Anda juga harus membina hubungan para pembuat keputusan. Paulus, sebagai penulis surat Roma, adalah salah satu contoh yang baik dari Alkitab yang memiliki karunia hikmat.

Tetapi hikmat yang dari atas adalah pertama-tama murni, selanjutnya pendamai, penurut, penuh belas kasihan dan buah-buah yang baik, tidak memihak dan tidak munafik.
Yakobus 3:17

Iman

Karunia iman adalah kemampuan untuk dengan yakin mempercayai Allah atas perubahan dan pertumbuhan rohani yang akan memajukan tujuan-tujuan Allah.

Seseorang dengan karunia ini dengan cepat mempercayai Allah mengenai hal-hal yang mungkin tak pernah mereka lihat. Sifat-sifat umum adalah optimisme dan ketekunan dan juga kecenderungan untuk berorientasi pada masa depan dan perubahan.

Jika iman merupakan salah satu karunia Anda, maka Anda paling cocok untuk inisiatif-inisiatif pelayanan baru di mana ada rintangan yang cukup berarti yang harus diatasi dan kenyataan peperangan rohani sangat terasa. Anda mungkin cenderung untuk bertumbuh karena kesempatan-kesempatan untuk berdoa. Hindari keharusan untuk mempertahankan status quo dalam suatu pelayanan. Anda akan menjadi bosan tanpa suatu tantangan.

Akan bermanfaat bagi Anda untuk mempelajari topik iman dari Alkitab dan berdoa bersama-sama dengan orang-orang yang memiliki karunia iman. Berusahalah untuk memahami perbedaan-perbedaan antara intuisi dan anggapan.

Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapakan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.
Ibrani 11:1

Kepemimpinan

Memotivasi orang-orang lain untuk melakukan pekerjaan Allah sementara mengkoordinir usaha-usaha mereka dan mengawasi gambaran keseluruhan merupakan karunia kepemimpinan.

Seseorang dengan karunia ini pada umumnya melayani orang-orang lain dengan cara terbaik dengan memimpin mereka. Dia cenderung memiliki tujuan dan memanfaatkan dengan bijaksana kuasa yang datang bersama tanggung jawabnya. Beroperasi dengan kesadaran akan takdir yang kuat enjadi ciri pola pikirnya. Dia memandang memimpin sebagai suatu cara melayani orang lain.

Jika kepemimpinan adalah salah satu karunia Anda, maka Anda akan berfungsi secara efektif dalam suatu peranan kepemimpinan yang utama yang mengijinkan Anda untuk mengawasi suatu pelayanan. Hindari ditempatkan pada suatu posisi yang menuntut penyerahan diri kepada hal-hal detil dan implementasi hal-hal yang khusus.

Perspektif Allah terhadap kepemimpinan, kuasa, sikap tunduk dan melayani adalah bidang-bidang yang harus Anda pelajari dar Alkitab. Penting bagi Anda untuk memahami batas-batas otoritas seorang pemimpin rohani. Ingat juga bahwa Allah meminta Anda bertanggung jawab atas bagaimana Anda memimpin Tubuh Kristus.

Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu. Sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya.
Ibrani 13:17

Kerasulan

Karunia rohani kerasulan adalah kemampuan untuk melihat gambaran menyeluruh mengenai bagaimana tujuan-tujuan Allah dapat dimajukan dengan sebaik-baiknya. Seseorang yang memiliki karunia ini akan mampu memberikan apa yang diperlukan atau yang kurang baik melalui perintisan suatu pelayanan atau perbaikan menyeluruh suatu pekerjaan yang sudah berjalan.

Jika Anda memiliki karunia ini, maka Anda akan secara khusus terlatih dalam mengambil keputusan, membayangkan hasil, dan menyelidiki suatu inisiatif baru. Anda akan memiliki sifat yang praktis dan juga konseptual. Anda akan menjadi paling efektif bila berinovasi mengenai suatu pelayanan baru atau mengubah suatu pelayanan yang sudah ada namun telah kehilangan makna tujuang dan arahnya. Anda mungkin melatih orang-orang dalam pelayanan dengan menjadi mentor atau model berdasarkan peranan.

