Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Leadership

Loading

Pemimpin Rohani yang Berkualitas (Kitab Nehemia)

Jenis Bahan Indo Lead: Buku

Kategori Bahan Indo Lead: Spiritual Leadership

Seri KTB Kontekstual

PEMIMPIN ROHANI YANG BERKUALITAS

(Kitab Nehemia)

Oleh:

Dr. Timotius Haryono

Persekutuan Mahasiswa Kristen Surakarta

Sekolah Tinggi Teologi Gamaliel

Surakarta

2002

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur hanya dinaikkan kepada Tuhan Yesus Kristus yang telah mengaruniakan dan memimpin penulis untuk menyelesaikan seri bahan KTBK yang ketujuh. Bahan ini berjudul Pemimpin Rohani Yang Berkualitas dari kitab Nehemia. Bahan ini menjadi sarana pertumbuhan rohani dalam rangka melaksanakan visi Allah yaitu Gerakan Cinta Alkitab se Dunia.

Pada mulanya bahan KTBK ini hanya ditujukan untuk para mahasiswa yang bergabung dengan Persekutuan Mahasiswa Kristen di Surakarta seperti PMKS, PMK UNS, PMK AUB, PMK UTP, PMK ATMI, PMK ABA, PMK ASMI, PMK UKS dan lainnya. Akan tetapi, dalam perkembangannya seri bahan KTBK ini digunakan di berbagai denominasi gereja baik dalam maupun luar negeri dan berbagai kalangan dari anak-anak, remaja, pemuda, orang dewasa, dan orang tua. Kami bersyukur bahwa bahan ini dinilai cocok dengan kebutuhan rohani anggota, alkitabiah, dan kontekstual.

      Bahan KTBK `Pemimpin Rohani Yang Berkualitas" merupakan bahan studi Kitab Nehemia. Nehemia oleh banyak pakar dinilai sebagai pemimpin rohani dalam Perjanjian Lama yang berkualitas. Oleh sebab itu, bahan ini dirancang untuk menolong para pelayan Kristus dan orang percaya yang akan mengembangkan kualitas kepemimpinannya. Kualitas kepemim-pinan Nehemia disajikan dalam 14 topik menarik dengan cara memahami Alkitab induktif dan diskusi kelompok.

Bahan ini disusun oleh Dr. Timotius Haryono dari Sekolah Tinggi Teologi Gamaliel Surakarta dan Persekutuan Mahasiswa Kristen Surakarta. Harapan kami, bahan ini akan bermanfaat bagi para anggota KTBK yang memakainya dan jemaat Tuhan pada umumnya.

                Surakarta, November 2002

            Penulis

DAFTAR ISI

Daftar isi .....................................................................

Kata Pengantar

Mengenal Prinsip bahan KTB Kontekstual

Mengenal Struktur Umum Bahan KTB Kontekstual

Prinsip Pelaksanaan KTB Kontekstual

Pengantar Kitab

1. Kualitas Pemimpin Dalam Visinya

2. Kualitas Pemimpin Dalam Doanya

3. Kualitas Pemimpin Dalam Perencanaan

4. Kualitas Pemimpin Dalam Mengkoordinir Tim-nya

5. Kualitas Pemimpin Dalam Mengatasi Problem Eksternal

6. Kualitas Pemimpin Dalam Mengatasi Problem Internal

7. Kualitas Pemimpin Dalam Mengatasi Problem Pribadi

8. Kualitas Pemimpin Dalam Mendelegasi

9. Kualitas Pemimpin Dalam Kebangunan Rohani

10. Kualitas Pemimpin Dalam Kesadaran Rohani

11. Kualitas Pemimpin Dalam Komitmen

12. Kualitas Pemimpin Dalam Kerelaan

13. Kualitas Pemimpin Dalam Kemurahan

14. Kualitas Pemimpin Dalam Kesetiaan

Bahan Penunjang KTB Kontekstual

Buku Referensi KTB Kontekstual

MENGENAL PRINSIP BAHAN

KTB KONTEKSTUAL

Bahan KTB Kontekstual disusun untuk memenuhi kebutuhan rohani anggota-anggotanya. Kebutuhan ini meliputi aspek: kognitif (pengetahuan), afektif (sikap dan karakter), konatif (tingkah laku dan ketrampilan), dan relasi (hubungan).

Bahan KTB Kontekstual dirancang meliputi 3 scope:

      · Peneguhan

      · Pembinaan Dasar

      · Pembinaan Lanjutan

    · Tujuan bahan scope Peneguhan adalah menghantar anggota-anggota KTBK memiliki kehidupan iman yang teguh di dalam Kristus.

    · Tujuan bahan scope Pembinaan Dasar untuk menolong anggota-anggota KTBK bertumbuh dengan memahami dasar-dasar kekristenan.

    · Tujuan bahan scope Pembinaan Lanjutan adalah menolong anggota-anggota KTBK agar dapat terus bertumbuh ke arah Kristus dan melayani Tuhan.

      Bahan diambil dari kitab-kitab dalam Alkitab yang disesuaikan dengan kebutuhan dasar untuk masing-masing scope. Misalnya:

      · Untuk scope Peneguhan menggunakan Surat

      I Yohanes dan Injil Yohanes.

      · Scope Pembinaan Dasar menggunakan bahan Surat Efesus, Kolose, dan Surat I Petrus.

      · Scope Pembinaan Lanjutan menggunakan bahan Kitab Nehemia, Markus, dan Surat II Timotius.

      Bahan Referensi adalah buku-buku rohani yang selektif. Bahan ini digunakan setiap anggota KTBK untuk memperkaya pengetahuan rohani dan Firman Allah dari setiap scope.

Pemilihan dan penggunaan bahan berdasarkan kesepakatan anggota KTBK.

