Penghambat Besar II – Al-Masih Itu Manusia atau Allah?

Spiritual Leadership > PEMURIDAN > Buku Panduan (Mentoring) > Belajar Bersama Mentor

Judul: Penghambat Besar II - Al-Masih Itu Manusia Atau Allah?

Keterampilan: *Memakai pelbagai ilustrasi

      *Menjawab keberatan/pertanyaan yang sering timbul

          *Memanfaatkan Kitab dan ajaran-ajaran kelompok target

1. Sura 112

Muslim telah kebal terhadap keselamatan Kristus. Sura 112 adalah kumpulan perlawanan mereka melawan Tuhan dan Yang Diurapi.

Allah tidak memperanakkan = Allah bukanlah Bapa

Dan tidak diperanakan = dan bukanlah Anak,

Dan tidak ada yang seperti Dia = dan bukanlah Roh Kudus.

2. Tawid

Allah, bagi seorang Muslim, adalah satu (Wahid), dan tidak ada yang sederajat dengan-Nya!. Dalam Al-Qur'an, Sura 28:88, kita membaca: "Janganlah kamu sembah di samping (menyembah) Allah, tuhan apapun yang lain. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia." Jadi, Allah secara total adalah lain, berbeda, dan unik. Dia menciptakan dan melengkapi dunia. Karena Dia satu, maka tidak seorang pun dapat berbagi kuasa dan otoritas yang mulia dengan-Nya, sekecil apapun. Al-Qur'an memperjelas bahwa Allah tidak mempunyai anak, bapak, saudara, atau rekan.

"Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: `Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Maryam', padahal Al Masih (sendiri) berkata: "Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu." Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun. Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: `Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga', padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih." (Sura 5:72-73)

3. Pendapat Umum

Orang Muslim mungkin pernah menanyakan ayat mana yang mencantumkan kata Tritunggal. Kita harus mengatakan dari permulaan bahwa kata Tritunggal tidak pernah muncul dalam Alkitab. Tidak satu kalipun! Kata ini bahkan belum muncul pada masa itu. Sebenarnya kata Tritunggal adalah istilah teologia yang kemudian diadopsi oleh orang Kristen untuk menggambarkan apa yang Alkitab ajarkan tentang Tuhan.

3a. Mariam adalah anggota Allah Tritunggal

"Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: "Hai `Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: "Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?" (Sura 5:116).

Ayat ini memuat sebuah kesalahan besar tentang pemahaman pengajaran Kristen mengenai Tritunggal. Islam percaya bahwa pengajaran Kristen mengatakan bahwa Tuhan berhubungan intim dengan Maria, lalu lahirlah Isa. Kita dapat mengatakan pada mereka bahwa Tritunggal bukanlah Bapa, Ibu dan Putra,. Katakan pada mereka, "Anda benar. Hal itu tidak akan pernah terjadi." Kami mempercayai Tritunggal secara rohani.

3b. Tiga Allah

Walaupun kata "Tritunggal" tidak muncul dalam Alkitab, bagaimanapun juga konsep Tritunggal diuraikan dengan jelas di dalamnya. Dalam Islam, Tuhan disebut "Al Adil", artinya "Yang Adil", "Al Wajid", artinya "Penemu atau Pencipta", "Edh Dhur", artinya "berbahaya", dll. dalam daftar 99 nama Tuhan. Walaupun kata-kata ini tidak ada dalam Al-Qur'an, tetapi umat Muslim masih menerima julukan-julukan ini sebagai milik Allah. (lihat "The Muslim doctrine of God", oleh S.M. Zwemer, American tract Society, 1905, hal 39-45)

Seorang Muslim berkata: "Waktu Tuhannya Orang Kristen berjalan-jalan di tepi laut Galilea, maka di sorga kosong!" Dalam pemahaman orang ini masih terselip pengertian bahwa Allah itu seperti manusia. Kalau orang ini sedang pergi ke Mekah, memang dia tidak akan ada di Indonesia, maka jelas bahwa pemahaman orang ini menyamakan Esa-Nya Allah seperti satunya manusia.