Tetapi, Anda mungkin bergumul bila ditempatkan pada suatu posisi untuk memelihara suatu pelayanan dengan sedikit peluang untuk masukan atau perbaikan.

Cara di mana Anda dapat bertumbuh dalam karunia ini mencakup melakukan jaringan dengan orang-orang lain yang juga memiliki karunia ini dan belajar dari mereka yang memiliki karunia hikmat dan pengetahuan. Anda mungkin ingin mempelajari beberapa tokoh dalam Injil yang memperlihatkan karunia ini seperti Paulus dan Apolos.

Sesuai dengan kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku, aku sebagai seorang ahli bangunan yang cakap telah meletakkan, dan orang lain membangun terus di atasnya.
1 Korintus 3:10

Melayani

,p>Karunia ini diwujudkan dalam kerinduan untuk menolong memenuhi kebutuhan fisik orang-orang lain dan kemampuan yang kuat untuk menemu-kenali kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Seorang dengan karunia ini akan mempertonotnkan suatu kesediaan yang bersemangat untuk melayani, suatu empati terhadap mereka yang membutuhkan dan kemampuan untuk menangkpa dan membayangkan kebutuhan-kebutuhan fisik orang-orang lain.

Jika ini adalah salah satu karunia Anda, maka penting bagi Anda untuk tidak dijauhkan dari kebutuhan orang-orang lain dalam posisi pelayanan Anda. Buatlah diri Anda selalu siap sedia memenuhi kebutuhan fisik. Akan lebih bermanfaat bagi Anda untuk belajar kapan dan bagaimana Yesus mengatakan "tidak" untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan fisik di sekelilingNya. Pahamilah bilamana hal itu wajar dan perlu bagi Anda untuk menerima dari orang-orang lain sama seperti memberi.

Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.
Galatia 5:13

Membedakan Roh

Karunia ini dicirikan oleh kemampuan menangkap apakah seseorang yang melayani dalam nama Allah benar-benar dari Allah, Iblis atau bertindak dengan kekuatan manusia.

Seseorang dengan karunia ini dapat dengan cepat mengetahui jika seseorang otentik dan jujur. Mendeteksi ketidaktulusan dan motif yang jelek dalam diri orang lain merupakan bagian sifat membedakan roh.

Seseorang dengan karunia ini dapat digambarkan sebagai perseptif, peka terhadap isu-isu moral, dan secara pribadi setia. Dia memiliki kamampuan untuk mengevaluasi orang dan situasi-situasi dengan tepat dan cepat.

Jika ini salah saru karunia Anda, maka Anda akan efektif mewawancarai orang yang mencari posisi pelayanan atau mengevaluasi kualitas dan kedewasaan suatu pelayanan yang telah stabil. Kelompok di mana Anda berada akan mendapat manfaat karena kemampuan Anda untuk mengenali orang-orang yang tidak tulus atau tidak jujur.

Berhati-hatilah bilamana dalam suatu posisi di mana Anda diminta untuk merancang solusi untuk memperbaiki suatu pelayanan atau menerapkan solusi tersebut. Anda mungkin benar dalam pandangan Anda tetapi tidak efektif dalam pendekatan Anda.

Anda dapat mengembangkan karunia ini dengan bekerja melalui isu-isu pribadi yang sulit di mana kebenaran diri sendiri dan sikap membela diri sering bertumbuh. Anda perlu memahami perbedaan berdasarkan Alkitab antara menilai untuk menghakimi dan menilai untuk mengoreksi dengan belas kasihan dan kebenaran.

Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah: sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia. Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, dan setiap roh yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah.
1 Yohanes 4:1-3

Memberi

Karunia memberi adalah kemampuan untuk menentukan kebutuhan fisik orang-orang dan menyediakan sumber-sumber daya fisik untuk menolong memenuhi kebutuhan tersebut.

Orang yang memiliki karunia memberi mungkin tidak mempunya sumber-sumber daya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tetapi dia termotivasi untuk berdoa dan memastikan bahwa kebutuhan-kebutuhan tersebut dipenuhi.