      Desain bahan KTBK di atas akan membawa anggota KTB Kontekstual kepada tujuan pertumbuhan rohani yaitu dewasa dan sempurna di dalam Kristus.

      Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Sebab semua orang yang dipilhnNya dari semula, untuk menjadi serupa dengan gambar AnakNya, supaya Ia, anakNya itu menjadi yang sulung di antara banyak saudara (Roma 8:28-29).

      Bahan KTBK yang sedang saudara baca ini merupakan Bahan untuk scope Pembinaan Lanjutan yang diambil dari Kitab Nehemia. Dengan mempertimbangkan kebutuhan rohani scope ini adalah bagaimana pemimpin rohani yang berkualitas dan pedoman praktis kehidupan sehari-hari sebagai pemimpin rohani.

      Setelah anda ber-KTBK dengan bahan ini, lanjutkanlah KTBK anda ke scope Pembinaan Lanjutan dan sharingkan kepada rekan-rekan agar mereka pun ikut KTBK.

PENGANTAR KITAB NEHEMIA

Nehemia berasal dari bahasa Ibrani (Nehemyah) yang berarti "kesenangan dari Allah (Yahovah)." Ia seorang juru minuman raja yang bertugas di istana raja Persia. Ia memimpin perjalanan Israel kembali ke Yerusalem setelah pembuangan di Babilonia yang ketiga dan terakhir. Visi dan beban Nehemia adalah pembangunan kembali tembok Jerusalem sebagai lambang kekuatan politik di Israel. Selain itu, ia terbeban memulihkan kesejahteraan orang-orang yang masih tertinggal dan dalam kesusuhan besar di Jerusalem.

Setelah memperoleh ijin raja Artahsasta, Nehemia kembali ke tanah air dan menantang orang Israel untuk bangkit dan membangun kembali tembok Jerusalem. Perjalanan pem-bangunan menghadapi banyak tantangan, baik dari dalam maupun dari luar, namun tugas ini diselesaikan selama 52 hari karena pertolongan tangan Allah yang kuat. Tanggung-jawab Nehemia yang tidak ringan dalam melaksanakan pembangunan tembok Jerusalem justru memperbaharui rohani umat Allah.

Kitab Nehemia dibagi dalam dua bagian. Bagian pertama, Nehemia 1-7:73: pembangunan tembok Jerusalem (pembang-unan fisik). Nehemia 1:1-2:20: persiapan pembangunan tembok dan Nehemiah 3:1-7:73: masa pembangunan tembok Jerusalem. Nehemia 4:1-7:12 bagian ini menjelaskan datangnya berbagai oposisi, namun pembangunan terus berjalan.

Bagian kedua, Nehemia 8:1-13:31: pembaharuan Israel umat Allah (pembangunan rohani). Nehemia 8:1-10:39: pembaharuan terhadap janji Allah dan Nehemia 11:1-13:31: ketaatan terhadap Firman Allah.

      Peristiwa ini terjadi sekitar 19 tahun dari tahun 444-425 B.C. Tempat di Jerusalem. Kitab Nehemia merupakan kitab sejarah yang terakhir pada Perjanjian Lama.

      Bagaimanakah kualitas kepemimpinan Nehemia? Kualitas kepemimpinan Nehemia dapat diteliti lebih jauh dalam 14 topik bahan KTBK ini adalah:

    1. Kualitas Pemimpin Dalam Visi

    2. Kualitas Pemimpin Dalam Doa

    3. Kualitas Pemimpin Dalam Perencanaan

    4. Kualitas Pemimpin Dalam Mengkoordinasi Tim

    5. Kualitas Pemimpin Dalam Mengatasi Problem Eksternal

    6. Kualitas Pemimpin Dalam Mengatasi Problem Internal

    7. Kualitas Pemimpin Dalam Mengatasi Problem Pribadi

    8. Kualitas Pemimpin Dalam Mendelegasi

    9. Kualitas Pemimpin Dalam Kebangunan Rohani

    10. Kualitas Pemimpin Dalam Kesadaran Rohani

    11. Kualitas Pemimpin Dalam Komitmen

    12. Kualitas Pemimpin Dalam Kerelaan

    13. Kualitas Pemimpin Dalam Kemurahan

    14. Kualitas Pemimpin Dalam Kesetiaan.

Sepanjang sejarah gereja terbukti bahwa kualitas pemimpin rohani sangat berpengaruh terhadap perkembangan jemaat. Jika pemimpin tidak berkualitas maka perkembangan jemaat akan terhambat. Sebaliknya, jika pemimpin berkualitas perkembangan jemaat maju pesat. Oleh karena itu, bahan KTBK dari kitab Nehemia akan menjadi dasar para pemimpin masa kini memiliki kualitas pemimpin yang alkitabiah.

1 KUALITAS PEMIMPIN DALAM VISI

SASARAN

          Agar anggota KTBK mengenal kualitas kepe-mimpinan Nehemia melalui visi, keterbebanan, dan solidaritas bangsanya. Hal ini dapat men-jadi teladan para pemimpin rohani masa kini.

TEKS Nehemia 1:1-11

INTRODUKSI

            Andy Stanley mendefinisikan visi adalah gambaran mental yang jelas tentang apa yang dapat terjadi, yang didorong oleh keyakinan terhadap apa yang seharusnya terjadi. Menu-rut John Maxwell visi ini adalah segala-gala-

nya bagi seorang pemimpin. Visilah yang memimpin para pemim-pin. Visilah yang membakar semangat dan mendorong pemimpin maju. Tidaklah heran jika Nehemia seorang juru minuman raja bisa berubah menjadi pemimpin besar karena visi Allah pada zamannya. Apakah saudara telah memiliki visi Allah dalam memimpin pelayanan dan pekerjaan yang besar?