3c. Anak Allah

Sayangnya ketika kita mengatakan `Yesus adalah Anak Allah', walaupun yang kita maksud `Dia adalah Firman Allah kekal yang tidak diciptakan, sama dengan Allah dan Ilahi', orang Muslim mendengar dalam pemahaman mereka `Allah berhubungan intim dengan Maria dan dia melahirkan Yesus'. Penting sekali untuk tidak mengatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah pada orang Muslim - hal ini bukannya kompromi dengan Injil, karena ada banyak cara untuk membenarkan keTuhanan-Nya tanpa mengguna-kan ungkapan "Anak Allah" yang dapat disalahmengertikan, sebagaimana kita lihat di bawah ini.

Penggunaan kata ekspresif seperti "anak" atau "bapa" atau "ibu" itu bersifat universal. Kebanyakan orang telah mendengar ungkapan `Ibu segala peperangan' yang digunakan oleh pemimpin Irak yaitu Saddam Husein. Apa arti ungkapan ini? Apakah kita harus mempunyai pemahaman bahwa jika ada `ibu peperangan' maka juga harus ada `bapa peperangan' dan jika mereka hidup bersama maka akan lahir `bayi peperangan'? Tentu saja tidak!

Dalam Al-Qur'an sendiri ada ungkapan `Ibu Kitab (Mother of the Book)' yaitu `Ummul-Kitab' (Q. 13:39). Apakah itu berarti bahwa ada `Bapa Kitab' dan `Putra Kitab' di suatu tempat? Tentu saja tidak. Umat Muslim percaya bahwa ungkapan `Ummul-Kitab' mengacu pada Al-Qur'an asli yang ada di surga dan bahwa salinan Al-Qur'an yang berada dalam dunia adalah ungkapan yang dapat dilihat dari `Ummul-Kitab' yang tidak terlihat.

Petunjuk penting lainnya ada pada sura 2:177 yang dalam bahasa Arab ibni-sabili secara hurufiah berarti `anak jalanan' tapi diterjemahkan `musafir' - seperti Yesus yang bukan Anak Allah secara fisik, demikian juga seorang musafir bukan berayahkan jalanan.

4. Hanya Satu Allah

Kita harus dengan sungguh-sungguh dan jelas menyangkal bahwa kita percaya kepada tiga Tuhan!

Sebenarnya, Kristen Ortodox di Timur Tengah selalu berkata dalam bahasa Arab: "Dalam nama Bapa, Putra, dan Roh Kudus, SATU TUHAN!" (dalam bahasa Arab: "Bismilabi wal-ibni war-ruhi-l-quddus, ALLAH WAHID!"). Dalam menegaskan Tritunggal, kita harus mengakui bahwa Tuhan itu satu.

Misteri - Tidak Ada Penjelasan yang Rasional

Jangan coba-coba memberi penjelasan secara rasional tentang doktrin Tritunggal kepada teman anda yang beragama Islam. Doktrin Allah Tritunggal tidak dijelaskan kepada kita oleh Yesus atau oleh Paulus, melainkan kita melihat bahwa Allah Tritunggal diperlihatkan kepada kita oleh mereka. Allah Tritunggal selalu berkerja dalam Perjanjian Baru. Oleh karenanya kita ingin memperlihatkan kepada teman-teman kita bahwa Allah Tritunggal bekerja dalam penciptaan, memerintah di sorga, menampakkan diri dalam dunia, dan menyelamatkan manusia. Contoh: Yohanes 1:1.

Penegasan dari rahasia Tritunggal merupakan bagian dari penyerahan dan penundukan (`islam') orang Kristen kepada Tuhan di luar segala pemahaman akal budi manusia! Kita berserah kepada Tritunggal yang kudus bukan karena kita dapat mengerti rahasia yang maha mulia ini, tapi karena apa yang telah Tuhan sendiri ungkapkan. Kegagalan kita untuk mengerti atau menjelaskan Tritunggal secara tuntas atau aspek keTuhanan lainnya bukanlah karena adanya kekurangan dalam diri Tuhan atau dalam wahyu-Nya, tetapi lebih kepada hasil dari kenyataan bahwa Allah itu tidak terbatas sedangkan kita terbatas dan demikian pula kemampuan dan akal kita ada batasnya. Jika Tritunggal benar-benar dapat dimengerti, pengertian ini sendiri menjadi indikasi bahwa hal itu adalah kesalahan. Orang Kristen tidak dipermalukan karena Tritunggal sulit dipahami, bahwa kita masih mempunyai masalah yang tidak terungkap, pertanyaan yang tidak terjawab, karena Tritunggal adalah sebuah misteri dan kita berbangga karenanya. (1 Kor 1:31).

