Bagaimana Menjadi Pemimpin Kelompok yang Baik?

BAGAIMANA MENJADI PEMIMPIN KELOMPOK YANG BAIK

Bagaimana sebuah tim dipimpin akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kesukesan atau keberlangsungan tim itu sendiri. Ketika ditanya pemimpin seperti apa yang mereka inginkan, para anggota tim biasanya mengatakan beberapa nilai yang seharusnya dimiliki oleh seorang pemimpin, seperti:

  • memberikan komitmennya terhadap orang banyak seperti halnya pada pekerjaan adalah kunci pertama.
  • keinginan untuk mendukung dan melayani tim sebaik yang mereka lakukan saat memimpin di depan.
  • antusiasme, energi, inspirasi dan kemampuan yang memadai.
  • kerelaan untuk memikul tanggung jawab dan bukan melemparkannya.
  • kemampuan untuk membuat tim bersatu untuk membuat pencapaian lebih dari sekedar yang dilakukan oleh sekelompok individu.

KOMITMEN PADA ORANG BANYAK

Rata-rata anggota dari sebuah tim lebih menaruh perhatian terhadap masalah hubungan dan bagaimana mereka dilihat sebagai anggota dari sebuah tim sebelum mereka meperhatikan tugas yang diberikan pada tim. Merasa nyaman di tengah lingkungan sebuah kelompok adalah prasyarat penting sebelum menuntut kontribusi seorang anggota. Pemimpin kelompok yang baik dapat mempunyai waktu untuk membangun timnya, tidak hanya di awal-awal pembentukannya, namun terlebih saat anggota baru bergabung dengan tim yang sudah ada.

KEINGINAN UNTUK MENDUKUNG DAN MELAYANI

Ada waktunya anggota tim butuh untuk dipimpin dari depan, namun merekapun sangat membutuhkan motivasi yang diperoleh dari kepemimpinan yang bisa mendorong dari belakang! Kepemimpinan yang melayani dari seorang pemimpin kelompok sangat penting jika para anggota sedang berkumpul, untuk melayani satu sama lain. Ini adalah isu utama bagi para pemimpin Kristen. Ada sebuah keseimbangan yang harus dihadapi antara kemauan untuk menjalankan tugas biasa yang harus dilakukan tim dan menjalankan keseimbangan peran yang tidak sesuai sehingga peran pemimpin berkurang.

ANTUSIASME, ENERGI, INSPIRASI DAN KEMAMPUAN

Bukan sesuatu yang mengejutkan jika anggota tim ingin diberikan motivasi dan inspirasi oleh kepemimpinan tim yang memiliki energi dan antusiasme untuk membangkitkan semangat mereka. Namun, merekapun butuh kepastian bahwa pemimpin kelompok mereka mempunyai akses atau kemampuan yang cukup untuk memimpin mereka ke arah yang benar. Pemimpin tidak harus menjadi orang yang paling tahu tentang hal yang mereka tangani, dan jika memang tidak, mereka harus mampu memberikan masukan dari yang lain.

KEMAMPUAN UNTUK MEMIKUL TANGGUNG JAWAB

Pemimpin kelompok harus tahan banting. Saat tantangan datang sebagai sesuatu yang tak mungkin dapat dihindari, seorang pemimpin dibutuhkan guna menerima tanggung jawab untuk memastikan bahwa hal tersebut diatasi sebaik mungkin sehingga tim dapat menjadi lebih kuat lagi. Ini tidak berarti sang pemimpin harus mengakui jika masalah itu di luar kemampuan atau merupakan kesalahan mereka, (walau mereka juga harus jujur mengakui kesalahan mereka), namun selain menjalankan sikap proaktif untuk meyakinkan jika tim ini tidak sedang dibelokkan dari tugas mereka.

KEMAMPUAN UNTUK MENCAPAI LEBIH SEBAGAI SEBUAH TIM

Tim hanya akan menjadi sebuah tim saat ada sinergi antar sesamanya, yakni saat kerja tim dapat memberikan nilai yang tidak bisa didapatkan secara langsung oleh orang-orang yang tidak membuat sebuah kelompok. Ini dibutuhkan oleh pemimpin kelompok untuk menunjukkan model kepemimpinan yang membagi peran kepemimpinannya dengan tim, sehingga pemahaman akan peran, kelebihan dan talenta masing-masing anggota akan didapat, juga untuk menumbuhkan tanggung jawab bersama, serta membuat lingkungan kelompok yang terbuka, menyenangkan dan memberi kesempatan bagi diskusi yang sehat dan produktif.

(A.C)

Diterjemahkan dari: Christian Leadership World

Kategori Bahan Indo Lead: 
Jenis Bahan Indo Lead: 
File: 
AttachmentSize
pemimpin_kelompok.htm4 KB

Komentar