e-Leadership 099 - Kecakapan Kepemimpinan Kristen (II)

Jelajah Buku: Kepemimpinan Rohani

Judul buku : Kepemimpinan Rohani
Judul asli buku : Spiritual Leadership
Penulis : J. Oswald Sanders
Penerjemah : Drs. Chris J. Samuel dan Drs. Ganda Wargasetia
Penerbit : Kalam Hidup, Bandung 1979
Ukuran : 12 cm x 18 cm
Tebal : 175 halaman

Pemimpin-pemimpin rohani saat ini semakin banyak, namun belum semua pemimpin rohani memiliki kualitas rohani maupun kualitas kepemimpinan yang tinggi. Beberapa pemimpin terlihat masih kurang terampil dalam memimpin jemaat maupun mengatur struktur organisasi. Dengan demikian, pemimpin-pemimpin rohani sebaiknya membenahi diri dan memperbaiki integritas kepemimpinannya. Untuk mewujudkan pemimpin-pemimpin rohani yang kompeten, Anda dapat membaca buku tulisan J. Oswald Sanders yang berjudul Kepemimpinan Rohani. Read more about Jelajah Buku: Kepemimpinan Rohani

Kapabilitas Kepemimpinan Kristen (II)

Catatan Redaksi: "Selain memiliki kapabilitas kepemimpinan dan berorganisasi, seorang pemimpin juga harus memiliki kemampuan untuk mengelola, melihat visi, dan menentukan kebijakan untuk memperlengkapi diri bila ingin meningkatkan kapabilitas kepemimpinan, sehingga semakin lebih efektif."

Ketiga, Kemampuan mengelola. Kepemimpinan yang memiliki kemampuan manajemen merupakan unsur penting dalam suatu organisasi. Tanpa hal ini, organisasi menjadi kacau dan tujuan tidak akan tercapai. Kartono mengatakan, "Manajemen adalah inti dari administrasi; sedangkan kepemimpinan adalah inti dari manajemen" [23]. Arti kata "manajemen" berasal dari kata Latin "manus" yang berarti "tangan". Jadi, manajemen artinya "cara menangani suatu tugas" [24]. Dengan demikian, manajemen adalah satu tindakan menangani, mengontrol, mengarahkan, mengelola suatu pekerjaan/aktivitas demi mencapai tujuan yang ditetapkan [25]. Read more about Kapabilitas Kepemimpinan Kristen (II)

Kecakapan Kepemimpinan Kristen (II)

Shalom,

Pada edisi e-Leadership yang ke-98 lalu, kita telah mempelajari bahwa menjadi pemimpin yang mumpuni itu bukanlah hal remeh. Banyak hal yang harus dipenuhi untuk masuk dalam nominasi seorang pemimpin yang berkapasitas dalam mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai seorang mentor ataupun koordinator yang baik, tegas, bersahabat, imajinatif, banyak ide, bertanggung jawab, dan yang terpenting berkenan di hadapan Tuhan.

Dalam edisi 99 (masih kelanjutan dari edisi 98), kita akan membahas kemampuan seorang pemimpin untuk mengelola dan melihat visi, serta menentukan kebijakan. Selain itu, redaksi juga menyediakan kolom Jelajah Buku dan informasi dalam Stop Press yang perlu Anda simak dengan baik. Tuhan memberkati.

Staf Redaksi e-Leadership,
Yonathan Sigit

Selesaikanlah pekerjaanmu di luar, siapkanlah itu di ladang; baru kemudian dirikanlah rumahmu. (Amsal 24:27) Read more about Kecakapan Kepemimpinan Kristen (II)

Komentar