Konsep Ketunggalan

1. Ada 9 kata Ibrani yang berbeda untuk kata "SATU." Dari ke sembilan kata tersebut, kata "laki-laki", "wanita", dan "jiwa" yang menggunakan kata yang mengindikasikan "sesuatu", dan tidak pernah digunakan untuk kata Tuhan atau mengungkapkan ketunggalan Tuhan sebab Tuhan bukan seorang "laki-laki", "wanita", atau sebuah "jiwa". Juga ada sebuah kata yang artinya "ketunggalan absolut" Maz 68:7 (sebatang kara), dan kata ini juga tidak pernah dipakai untuk Tuhan.

2. Ada beberapa kata untuk kata "satu" yang mengacu kepada Tuhan tapi kata-kata itu mengindikasikan sebuah "ketunggalan majemuk." Kej 1:5 Hari pertama, gabungan dua hal "malam dan pagi, satu hari". Kej 2:24 Adam dan Hawa menjadi "satu daging" walaupun mereka berdua tetap terpisah secara individual. Mereka dua tapi satu dan satu tapi dua. Kej 11:6 "manusia itu satu" mereka "satu dan banyak" dalam waktu yang sama. Lihat juga Kej 34:16,22; 2 Taw 30:12; Ezra 2:64; Yer 32:39

3. Ul 6:4, ayat utama orang Yahudi yang digunakan untuk mengajar ketunggalan Tuhan menggunakan kata Ibrani yang sama untuk contoh kata "satu" di atas untuk menunjukkan "ketunggalan majemuk." Inilah ingin ditemukan oleh orang Kristen. Ini cara satu-satunya dalam bahasa Ibrani untuk mengindikasikan bahwa Tuhan adalah kesatuan gabungan dari beberapa pribadi dan bukan hanya satu pribadi. Tidak ada lagi kata lain dalam bahasa Ibrani untuk menunjukkan hal ini. Kata Ibrani untuk kesatuan yang absolut tidak pernah dipakai untuk Tuhan.

Ayat-Ayat Pendukung

Kej 1:1-3

Dari sejak permulaan doktrin Tritunggal telah diungkapkan: Tuhan, Firman, dan Roh. Komunikasikan bahwa kita mempercayai Tritunggal rohani bukan Tritunggal biologis.

Kej 1:26

Nama jamak untuk Tuhan. Elohim. Nama ini memungkinkan adanya konsep Tritunggal. Para cende-kiawan telah mencoba untuk mengatakan bahwa penggunaan kata jamak dalam Perjanjian Lama adalah untuk "Keagungan dalam bentuk jamak." Namun, penggunaan kata jamak ini belum dikenal dalam masa Perjanjian Lama.

Bil 6:22-27 Apakah ada 3 Tuhan atau hanya satu?

Yes 6:3 3 kali kata "Kudus" digunakan tapi "mulia" menunjukkan kata tunggal

Markus 12:29-30

Matt 28:17-20 Baptis dalam satu Nama - tidak jamak.

5. Diwahyukan Allah (Janji)

Maz 2:1-12

Sejak semula, bangsa-bangsa memberontak kepada Allah dan Yang Diurapinya. Apa reaksi Tuhan terhadap pemberontakan ini? Dia mengumumkan putra-Nya (ay. 7). Al-Masih adalah jawaban Allah atas pemberontakan manusia. Manusia tinggi hati tapi Al-Masih datang dalam kerendahan. Manusia kotor tapi Al-Masih kudus. Manusia harus mati tapi Al-Masih hidup.