Jika memberi merupakan salah satu karunia Anda, maka Anda akan cenderung memperlihatkan kemampuan memberi, kemurahan hati dan perhatian. Anda akan sangat tertantang oleh kebutuhan untuk memberikan sumber-sumber daya material kepada pekerjaan Allah melebihi kemampuan alami Anda untuk memenuhinya. Hindari membatasi pemberian Anda hanya kepada satu pelayanan. Perluas pemahaman Anda akan kebutuhan finansial dalam Tubuh Kristus. Anda cenderung berhasil dalam tantangan untuk memberi.

Anda dapat mengembangkan karunia Anda lebih jauh dengan mengenal berbagai pelayanan. Berdoalah dengan orang-orang yang memiliki karunia iman. Belajarlah untuk memahami apa yang Alkitab ajarkan tentang milik, sumber-sumber daya materi, orang-orang miskin dan pemberian.

Dan Allah sanggup untuk melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.
2 Korintus 9:8

Menafsirkan Bahasa Roh

Karunia menafsirkan bahasa roh adalah kemampuan untuk memahami dan mengkomunikasikan arti suatu bahasa tak dikenal yangdiucapkan seseorang yang memiliki karunia berbahasa roh. Penggunaan terbaik dari karunia ini adalah untuk menerjemahkan suatu bahasa yang tak dikenal dalam penyembahan bersama. Jika Anda ingin mengembangkan karunia Anda lebih jauh, Anda dapat mempelajari apa yang Alkitab katakan tentang nilai dan bahaya karunia berbahasa roh.

Hati-hatilah agar kedewasaan dan bukan perpecahan menjadi hasil penerapan karunia Anda di dalam Tubuh Kristus. Jadi, saudara-saudara, jika aku datang kepadamu dan berkata-kata dengan bahasa roh, apakah gunanya itu bagimu, jika aku tidak menyampaikan kepadamu pernyataan Allah atau pengetahuan atau nubuat atau pengajaran?
1 Korintus 14:6

Mengajar

Karunia mengajar dicirikan oleh kemampuan untuk memahami dan mengkomunikasikan kebenaran Allah dengan cara yang jelas dan relevan. Belajar, meneliti, mengkomunikasikan dan mengilustrasikan kebenaran adalah sifat yang ditunjukkan oleh seseorang bila menerapkan karunia mengajar.

Jika ini adalah salah satu karunia Anda, maka Anda akan berhasil dalam situasi-situasi di mana Anda diminta berbicara kepada berbagai kelompok orang percaya dengan jumlah yang berbeda-beda. Anda akan kuat dalam berbicara mengenai topik-topik yang memancar dari keyakinan pribadi yang kuat. Mentoring dan pengajaran merupakan gaya pelatihan Anda.

Karena pemahaman Anda yang luas akan isu-isu dan prinsip-prinsip yang mendasari suatu pelayanan, Anda mungkin ditempatkan pada suatu posisi yang mungkin tidak cocok bagi Anda, misalnya memerintah/memimpin atau rasul.

Cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan lebih lanjut karunia Anda adalah belajar dari pengajar-pengajar lain dan metoda-metoda pengajaran. Anda akan mendapat manfaat dari pemahaman pribadi terhadap Perjanjian Lama dan Baru secara sistematis.

Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat.
Yakobus 3:1

Menolong

Seseorang dengan karunia memberi pertolongan mempunyai kemampuan yang luar biasa untuk bekerja bersama seorang lain dan menolong orang tersebut menyelesaikan tugas yang Allah berikan kepada mereka.

Dengan tidak menanggung beban pengambilan keputusan, dia dibebaskan untuk menolong orang-orang lain menyelesaikan tugas.

Jika ini adalah salah satu karunia Anda, maka Anda cenderung untuk mendemonstrasikan sikap seorang hamba, kesetiaan, perhatian terhadap hal-hal detil, dan sikap tanggap terhadap inisiatif orang-orang lain. Suatu pelayanan yang ideal bagi Anda adalah sebagai seorang yang detil atau asisten terhadap pemimpin. Hati-hati untuk tidak terjebak dalam tanggung jawab untuk memimpin suatu pelayanan sendiri. Anda akan cenderung kehilangan gambaran menyeluruh dan akan merasa frustrasi jika tugas-tugas tertentu tidak diselesaikan dengan baik.

