Baik Buruknya Permainan Anda Tergantung dari Latihan Anda

Pelatih Don Shula percaya kepada "praktik kesempurnaan". Ia sering mengutip kata-kata Paul Brown, pelatih tim Cleveland Browns yang legendaris, yang mengatakan, "Rugby itu permainan yang penuh dengan kekeliruan. Tim yang paling sedikit membuat kekeliruan dalam pertandingan biasanya menang."

Perusahaan perlu mendekati prestasi orang-orangnya dengan perhatian yang sama terhadap kualitas, namun setelah saya amati, saya jarang menemukan penekanan seperti ini pada "praktik kesempurnaan". Lebih sering perusahaan-perusahaan merekrut orang-orang yang sangat kompeten, lalu membiarkan mereka bergumul sendirian.

Tak ada individu atau tim yang dapat mencapai "praktik kesempurnaan" sendirian. Dibutuhkan konsentrasi serta komitmen yang pantang mundur terhadap perbaikan yang kontinu. Itu artinya pelatihan hari-demi-hari -- menetapkan sasaran yang jelas, membiarkan orang berprestasi, mengamati, lalu memuji kemajuan atau mengarahkan kembali upaya-upaya mereka. Kebanyakan manajer melewatkan langkah "mengamati". Mereka memberikan arahan, namun mereka tidak mengamatinya untuk mengarahkan kembali orang-orangnya atau mendapati mereka ketika melakukan sesuatu dengan benar. "Anda tak mungkin melatih dari tempat duduk para wartawan," kata Shula, "Anda harus berada di lapangan."

Diambil dari: Judul buku: Hati Seorang Pemimpin Penulis : Ken Blanchard Penerjemah: Drs. Arvin Saputra Penerbit : Interaksara, Batam Centre 2001 Halaman : 86 -- 87

File: 

Komentar