Mazmur ini ditulis lebih dari 1.000 tahun sebelum Al-Masih dilahirkan oleh Maria. Dalam Perjanjian Lama kita menemukan tulisan bahwa Tuhan akan mempunyai Anak secara rohani dan Anak ini akan menjadi manusia. Siapa yang dapat melarang Tuhan untuk mempunyai seorang Anak?

"Hari ini Aku menjadi Bapamu." Sulit bagi seorang Muslim untuk mengerti. Tapi mereka mengerti bahwa ketika Tuhan menjanjikan sesuatu maka Ia akan melakukannya.

Maz 110:1

Ayat ini muncul di Perjanjian Baru sebanyak lima kali. Mengapa ayat ini sedemikian pentingnya bagi gereja mula-mula? Karena ayat ini menunjukkan ketunggalan Tritunggal. Konsep ini juga terlihat di Sura 3:55 "Hai Isa, sesungguhnya Aku akan menyampaikan kamu kepada akhir ajalmu dan mengangkat kamu kepada-Ku." Allah mengangkat Al-Masih kepada diri Allah sendiri dan bukan ke surga.

Yes 9:6

Seorang Putra telah dinubuatkan 700 tahun sebelum kelahiran Al-Masih. Hal ini memperjelas bahwa Tritunggal rohani tidak ada hubungannya dengan Maria. Karena Tuhan menjanjikan hal itu maka Ia akan menggenapinya. Tidak ada satu manusiapun yang dapat menghalangi kehendak Allah.

Mat 1:23

Nama Yesus berarti bahwa Allah bersama kita dan merupakan penggenapan nubuat dalam Yes 7:14

Mat 3:16-17

Hal apa yang paling penting di sini bagi seorang Muslim? Bukan pembaptisan atau burung merpati, tapi suara Tuhan dari surga. Siapa yang dapat menghalangi Dia untuk berbicara? Ketika Ia ingin berbicara tak seorangpun dapat menghentikan-Nya. Perkataan Tuhan berarti wahyu. Dan wahyu ini pasti akan terjadi. Apa yang Tuhan umumkan di sini? "Aku memiliki seorang Putra." Suruh orang Muslim untuk naik ke atas dan tutup mulut Tuhan jika ia bisa.

Mengapa Roh Kudus turun ke atas Al-Masih dalam peristiwa ini? Mengapa Al-Masih dibaptis? Dia tidak pernah berdosa. Al-Masih dibaptis bagi dosa-dosa kita. Dari sejak permulaan pelayanan-Nya Dia menanggung dosa kita dan inilah yang membuat Tuhan berkenan kepada-Nya. Tritunggal muncul disini untuk menunjukkan rahasia salib - Al-Masih adalah pengganti kita!

Yoh 14:8-11

Jika anda ingin melihat Tuhan, pandanglah Al-Masih; pandanglah kekudusan-Nya; kebaikan-Nya, kasih-Nya, kemurahan-Nya. Dalam segala hal Al-Masih adalah satu dengan Tuhan, baik lahir maupun batin.

Yoh 16:13-15

Anggota Tritunggal penuh kerendahan; memuliakan satu sama lain. Tapi dalam Islam, kita menemukan salah satu dari 99 nama Allah adalah "Yang Bangga."

Yoh 17:21-23

Al-Masih berkata, "kita (jamak) adalah satu (kesatuan)." Hal ini dikatakan Al-Masih dalam doa-Nya kepada Tuhan, bukan pengajaran kepada murid-murid-Nya. Apa yang kita saksikan adalah sebuah percakapan dalam Tritunggal. Pernyataan Al-Masih ini adalah kenyataan (realitas) dan tidak memerlukan persetujuan dari siapapun atau apapun lainnya.

Al-Masih berkata, "biarlah mereka menjadi satu seperti kita satu" dan "Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku." Tritunggal bukanlah sesuatu yang dapat anda buktikan dari luar. Tritunggal adalah sebuah misteri di mana anda harus masuk ke dalamnya untuk dapat mengerti.

KESIMPULAN

Tritunggal tidak berarti 3 tuhan tapi KESATUAN!

