Dua Tahun Perjalanan e-Leadership

Pada 1 Januari 2008, tepat dua tahun usia Milis Publikasi e-Leadership. Oleh karena itu, kami ingin mengajak Anda melihat kembali perjalanan publikasi e-Leadership sampai saat ini.

Gagasan awal untuk menerbitkan publikasi e-Leadership ini muncul setelah Yayasan Lembaga SABDA membangun situs Indo Lead atau "Indonesian Christian Leadership Trainer Network and Resources Center" (http://lead.sabda.org). Situs ini dibangun dengan tujuan memperlengkapi masyarakat Indonesia dengan bahan-bahan bermutu seputar kepemimpinan Kristen untuk mempersiapkan mereka menjadi pemimpin dan pelatih Kristen yang handal serta efektif. Untuk mendukung rencana ini, maka timbullah gagasan membuat publikasi e-Leadership dengan tujuan sebagai berikut. 1. Membekali para calon pemimpin/pelatih Kristen. 2. Menjadi wadah di mana para calon pemimpin/pelatih Kristen dapat saling berbagi informasi untuk mempererat kesatuan tubuh Kristus.

Publikasi e-Leadership mengusung visi memperlengkapi masyarakat Kristen Indonesia dengan bahan-bahan kepemimpinan yang bermutu dan alkitabiah yang diwujudkan dalam misinya, yaitu: 1. Menyebarkan tulisan-tulisan bermutu dan alkitabiah seputar kepemimpinan Kristen melalui internet, khususnya melalui milis publikasi/buletin elektronik; 2. Menolong agar sumber-sumber informasi pengembangan/pelatihan kepemimpinan Kristen dapat dikenal dan dimanfaatkan oleh organisasi Kristen, pemimpin Kristen, dan mereka yang terlibat dalam pelayanan kepemimpinan Kristen.

REDAKSI E-LEADERSHIP

Publikasi e-Leadership bisa terus hadir di hadapan Anda karena ada orang-orang yang terlibat dan mengelola di belakangnya. Siapa sajakah mereka? Berikut ini orang-orang yang memberikan waktu dan telentanya untuk e-Leadership sehingga setiap bulannya pelanggan dapat memeroleh bahan-bahan kepemimpinan Kristen di "mailboxnya".

Tahun 2006 Kristian, Yulia, Hardhono, Sylvie, Yulia, Endah, Raka, Puji, Lanny

Tahun 2007 Lanny Kusumawati, Dian Pradana, Yulia, Puji

Tahun 2008 Dian Pradana, Puji Arya Yanti

SAJIAN TEMA E-LEADERSHIP

Setiap bulannya, e-Leadership menyajikan tema-tema yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para calon pemimpin dan pelatih Kristen Indonesia. Berikut adalah tema-tema yang pernah diketengahkan di e-Leadership sejak edisi pertama terbit sampai saat ini (bulan Januari 2008), serta rencana tema-tema yang akan terbit selama setahun ini.

Tahun 2006 Januari = Visi Februari = Menjadi Pemimpin Maret = Tugas Seorang Pemimpin April = Gaya Kepemimpinan Mei = Pemimpin yang Melayani Juni = Kehidupan Doa Seorang Pemimpin Juli = Pemimpin yang Memberi Dampak Agustus = Spiritualitas Seorang Pemimpin September= Aspek Kepemimpinan: Menetapkan Tujuan Oktober = Aspek Kepemimpinan: Mentoring November = Aspek Kepemimpinan: Delegasi Desember = Aspek Kepemimpinan: Motivasi

Tahun 2007 Januari = Aspek Kepemimpinan: Pemecahan Masalah Februari = Pengambilan Keputusan Maret = Komunikasi April = Kepemimpinan dan Karakter Mei = Karakter Pemimpin - Kredibilitas Juni = Karakter Pemimpin - Integritas Diri Juli = Karakter Pemimpin - Komitmen Agustus = Kerendahan Hati September= Karakter Pemimpin - Kompetensi Oktober = Karakter Pemimpin -- Disiplin November = Berpikir Positif Desember = Inisiatif

Tahun 2008 Januari = Mempersiapkan Seorang Pemimpin Februari = Pembagian Tanggung Jawab dan Tugas (rencana) Maret = Pemimpin dalam Konflik (rencana) April = Wanita dalam Kepemimpinan (rencana) Mei = Harga Sebuah Kepemimpinan (rencana) Juni = Menghadapi Kegagalan (rencana) Juli = Mengenal Diri Sendiri (rencana) Agustus = Strategi dalam Kepemimpinan (rencana) September= Masalah dan Jerat dalam Kepemimpinan (rencana) Oktober = Karakter Pemimpin - Kesabaran (rencana) November = Karakter Pemimpin - Pantang Menyerah (rencana) Desember = Karakter Pemimpin - Teladan (rencana)

Anda dapat mengakses dan menyimak edisi-edisi yang sudah diterbitkan dengan berkunjung ke alamat: http://www.sabda.org/publikasi/e-leadership/arsip/

Redaksi juga meminta dukungan doa dari Anda semua agar dapat menjalankan setiap rencana tema yang sudah disusun ini dengan baik. Tidak lupa kami juga mengundang Anda untuk ikut berpartisipasi dengan mengirimkan bahan-bahan kepemimpinan yang sesuai dengan rencana tema tersebut. Kirimkan ke alamat: leadership(at)sabda.org.