OBSERVASI

          · Siapakah Nehemia? Apa pekerjaan dan dimana Nehemia tinggal? (ayat 1, 11; 2:1)

          · Apa yang dilakukan Nehemia waktu bertemu dengan Hanani? (ayat 2)

          · Selidikilah berita apa saja yang disampaikan Hanani kepada Nehemia? (ayat 2-3)

          · Bagaimana respon Nehemia mendengar berita tentang Yerusalem dan penduduknya? (ay. 4-5)

          · Bagaimana isi, cara, komponen-komponen, sa-saran, dan dasar dalam doa Nehemia? (ay5-11)

INTERPRETASI

          · Apa visi Nehemia? Bagaimana ia memperoleh visi Allah? Dan bagaimana hubungan visi, beban, dan solidaritasnya dengan doanya?

          · Mengapa visi Allah merupakan langkah awal

          kepemimpinan Nehemia?

APLIKASI

          · Sharingkan visi yang saudara miliki sekarang? Bagaimana saudara meyakini visi tersebut dari Allah?

          · Bagaimana saudara melaksanakan visi Allah itu? Apa saja yang telah saudara perbuat untuk terlaksananya visi itu?

DISKUSI

          · Apakah perbedaan visi, misi dan ambisi dalam pelayanan. Jika dalam pelayanan gagal apakah visi Allah itu dapat berubah? Apa yang menjadi standar visi Allah? Diskusikan hubungan kualitas pemimpin dengan visi.

AKSI

          · Menghafalkan ayat Nehemia 1:4

          · Bacalah buku Visioneering, Andy Stanley, Yayasan Andi, Yogyakarta:2002. Bab satu.

          · Rumuskanlah visi pribadi saudara untuk sepuluh tahun mendatang dalam satu alinea minggu ini! Sharingkan pada KTBK mendatang

EVALUASI

          ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

DOA

          · Mohon Tuhan Yesus mempertajam visi setiap anggota KTBK semakin terfokus dalam pela-yanan. Serahkanlah beban saudara kepada Tuhan agar visi Allah itu terlaksana sempurna.

2 KUALITAS PEMIMPIN DALAM DOA

SASARAN

    Agar anggota KTBK memahami kualitas doa Nehemia sebagai pemimpin melalui ketekunan dan kebergantungannya kepada Allah. Prinsip-prinsip tersebut dapat diteladani para pemim-pin rohani pada masa kini.

TEKS Nehemia 2:1-10

INTRODUKSI

          Gene A. Getz menunjuk tokoh Perjanjian Lama yang sangat menonjol sebagai pemimpin rohani yang dinamis adalah Nehemia. Nehemia menga-wali kepemimpinnya dengan doa. Doa menjadi bagian hidup dan sikap Nehemia yang tidak da-pat dipisahkan dalam melaksanakan visi Allah.

Aspek-aspek doa apa yang menonjol dalam kualitas doa Nehemia? Apakah keistemewaan doanya sehingga Nehemia sukses melaksanakan visi Allah?

OBSERVASI

          · Berapa lama Nehemia berdoa? (1:1, 2:1-2, Bulan Kislew=Nov-Des dan Nisan=Maret-April). Telitilah tanda-tanda yang menunjukkan doa Nehemia dijawab Allah? (ayat 2-4)

          · Bagaimana sikap Nehemia sebelum menjawab pertanyaan raja? (ayat 5).

          · Bandingkan doa Nehemia di pasal 1:5-11 dengan pasal 2:5? Amatilah doa-doa Nehemia lainnya dan bandingkan menurut konteks, isi, cara, waktu, dan iman)? (4:4-9; 5:19; 6:14-15).

          · Apa saja yang dilakukan Nehemia selain ber-doa dalam menanti jawaban Allah? Telitilah setiap jawaban Nehemia kepada raja! (ayat 3, 7-8, 10)

INTERPRETASI

          · Mengapa Nehemia bisa berdoa dengan sabar dan tekun sampai Allah menjawab?

          · Carilah keistimewaan doa Nehemia dalam kepemimpinan dan melaksanakan visi Allah?

APLIKASI

          · Ceritakan bagaimana saudara berdoa dan melibatkan Allah dalam memimpin!

          · Bagaimana saudara tahu bahwa Allah menja-wab doa saudara?

DISKUSI

          · Bandingkan hasil dan dampak pemimpin rohani yang bergantung doa kepada Allah dengan yang kurang berdoa dalam pelayanan? Apa saja yang mendorong pemimpin masa kini tetap memprioritas doa? Carilah paling sedikit sepuluh ciri pemimpin yang suka berdoa!

AKSI

          · Ayat hafalan Yakobus 5:16

          · Doakan program pelayanan saudara dengan target yang jelas sesuai dengan visi Allah untuk sepuluh tahun mendatang!

EVALUASI

          ___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

DOA

          · Mengucap syukur atas kepastian jawaban doa di dalam Tuhan Yesus. Doakan para pemimpin rohani agar memiliki kerinduan berdoa sesuai dengan kehendak Tuhan!

3 KUALITAS PEMIMPIN DALAM PERENCANAAN

SASARAN

          Agar anggota KTBK memahami kualitas kepe-mimpinan Nehemia dalam ketelitiannya meren-canakan dan melaksanakan visi Allah.

TEKS Nehemia 2:11-20

INTRODUKSI

          Tuhan Yesus pernah mengingatkan bahwa siapakah diantara kamu yang mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, ... supaya jikalau ia sudah meletakkan dasarnya dan tidak dapat menyele-

saikannya. Jangan-jangan semua orang yang melihatnya, menge-jek dia. Perencanaan itu penting namun sering diremehkan orang. Bagaimana dengan kepemimpinan Nehemia dalam peren-canaannya? Apakah saudara dalam melakukan pelayanan, studi, pekerjaan dan lain-lain selalu merencanakan terlebih dahulu?