Agar dapat mengembangkan karunia Anda, Anda harus belajar memahami nilai tinggi yang Allah berikan kepada melayani. Anda juga perlu menyadari bahwa ada batasan dan bahaya dalam memenuhi tanpa mempertanyakan keinginan-keinginan orang lain. Berusahalah untuk melayani Allah terlebih dahulu. Epafroditus adalah satu contoh yang baik dari Alkitab tentang menerapkan karunia penolong.

Di Yope ada seorang murid perempuan bernama Tabita - dalam bahasa Yunani Dorkas. Perempuan itu banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah.
Kisah Para Rasul 9:36

Pengetahuan

Karunia pengetahuan adalah kemampuan untuk mencari, mengingat dan memanfaatkan dengan efektif berbagai informasi mengenai berbagai subjek yang berbeda-beda.

Orang-orang yang memiliki karunia ini pada umumnya menunjukkan kemampuan analitis dan pemikiran yang objektif. Mereka senang mengumpulkan informasi, melakukan riset dan membagikan informasi dengan orang-orang lain.

Jika ini merupakan salah satu karunia Anda, maka Anda mungkin suka menyiapkan suatu rencana tertulis atau presentasi verbal bagi suatu visi atau proyek pelayanan, terutama bila Anda telah bergabung dengan seseorang dengan karunia kerasulan. Anda mungkin akan senang menelusuri berbagai informasi dan gagasan yang luas agar dapat memilih yang mana yang paling tepat digunakan dalam suatu situasi tertentu. Hindari mengambil tanggung jawab utama untuk memimpin atau melaksanakan rencana yang telah Anda tolong untuk dirancang.

Penting bagi Anda untuk mendapatkan informasi yang tersedia dan relevan terhadap minat-minat pelayan Anda dan agar Anda banyak bergaul dengan para pengambil keputusan yang dapat menggunakan pengetahuan ini. Anda perlu memahami baik keterbatasan maupun manfaat memperoleh pengetahuan.

Tentang daging persembahan berhala kita tahu: "kita semua mempunyai pengetahuan." Pengetahuan yang demikian membuat orang menjadi sombong, tetapi kasih membangun.
1 Korintus 8:1

Penggembalaan

Memperhatikan kebutuhan-kebutuhan rohani sekelompok orang dan mengawasi pertumbuhan mereka dalam Kristus adalah karunia penggembalaan

Seseorang dengan karunia ini secara khusus peka terhadap kebutuhan-kebutuhan sekelompok orang dan mampu secara efektif menuntun dan memperhatikan mereka.

Jika ini adalah salah satu karunia Anda, maka saluran keluar yang mungkin bagi Anda meliputi melayani sebagai pendeta pada suatu gereja lokal, atau keluarga tertentu. Anda paling baik melatih orang-orang lain dengan menjadi seorang mentor. Jika Anda ditempatkan pada pada posisi perintisan suatu pelayanan baru atau menanggung beban karena konseling pribadi, Anda mungkin mengalami kehabisan tenaga dan ketidakseimbangan dalam hidup Anda.

Anda dapat bertumbuh paling baik dengan mempelajari bagaimana Allah berurusan dengan berbagai kelompok orang dan menyelidiki prinsip-prinsip Alkitab tentang penyelesaian konflik kelompok. (Catatan: Beberapa orang menganggap ini sebagai satu karunia khusus, gembala-guru. Lihat Efesus 4:11)

Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri. Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu.
1 Petrus 5:2-3

Penghiburan

Penghiburan, dorongan, konfrontasi, dan pengajaran adalah bagian-bagian vital dari karunia penghiburan. Seseorang penghibur memiliki kemampuan untuk memotivasi orang untuk bertumbuh dengan mengidentifikasikan kebutuhan-kebutuhan mereka dan menuntun mereka dalam kebenaran-kebenaran Alkitab menuju kedewasaan yang berarti. Sifat-sifat umum yang menggambarkan seseorang dengan karunia ini mencakup sifat perseptif dan empatik. Dia cenderung berorientasi pada proses (bukan tujuan) dan berusaha merangsang pertumbuhan orang-orang lain.

