Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs Leadership

Loading

Mengidentifikasi Nilai-Nilai Inti

Mengindentifikasikan nilai-nilai inti yang mendefinisikan organisasi Anda adalah salah satu fungsi terpenting dari kepemimpinan. Sukses gagalnya proses ini benar-benar dapat membuat organisasi berhasil atau gagal.

Umpamanya, coba lihat Disney. Organisasi ini telah mengidentifikasikan empat nilai untuk taman-taman tematiknya, yaitu keselamatan, kesopanan, hiburan (entah Mickey Mouse atau pemeriksa karcis), dan efisiensi. Bukan hanya mereka telah mengidentifikasikan nilai-nilai mereka, melainkan juga telah menatanya dengan saksama. Mengapakah hal ini penting? Manajer yang berorientasi pada keuntungan mungkin hanya akan menekankan efisiensi sehingga membahayakan tiga nilai lainnya.

Sebaiknya Anda memprioritaskan upaya mengidentifikasikan nilai-nilai inti organisasi Anda. Dan janganlah mencoba melakukannya sendirian. Manfaatkanlah sumber-sumber daya yang ada di sekeliling Anda. Libatkanlah semua orang -- semua orang seharusnya merasa memiliki dalam proses ini. Ingatlah bahwa aturan-aturan bisa saja diberlakukan, namun nilai-nilai tidak. Libatkanlah semua orang dalam proses ini sedini mungkin.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Judul buku : Hati Seorang Pemimpin
Judul asli buku: The Heart of A Leader
Penulis : Ken Blanchard
Penerjemah : Drs. Arvin Saputra
Penerbit : Interaksara, Batam Centre 2001
Halaman : 143

Komentar