OBSERVASI

          · Jelaskan langkah-langkah rencana Nehemia yang tampak melalui jawabannya kepada raja Arthasasta (Lihat ctt. minggu lalu 2:5-9)

          · Berapa lama, untuk apa, dan bagaimana Nehemia menyelidiki tembok Yerusalem? Dari mana asal rencana Nehemia ini? (ayat 11-16)

          · Selidikilah kepada siapa rencana Nehemia disampaikan? Kapan dan bagaimana caranya? (ayat 16-18)

          · Bagaimana respon mereka yang mengetahui rencana Nehemia? (Bandingkan dengan respon Tobia, Sanbalat, dan Gesyem di ayat 18-19)

INTERPRETASI

          · Mengapa Nehemia saat menyelidiki tembok tidak memberitahukan kepada siapapun ren-cananya? (ayat 12).

          · Mengapa Nehemia begitu yakin rencananya berhasil? Siapa yang mendukungnya? (ayat 20)

APLIKASI

          · Sharingkan cara mengetahui rencana yang diberikan Allah untuk saudara? Bagaimana rencana saudara satu tahun mendatang!

          · Apa yang mendukung dan menghalangi renca-na saudara agar visi Allah itu terlaksana?

DISKUSI

          · Bagaimana pemimpin Kristen masa kini merencanakan dan melaksanakan visi Allah dengan baik? Apa standar seorang pemimpin yang baik dalam perencanaan masa kini?

AKSI

          · Menghafalkan ayat Lukas 14:28

          · Dalam minggu ini buatlah perencanaan untuk satu tahun mendatang secara lengkap!

EVALUASI

            ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

DOA

          · Mohon Tuhan membimbing dalam perenca-naan hidup agar visi Allah terlaksana dengan baik. Doakan agar setiap anggota KTBK memi-liki perencanaan yang baik.

4 KUALITAS PEMIMPIN DALAM MENGKOORDINASI TIM

SASARAN

          Agar anggota KTBK mengenal kualitas kepemim-pinan Nehemia melalui cara mengkoordinir tim-nya dalam membangun tembok Yerusalem. Cara Nehemia mengkoordinir umat Isarel dapat di-teladani untuk para pemimpin rohani masa kini.

TEKS Nehemia 3:1-32

INTRODUKSI

          C. Gene Wilkers menyatakan tim kerja itu penting karena melibatkan lebih banyak orang sehingga memiliki lebih banyak sumber daya, ide, dan energi ketimbang satu orang individu. Tim memaksimalkan potensi seorang pemimpin

dan meminimalkan kelemahan-kelemahannya. Akan tetapi, dalam pelayanan sering dijumpai Hamba Tuhan bekerja secara individu atau jika ia bekerja sama justru berakhir dengan konflik. Apakah dalam membangun tembok Yerusalem Nehemia melakukan sendiri atau melibatkan tim kerja? Sebagai pemimpin bagaimanakah Nehemia melibatkan banyak orang?

OBSERVASI

          · Amatilah dan hitunglah pintu gerbang dari pintu gerbang Domba dan keliling ke arah kiri? (lihat peta)

          · Daftarkan dalam tabel orang-orang dan kelom-pok yang ikut bekerja dalam pembangunan tembok Yerusalem menurut pekerjaan dan jabatannya? Siapa yang tidak ikut? (ayat 1-32)

          · Apa saja pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang itu? Carilah dalam peta lokasi pekerjaan yang diperbaiki!

          · Bagaimana cara seluruh lapisan masyarakat dapat bekerja sama mengambil bagian masing-masing?

INTERPRETASI

          · Carilah paling sedikit lima alasan yang mem-buat orang-orang Israel bekerja sama dan mau bekerja mengerjakan sesuai tugasnya!

          · Mengapa Nehemia mencatat nama, jabatan, kelompok, dan jenis pekerjaan secara detail?

          · Apakah hasil dari team-work yang baik dalam pembangunan tembok Yerusalem?

APLIKASI

          · Sharingkan cara saudara mengkoordinir orang lain agar terlibat dalam pelayanan?

          · Bagaimana saudara dapat bekerja sama dengan orang lain dalam pelayanan di perse-kutuan, gereja, dan pelayanan lain?

DISKUSI

          · Apa keistemewaan kepemimpinan Nehemia jika ditinjau dari cara mengkoordinir orang lain? Bandingkan dengan para pemimpin rohani masa kini?

AKSI

          · Menghafalkan ayat Nehemia 2:11

          · Mencatat teman-teman saudara dan kenalilah tugas pelayanannya? Motivasilah agar mereka lebih baik lagi melayani Tuhan!

EVALUASI

          ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

DOA

          · Doakan pemimpin rohani saudara agar diberi hikmat oleh Tuhan dalam mengkoordinasi sehingga pelayanan semakin berbuah banyak!

5 KUALITAS PEMIMPIN DALAM MENGATASI PROBLEM EKSTERNAL

SASARAN

          · Agar anggota KTBK mengenal strategi Nehemia dalam mengatasi tantangan eksternal pada saat membangun tembok Yerusalem.

TEKS Nehemia 4:1-23

INTRODUKSI

            Anthony Robbins merupakan orang nomor satu di dunia yang sukses menjadi pembim-bing menurut brosurnya. Ia pernah sebagai penasehat Presiden Clinton, Amerika Serikat. Anthony sangat terkenal melatih orang dalam mengha-dapi berbagai tantangan. Salah satu

pernyataannya adalah bahwa kamu telah memiliki kekuatan untuk mengubah segala sesuatu. Ia mengajarkan bagaimana berjalan menghadapi lintasan api, mencapai kesuksesan maksi-mal dan hidup sehat. Samakah cara di atas dengan strategi Nehemia dalam menghadapi tantangan saat membangun tembok Yerusalem?