Jika penghiburan adalah salah satu karunia Anda, maka Anda merasa sangat memuaskan untuk menuntun seseorang atau sekelompok Kecil melalui masalah-masalah pribadi yang sulit. Anda mungkin sangat baik dalam memotivasi berbagai kelompok orang untuk menerapkan Firman Tuhan ke dalam kehidupan mereka. Anda sering cocok berurusan dengan masalah-masalah orang yang spesifik misalnya situasi konseling. Berhati-hatilah agar tidak terlalu membebani diri Anda dengan begitu banyak tuntutan-tuntutan orang. Berjaga-jaga terhadap orang-orang lain yang secara alami menempatkan posisi kepemimpinan yang mungkin tidak sesuai dengan Anda - kecuali jika Anda memiliki karunia-karunia tambahan.

Agar dapat memaksimalkan karunia ini, penting bagi Anda untuk memahami dan mengalami proses yang terlibat dalam menjadikan orang lebih menyerupai Kristus. Oleh sebab itu, pengakuan dosa dan pertobatan harus menjadi bagian integral dari hidup Anda sendiri. Pelajarilah apa yang Alkitab katakan tentang sifat-sifat Allah dan tabiat manusia, si jahat dan penderitaan - demikian juga proses perubahan pribadi dan perkembangan rohani.

Tetapi nasihatilah seorang akan yang lain setiap hari, selama masih dapat dikatakan "hari ini", supaya jangan ada di antara kamu yang menjadi tegar hatinya karena tipu daya dosa.
Ibrani 3:13

Penginjilan

Karunia penginjilan adalah kemampuan dan dorongan untuk mengkomunikasikan kabar baik Yesus Kristus kepada orang-orang yang belum percaya.

Seseorang dengan karunia penginjilan mempunyai beban hati yang dalam terhadap keberadaan kekal orang-orang lain dan masalah-masalah yang kekal. Dia memiliki potensi untuk menjadi berani dan yakin bila berbicara dengan orang-orang lain mengenai Kristus.

Jika ini merupakan bagian karunia Anda, maka memulai pembicaraan tentang Kristus dengan orang-orang lain adalah kekuatan Anda. Anda tertarik akan pelayanan penjangkauan yang khusus dan akan menjadi anggota yang efektif dari suatu regu misi. Menolong orang-orang lain membagikan Kristus membuat Anda bersemangat. Jangan batasi kontak Anda dengan orang-orang non-Kristen dengan menjadi terlalu terlibat dalam kegiatan-kegiatan "Kristiani".

Penting bagi Anda untuk memahami dengan jelas apa sebenarnya kabar baik tentang Yesus Kristus dan agar Anda mempertajam keterampilan Anda dalam mengkomunikasikan kebenaran tersebut kepada orang-orang lain. Pelajarilah bagaimana membela Injil melalui kebenaran-kebenaran Alkitab dan hubungan yang mengasihi. Anda akan semakin memajukan pengembangan Anda dengan memahami titik-titik tekanan orang-orang non-Kristen dan memahami lebih mendalam mengenai ketidakcukupan pandangan mereka tentang dunia. Filipus, salah seorang murid Kristus, adalah contoh yang sangat baik tentang bagaimana seorang penginjil belajar dari Alkitab.

Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu!
2 Timotius 4:5

Penyembuhan

Karunia penyembuhan memperlihatkan kemampuan untuk meminta kepada Allah untuk menyembuhkan orang sakit dengan cara supranatural. Seseorang dengan karunia ini mempunyai fungsi khusu dalam Tubuh Kristus sebagai alat mendemonstrasikan kuasa dan kemuliaan Allah.

Jika ini adalah salah satu karunia Anda, maka berhati-hatilah untuk tidak jatuh ke dalam perangkap mencari kemuliaan pribadi dan mengabaikan kebergantungan Anda pada orang-orang lain dengan karunia-karunia yang saling melengkapi.

Pelajarilah pelayanan penyembuhan Yesus dan Paulus untuk memaksimalkan penerapan Anda akan karunia ini.

Dan karena kepercayaan dalam Nama Yesus maka Nama itu telah menguatkan orang yang kamu lihat dan kamu kenal ini ; dan kepercayaan itu telah memberi kesembuhan kepada orang ini di depan kamu semua.
Kisah Para Rasul 3:16

Kategori Bahan Indo Lead: 
Jenis Bahan Indo Lead: 

Komentar