SAJIAN KOLOM E-LEADERSHIP

Publikasi e-Leadership berusaha menyajikan tema-tema yang diwujudkan dalam kolom-kolomnya. Berikut sajian kolom e-Leadership untuk tahun 2008, yang tidak jauh berbeda dengan kolom pada tahun sebelumnya.

- Editorial Pengantar untuk masuk dalam sajian edisi publikasi e-Leadership, berisi gambaran singkat mengenai topik yang sedang diangkat, opini redaksi, dan harapan disajikannya tema tersebut.

- Artikel Tulisan yang ditampilkan adalah mengenai kepemimpinan Kristen dan segala aspeknya, disesuaikan dengan tema yang diangkat.

- Tips Tips yang berisi tentang langkah-langkah praktis yang bisa dilakukan sesuai dengan tema yang diangkat.

- Inspirasi Inspirasi yang berisi cerita/pengalaman/ilustrasi sehubungan dengan tema yang diangkat.

- Jelajah Berisi ulasan situs yang membahas tentang kepemimpinan, baik situs lokal maupun situs luar negeri. Situs kepemimpinan yang diulas tidak harus situs kepemimpinan Kristen, namun yang isinya tidak bertentangan dengan prinsip kekristenan.

PERKEMBANGAN JUMLAH PELANGGAN E-LEADERSHIP

Dibandingkan dengan publikasi elektronik YLSA lainnya (http:www.sabda.org/pulikasi/), publikasi e-Leadership adalah publikasi yang tergolong sedikit pelanggannya, bahkan mengalami penurunan sejak edisi pertama diterbitkan. Apakah hal ini menunjukkan kurangnya calon pemimpin dan pelatih Kristen di Indonesia? Yang pasti semoga dengan pelanggan yang ada saat ini dapat membawa/memberi perubahan positif dalam kepemimpinan di Indonesia dan akan berdampak ke orang lain. Berikut data pelanggan e-Leadership tahun 2007 hingga saat ini (Januari 2008).

------------------------------------ Tahun Bulan Jumlah Pelanggan ------------------------------------ 2007 Januari 519 Maret 520 April 502 Juni 479 Juli 457 Agustus 462 September 479 Oktober 461 November 458 Desember 455 2008 Januari 448

PARTISIPASI DAN HARAPAN UNTUK E-LEADERSHIP KE DEPAN

Lewat kesempatan ini, kami juga ingin berterima kasih kepada pelanggan e-Leadership yang senantiasa mendukung kami, baik dalam doa, saran/kritik, maupun dengan mengirimkan bahan-bahan kepemimpinan Kristen. Partisipasi Anda sekalian memberi semangat kepada kami untuk terus maju ke depan dan menjadi evaluasi bagi kami untuk terus berusaha memberikan yang terbaik. Ke depannya, dengan tangan terbuka kami menunggu setiap masukan dan dukungan Anda.

Saat ini, kami juga ingin membagikan beberapa resolusi publikasi e-Leadership pada tahun 2008 ini.

1. Memberikan bahan-bahan kepemimpinan yang lebih bermutu dan bermanfaat. Tiada yang lebih penting selain memberikan yang terbaik dalam pelayanan. Hal itulah yang akan e-Leadership upayakan. Diharapkan semua itu dapat membantu dan melengkapi Anda dalam bidang kepemimpinan Kristen.

2. Menjalin hubungan yang lebih dekat dengan para pelanggan dan mitra. Ada dikatakan, "Tidak kenal, maka tidak sayang." Sungguh, kami ingin lebih mengenal pelanggan sekalian agar kami benar-benar mengetahui kebutuhan yang Anda perlukan. Oleh karena itu, bagi Anda yang belum pernah mengisi dan mengirim formulir keanggotaan e-Leadership, dimohon kesediaannya untuk mengisi dan mengirim formulir pada kolom Stop Press di edisi ini kepada kami.

3. Mengembangankan "Network Leadership". Saat ini sudah tersedia sebuah wadah, yaitu situs In-Christ.Net bagi organisasi, yayasan/gereja, pribadi yang terlibat dalam bidang kepemimpinan Kristen. Karena itu kami mengundang Anda yang tertarik atau yang terjun langsung dalam dunia kepemimpinan Kristen ini untuk ikut berpartisipasi dan saling memperlengkapi di sini. ==> http://www.in-christ.net/ ==> http://www.in-christ.net/topic_artikel/leadership ==> http://www.in-christ.net/topic_blog/leadership ==> http://www.in-christ.net/wiki/Solo_Leadership ==> http://www.in-christ.net/wiki/Network_Kepemimpinan

Akhir kata, Redaksi e-Leadership mengucapkan terima kasih atas dukungan Anda sekalian. Doa dan dukungan Anda serta anugerah Allahlah yang terus-menerus memberi napas bagi kelangsungan hidup e-Leadership hingga saat ini. Oleh karena itu, jangan segan untuk memberikan kritik maupun saran kepada Redaksi. Kami sangat mengharapkan ada hubungan yang semakin erat di antara kita semua.

File: 

Komentar