OBSERVASI

          · Bagaimana respon Sanbalat dan Tobia terha-dap pembangunan tembok Yerusalem? Catat-lah olok-olokan dan ancamannya? (ayat 1-8, 11-12)

          · Apa yang dilakukan Nehemia dalam mengha-dapi tantangan itu? (ayat 4-6, 9)

          · Bagaimana strategi Nehemia dalam mengha-dapi ancaman serangan? (ayat 9-14)

          · Telitilah cara orang Yahudi menghadapi kea-daan terancam! (ayat 6, 15-23)

INTERPRETASI

          · Mengapa Nehemia berdoa dan berjaga-jaga dalam menghadapi ancaman Sanbal33at dan Tobia?

          · Carilah keistemewaan kepemimpinan Nehemia dalam mengatasi ancaman musuh!

APLIKASI

          · Ceritakanlah bagaimana saudara menang dalam menghadapi ancaman eksternal saat menjadi pemimpin!

          · Bagaimana saudara menyadari kemenangan yang diberikan Allah saat mengatasi ancaman?

DISKUSI

          · Jelaskan berbagai tantangan yang mengham-bat penginjilan dan pertumbuhan gereja masa kini! Berilah contoh kasus-kasus nyata!. Diskusikan bagaimana pemimpin rohani masa kini mengatasi tantangan eksternal gereja?

AKSI

          · Menghafalkan ayat Matius 10:16

          · Daftarkanlah tantangan yang saudara hadapi saat memimpin orang lain bertumbuh ke arah Kristus! Buatlah strategi dalam mengatasi hal itu!

EVALUASI

          ___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

DOA

          · Doakan gereja Tuhan yang sekarang sedang mengalami aniaya, tantangan, ancaman beri-badah. Para pemimpin rohani agar diberi himat Tuhan dalam mengatasi tantangan itu.

6 KUALITAS PEMIMPIN DALAM MENGATASI PROBLEM INTERNAL

SASARAN

          · Agar anggota KTBK dapat meneladani kualitas kepemimpinan Nehemia dalam mengatasi pro-blem internal dalam rangka melaksanakan visi Allah

TEKS Nehemia 5:1-19

INTRODUKSI

          · Seorang filsuf bijaksana pernah mengatakan bahwa satu-satunya hambatan yang harus diatasi oleh seekor elang untuk terbang adalah udara. Walaupun demikian kalau udara ditia-dakan maka ia akan jatuh seketika. Demikian

pula hambatan utama yang harus diatasi oleh perahu motor adalah air terhadap baling-baling. Jika tidak ada perlawanan perahu tidak dapat bergerak sama sekali. Hukum yang sama bahwa hambatan adalah syarat untuk sukses berlaku dalam kepemim-pinan. Benarkah Nehemia semakin dihambat justru semakin merambat?.

OBSERVASI

          · Telitilah berbagai macam keluhan rakyat dari dalam? (ayat 1-5)

          · Bagaimana respon Nehemia ketika mengha-dapi masalah tersebut? Jelaskan langkah-langkah praktis yang diperbuatnya? (ayat 6-13)

          · Bagaimana respon mereka terhadap sikap Nehemia? (ayat 12-13)

          · Amatilah integritas Nehemia dalam memberi teladan pada saat menduduki jabatan Bupati!! (ayat 14-19). Apa bedanya dengan bupati yang lain?

INTERPRETASI

          · Mengapa Nehemia menghadapi tantangan dari dalam?

          · Mengapa mereka mau menaati perintah dari Nehemia?

          · Bagaimana Nehemia menjaga integritas kepe-mimpinannya?

APLIKASI

          · Sharingkan masalah-masalah yang sering saudara hadapi dari dalam lingkungan sendiri selama memimpin?

          · Bagaimana respon anak buah saudara saat diperintah?

DISKUSI

          · Diskusikanlah problem internal yang sering muncul dalam kepemimpinan rohani saat ini. Bagaimana para pemimpin mengatasi problem itu? Bandingkan dengan cara Nehemia?

AKSI

          · Menghafalkan ayat Nehemia

          · Sharingkan kepada teman saudara yang telah menjadi pemimpin tentang kepemimpinan Nehemia dalam mengatasi problem internal!

EVALUASI

          ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

DOA

          · Doakan anggota kelompok KTBK dan para pemimpin di sekitar saudara agar dapat mengatasi problem internal dengan baik.

    7 KUALITAS PEMIMPIN DALAM MENGATASI PROBLEM PRIBADI

SASARAN

          · Agar anggota KTBK dapat mengerti strategi Nehemia dalam mengatasi problem pribadi saat ancaman itu dating bertubi-tubi.

TEKS Nehemia 6:1- 19

INTRODUKSI

          · Sun Tzu adalah seorang ahli strategi militer klasik Tiongkok yang hidup lebih dari 2300 th yang lalu. Ia seorang militer dan pahlawan Cina yang jenius pada masa penrgolakan negara-negara bagian (475-214 SM). Ia punya

prinsip dengan mengetahui dirimu sendiri dan musuhmu akan mampu memasuki peperangan tanpa ancaman bahaya. Benar-kah prinsip ini jika dibandingkan dengan strategi Nehemia menghadapi musuh-musuhnya?

OBSERVASI

          · Bagaimanakah strategi Sanbalat dan kawan-kawan dalam mengintimidasi Nehemia? (ayat 2, 4-7, 10, 13) Apa motivasinya? (ayat 9, 13)

          · Telitilah langkah-langkah praktis Nehemia dalam menghadapi ancaman terhadap dirinya? Apa keyakinan Nehemia dalam mengatasi ancaman tersebut? (ayat 3, 8-9, 11-15)

          · Bagaimana hasil kerja Nehemia sekalipun menghadapi ancaman pribadi? Dan bagaimana dampaknya? (ayat 1, 15-16)

INTERPRETASI

          · Mengapa Nehemia bisa menyelesaikan visi Allah (pembangunan tembok Yerusalem) mes-kipun banyak tantangan?

          · Apa arti bagi Nehemia pembangunan tembok Yerusalem telah selesai?

APLIKASI

          · Sharingkan sikap saudara dalam menghadapi ancaman pribadi yang dapat menggagalkan pelayanan bagi Tuhan!

          · Apa arti keberhasilan saudara menjalankan visi Allah?

DISKUSI

          · Diskusikan macam-macam ancaman, tantang-an pelayanan, baik eksternal, internal maupun pribadi pada masa kini? (Gereja, persekutuan, lembaga Kristen dan lain-lain)

          · Bagaimana kualitas pemimpin yang sanggup mengatasi tantangan masa kini?

AKSI

          · Menghafalkan ayat Markus 10:44

          · Daftarklah berbagai macam problem yang membuat saudara kehilangan semangat menjadi pemimpin rohani! Buatlah solusinya!

EVALUASI

          ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

DOA

          · Mengucap syukur atas pengenalan anda terhadap kualitas kepemipinan Nehemia dalam hal mengatasi problem pribadi!

          · Doakan pemimpin gereja, lembaga Kristen, Sekolah Tinggi Teologi agar diberi kekuatan Allah dalam mengatasi problem pribadinya.

8 KUALITAS PEMIMPIN DALAM

MENDELEGASI

SASARAN

          Agar anggota KTBK mengerti prinsip-prinsip mendelegasi dalam kepemimpinan Nehemia dan meneladani untuk pelayanan masa kini.

TEKS Nehemia 7:1-73

INTRODUKSI

          · Yitro, imam Midian pernah menasihati Musa pemimpin Israel katanya tidak baik semuanya dilakukan sendiri. Engkau akan menjadi sangat lelah baik engkau maupun bangsa Israel. Carilah orang-orang yang cakap, takut

akan Allah, dapat dipercaya, benci suap, dan tempatkan mereka menjadi pemimpin. Kata lain yang lebih popular adalah "the right man on the right place". Akan tetapi, sering kita temui para pemimpin kesulitan mendelegasi karena tidak memiliki sumber daya manusia yang memadai. Mengapa kualitas kepemimpinan Nehemia sanggup mendelegasi dengan tepat dan mantap?

OBSERVASI

          · Kapan Nehemia mendelegasikan tugas? Siapa saja dan apa syaratnya orang yang diberi tanggung jawab? Dan apa tugasnya? (ayat 1-4).

          · Selidikilah keistimewaan Nehemia dalam men-delegasi dalam bagian ini?

          · Dari mana rencana Nehemia mendata rakyat? (ayat 4-5; band Nehemia 2:12) Untuk apa dan bagaimana cara Nehemia mendata? Golongan apa saja yang di data? (ayat 7, 39-43, 44-46, 57, 61)

INTERPRETASI

          · Mengapa setelah pembangunan tembok Yerusalem selesai Nehemia baru mendelegasi tugas secara tuntas? Apakah motivasi dan maksud Nehemia mendelegasi tugas?

          · Apa maksud Nehemia mencatat data nama-nama silsilah secara rinci? Mengapa Nehemia selalu melakukan rencana Allah? Apa manfaatnya bagi seorang pemimpin?

APLIKASI

          · Sharingkan pengalaman saudara dalam men-delegasikan tugas pelayanan kepada orang lain! Apa hambatan dalam mendelegasi?

          · Sejauh mana pengenalan saudara sebagai pemimpin terhadap bawahan?

DISKUSI

          · Carilah paling sedikit sepuluh manfaat bagi seorang pemimpin yang rela mendelegasikan tugas dengan baik!

          · Bagaimana kualitas kepemimpinan gereja di Indonesia dalam mengkader dan mendelegasi-kan tugas pelayanan yang lebih luas saat ini?

AKSI

          · Menghafalkan ayat Keluaran 18:21

          · Pikirkan dan kaderlah tiga orang yang tepat untuk dapat menerima delegasi kepemimpinan saudara untuk sepuluh tahun mendatang!

EVALUASI

          ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

DOA

          · Doakan anggota KTBK dan pemimpin gereja saudara sanggup mendelegasi pelayanan kepada orang yang tepat agar pelayanan lebih luas lagi!

9 KUALITAS PEMIMPIN DALAM KEBANGUNAN ROHANI

SASARAN

          Agar anggota KTBK dapat meneladani kualitas kepemimpinan Nehemia dalam membangun kerohanian orang Israel setelah pembangunan tembok Yerusalem selesai.

TEKS Nehemia 8:1-19

INTRODUKSI

            Seorang pemimpin partai politik pernah mengeluh karena kader yang dia bina cukup lama dalam partai untuk mengupayakan keadilan, kemakmuran, kesejahteraan rakyat setelah mendapatkan jabatan baru ia menjadi

lupa akan panggilannya dan idealisme. Ia telah hanyut masuk sistem baru yaitu korupsi, kolusi, dan nepotisme. Pemimpin itu menjadi bingung "mengapa, bisa menjadi demikian?" Perlukah kebangunan rohani terjadi terlebih dulu sebelum seorang menjadi pemimpin yang berkualitas?

OBSERVASI

          · Bagaimana pembaharuan yang terjadi pada orang Israel setelah tembok Yerusalem selesai? (ayat 1-2)

          · Perhatikan dan catatlah cara Ezra menyam-paikan Taurat kepada seluruh rakyat agar semua mengerti! (ayat 3-9) Siapa saja yang ikut terlibat dalam proses tersebut? Apa yang dikatakan? (ayat 10-13)

          · Bagaimana sikap dan respon rakyat ketika mereka mengerti Taurat Tuhan? (ayat 3, 6-7, 10, 12-13)

          · Selain rakyat siapa lagi yang harus mengerti Taurat? Bagaimana cara mereka mengerti Taurat Tuhan dan apa responnya? (ayat 14-19)

INTERPRETASI

          · Mengapa kepala keluarga, para imam, Lewi perlu tahu Taurat lebih dahulu?

          · Apa perbedaan cara rakyat dengan para pemimpin dalam mengerti Firman Tuhan.?

          · Mengapa Nehemia menyerahkan kepada Ezra untuk menjelaskan Taurat Tuhan?

APLIKASI

          · Sharingkan peran saudara dalam membangun rohani orang lain, memimpin KTBK dan jemaat

          · Ceritakan langkah-langkah saudara menjelas-kan Firman Tuhan kepada orang lain agar mudah dimengerti dan ditaati?!

DISKUSI

          · Bagaimana kualitas pemimpin dalam memba-ngun Rohani jemaat melalui Alkitab pada masa kini. Diskusikan cara terbaik dalam menje-laskan Firman Tuhan agar semua orang mengerti dan melakukan Firman Tuhan. Bandingkan dengan cara yang dipakai Ezra!

AKSI

          · Bacalah Journal KTBK, STT Gamaliel.

          · Buatlah tabel kekuatan dan kelemahan antara pemahaman Alkitab induktif, deduktif, topical!

EVALUASI

          ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

DOA

          · Doakan agar setiap anggota jemaat gereja Tuhan memiliki kerinduan mendalami Alkitab, dan menaati Firman Allah dalam hidupnya!

10 KUALITAS PEMIMPIN DALAM

KESADARAN ROHANI

SASARAN

            Agar anggota KTBK memahami kualitas kepe-mimpinan Nehemia dalam menyadarkan orang Israel yang telah berlaku menyimpang dari Firman Tuhan.

TEKS Nehemia 9:1-37

PENDAHULUAN

            Indonesia pernah mengalami krisis ekonomi pada tahun 1998. Banyak pakar ekonomi memberikan analisis tentang sebab terjadinya krisis itu. Akan tetapi, hasilnya berbeda dengan analisis seorang hamba Tuhan. Ia

mengatakan bahwa krisis yang dialami bangsa Indonesia bukan disebabkan pemimpin yang korupsi, hutang yang terlalu besar, dominasi negara-negara asing yang kuat melainkan karena keadaan rohani bangsa yang masih hidup dalam dosa dan pelanggaran kepada Allah. Benarkah masalah kesadaran rohani dan masalah rohani menjadi penyebab terjadinya masalah lain?

OBSERVASI

          · Apa saja yang dilakukan oleh orang Israel setelah kebangunan rohani di Pasal 8? Berapa lama mereka melakukannya? (ayat 1-3)

          · Apa perintah orang-orang Lewi kepada umat Israel? (ayat 4-5)

          · Telitilah dan catatlah alasan-alasan historis mereka harus memuji dan menyembah Tuhan? Carilah minimal 10 alasan! (ayat 6, 7-15)

          · Carilah sikap dan tindakan orang Israel dalam menanggapi kebaikan Allah! (ayat 16-31)

INTERPRETASI

          · Mengapa pemimpin-pemimpin rohani lebih dahulu harus memiliki hati yang takut akan Allah? (ayat 32-37)

          · Apa yang dilakukan keturunan Israel setelah sadar dibawah kepemimpinan Nehemia?

          · Mengapa kepemimpinan Nehemia berdampak pada kesadaran rohani orang Israel?

APLIKASI

          · Sharingkan peran saudara dalam membangun kesadaran rohani orang yang saudara pimpin!

          · Langkah-langkah apa yang saudara lakukan dalam membangun kesadaran rohani jemaat!

DISKUSI

          · Bagaimana cara pemimpin rohani menya-darkan rohani masyarakat dan bangsanya agar takut kepada Allah? Analisislah dampak kesadaran rohani bangsa jika takut kepada Tuhan dan melakukan Firman Tuhan!

AKSI

          · Menghafalkan ayat Nehemia 9:30

          · Berpuasalah untuk para pemimpin jemaat dan bangsa agar diberi kepekaan rohani dan takut akan Allah!

EVALUASI

          ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

DOA

          · Bersyukurlah akan kebaikan Allah yang meng-ingatkan kita untuk hidup suci dan takut akan Allah sebagai pemimpin rohani!

11 KUALITAS PEMIMPIN DALAM KOMITMEN

SASARAN

            Agar anggota KTBK dapat mamahami dan meneladani komitmen para pemimpin pada zaman Nehemia kepada Tuhan dengan berani menanggung resiko yang berat.

TEKS Nehemia 9:38-10:39

PENDAHULUAN

            Seorang pengusaha yang kaya raya bertobat dan percaya Yesus. Setelah mendengar Firman Tuhan ia menyadari bahwa selama ini sebagai pemilik dan pemimpin banyak perusahaan belum pernah memberikan persepuluhan

kepada Tuhan. Ia berkomitmen akan menghitung semua aset yang dimiliki kemudian mengambil 10% nya untuk membangun gereja Tuhan! Mengapa ia berani melakukan seperti itu? Lebih hebatkah ia jika dibandingkan dengan orang Israel pada zaman Nehemia?

OBSERVASI

          · Setelah bangsa Israel mengaku dosa dan menyadari kebaikan Allah pada Pasal 9 , apa yang dilakukannya? (Pasal 9:38). Siapa saja yang membubuhi meterai perjanjian itu? (ayat 1-29). Sebutkan dari golongan mana saja dan siapa namanya!

          · Apakah alasan mereka berkomitmen dan bersumpah? (ayat 29, lihat 9: 37-38)

          · Catatlah isi sumpah dalam perjanjian itu. Dan untuk apa mereka bersumpah? Apa saja yang akan mereka lakukan? (ayat 29, 30-39)

INTERPRETASI

          · Mengapa para pemimpin yang berjanji dan bersumpah terlebih dahulu? Apa arti berjanji dan bersumpah kutuk?

          · Mengapa orang Israel berani bersumpah kutuk kepada Tuhan? Mengapa mereka berani mem-beri dan berkorban dalam bentuk persepu-luhan untuk orang Lewi?

APLIKASI

          · Sharingkan bagaimana saudara berjanji kepa-da Tuhan untuk memberikan sesuatu bagi-Nya? Apa saja komitmen saudara dalam memberi kepada Tuhan seperti keluarga, bisnis, ibadah, harta, dan kedudukan?

DISKUSI

          · Bagaimana pemimpin rohani mendorong umat Allah untuk berkomitmen dalam mempersem-bahkan kurban, persepuluhan, keluarga, iba-dah? Beranikah para pemimpin masa kini menanggung resiko jika umatnya tidak taat? Bagaimana keteladanan para pemimpin dalam komitmen kepada Allah?

AKSI

          · Menghafalkan ayat Roma 12:1-2

          · Tuliskan janji saudara kepada Tuhan dalam minggu ini. Evaluasilah apakah saudara sudah atau belum menepatinya.

EVALUASI

            ________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

DOA

          · Mengucap syukur kepada Tuhan yang telah memberikan kepada saudara kesempatan untuk mempersembahkan sesuatu bagi rumah Allah.

12 KUALITAS PEMIMPIN DALAM KERELAAN

SASARAN

            Agar anggota KTBK memahami kualitas para pemimpin pada zaman Nehemia yang memiliki kerelaan untuk mau ditempatkan sesuai dengan peraturan yang ada.

TEKS Nehemia 11:1-36

INTRODUKSI

            Seorang Insinyur Fakultas Teknik meneruskan lagi ke sekolah tinggi teologi. Menurut penga-kuannya ia tidak mau bekerja dibidang sekuler karena merasa dipanggil Tuhan untuk melayani. Empat tahun lamanya ia menyelesaikan studi teologinya.

Tentu, di sekolah ia pernah mendengar lagu karangan Stephen Tong yang berbunyi "kemana saja kutelah sedia. Pimpinan Tuhan tak pernah bersalah. Tolong kutaat dan pikul salibMu..." Anehnya, setelah ia lulus dan ditawari pelayanan di mahasiswa ia menolaknya. Alasan utama ialah honor tak memadai dan masa depan tak menentu. Bisakah ia menjadi pemimpin rohani yang berkualitas? Bagaimana seharusnya kerelaan seorang pemimpin?

OBSERVASI

          · Telitilah siapa saja yang tinggal di Yerusalem! Bagaimana mereka memutuskan hal tersebut? (ayat 1-6). Dan, siapa saja yang menetap di luar Yerusalem? (ayat 1-3; 20).

          · Selidikilah ciri tempat, fungsi, tugas dan ciri-ciri orang-orang yang tinggal di Yerusalem! (ayat 4-19)

          · Bandingkan mereka yang tinggal di Yerusalem dengan yang di luar Yerusalem! (ayat 20-36)

INTERPRETASI

          · Mengapa mereka memuji setiap orang yang rela menetap di Yerusalem?

          · Carilah latar belakang mereka mau menetap di Yerusalem!

          · Mengapa para pemimpin bangsa harus tinggal di Yerusalem?

APLIKASI

          · Sharingkan tempat tinggal yang saudara pilih sesuai dengan rencana Allah dalam pelayanan!

          · Bagaimana kerelaan saudara ditempatkan Allah dalam posisi, pekerjaan, tempat tinggal, jabatan, warisan untuk maksud pelayanan?

DISKUSI

          · Bagaimana cara pemimpin rohani masa kini menetapkan honor, posisi jabatan, harta warisan, tempat tinggal, pekerjaan dalam hubungannya dengan pelayanan? Bandingkan dengan prinsip kerelaaan para pemimpin pada zaman Nehemia!

AKSI

          · Menghafalkan ayat Lukas 6:38

          · Bacalah buku yang berjudul "21 Hukum Kepemimpinan Sejati, John Maxwell, Inter-aksara, 2001

EVALUASI

          ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

DOA

          · Doakan pemimpin gereja, lembaga-lembaga Kristen, Sekolah-Sekolah Teologi agar memiliki kerelaan untuk ditempatkan sesuai dengan maksud Allah untuk dirinya.

13 KUALITAS PEMIMPIN DALAM KEMURAHAN

SASARAN

          Agar anggota KTBK memahami dan meneladani kualitas kepemimpinan Nehemia dalam hal menghormati dan memperhatikan baik kepada Allah maupun para imam dan orang Lewi.

TAKS Nehemia 12:1-47

PENDAHULUAN

          Pada saat kampanye pemilihan kepala desa sering didengar bahwa calon ini adalah orang yang suka memberi dan murah hati kepada rakyat. Pilih saja orang ini! Orang lain juga mempromosikan calonnya kalau ia suka mem-

bebaskan beban pungutan liar dan sebagainya. Akan tetapi, setelah ia menjadi kepala desa tidak sedikit rakyat mulai kecewa karena faktanya kepala desa yang ia pilih justru menekan rakyat. Samakah kualitas kepemimpinan Nehemia yang menganjurkan rakyat memberi persembahan dengan kepala desa yang menekan rakyat untuk memberi upeti?

AttachmentSize
kualitas_pemimpin_rohani.doc244 KB

Komentar