Kita membaca dalam 1 Yoh 4:8 bahwa "Tuhan adalah Kasih". Perlu kondisi yang bagaimanakah supaya pernyataan itu tergenapi? Untuk setiap peristiwa "kasih", kita memerlukan subyek yang mengasihi, obyek untuk dikasihi, dan pengungkapan kasih itu sendiri. Saya tidak dapat mengasihi jika saya "hanya sendiri". Memusatkan perhatian pada diri sendiri adalah egoisme, bukan kasih. Sekarang, bagaimana Allah MENJADI Kasih jika Ia sendiri dalam "kesendirian" dari kekekalan masa lampau? Tidak ada sifat/atribut Allah yang bergantung pada ciptaan-Nya. Augustinus berkata bahwa Bapa dan Putra saling mengasihi satu sama lain selama-lamanya, saling memberi dan menerima, dan Roh Kudus seperti saluran kasih antara yang satu dengan lainnya.

6. Analogi

Samudera

Bila anda berdiri di tepi pantai, sejauh mata anda memandang tampak lautan yang sangat luas. Waktu anda perhatikan, ombak besar tampak naik di lautan. Ombak mengumpulkan kekuatannya ketika mendekati pantai. Lalu, setelah menerpa pantai dengan keras, ia kembali ke laut tempat ia berasal. Walaupun ombak memiliki identitas dirinya sendiri, namun ombak tidak pernah terpisah dari lautan.

Seperti halnya Al-Masih datang dari Bapa dan kembali kepada Bapa, Ia tetap memiliki identitas pribadi. Ombak tidak pernah terpisah dari lautan, sebagaimana Isa Al-Masih tidak pernah terpisah dari Bapa. Jika anda pernah melihat gelombang, anda pasti pernah melihat lautan. Jika anda pernah melihat Isa Al-Masih, anda juga telah melihat Bapa.

Dan ketika anda berdiri di sisi pantai, anda mengetahui bagian lain dari lautan. Bau air laut yang menyegarkan juga adalah bagian dari laut. Keberadaan udara ini juga terpisah dari laut, tapi benar-benar menyatu dengan laut. Udara itu menyelusup ke segala tempat dan ke sepanjang wilayah pantai. Saat anda mendekati pantai, udara yang khas ini menjadi tanda bahwa kita telah dekat ke laut. Sebenarnya, laut inilah yang menjangkau anda melalui baunya di udara.

Hal ini persis seperti yang dilakukan Roh Kudus. Seperti halnya bau laut menarik orang untuk ke laut, Roh Kudus menarik manusia untuk datang kepada Bapa melalui Isa Al-Masih. Roh, walaupun memiliki keberadaan yang terpisah, tetap satu dengan Tuhan.

Tiga Peran

"Beberapa orang telah menunjukkan pada kenyataan bahwa Muhammad dalam waktu yang sama adalah seorang nabi, seorang suami, dan seorang pemimpin. Lalu mengapa Muslim menolak konsep kejamakan dari fungsi (kepribadian) Allah." ("Answering Islam", by N.L. Geisler & Abdul Saleeb) Baker Books U.S.A. 1993, hal. 269.

Sidik Jari Allah Pada Ciptaan-Nya

Ketika seorang pelukis membuat sebuah gambar, apa yang ada di dalam dia akan direfleksikan pada lukisan yang dihasilkan. Ketika seorang pemahat menciptakan sebuah karya seni, karyanya itu dilahirkan dari pikiran dan hatinya. Karyanya dibentuk oleh kemampuannya untuk berkreatifitas. Para seniman meninggalkan ciri mereka, sesuatu yang hanya dimiliki mereka, sesuatu yang merefleksikan siapakah mereka. Apakah hal ini sama dengan Tuhan? Apakah Tuhan meninggalkan sidik jari pada ciptaan-Nya? Tentu saja ya.

Pada dasarnya, jagat raya mengandung tiga elemen: Waktu, Ruang, dan Keadaan. Masing-masing dari ketiganya mengandung tiga `komponen'

Waktu

Lampau

Kini

Nanti

Ruang

Tinggi

Lebar

Dalam

Wujud

Padat

Cair

Gas


Dalam doktrin Allah Tritunggal, setiap oknum Allah berbeda, tetapi mereka semua adalah Allah.

Dalam istilah "waktu", contohnya, masa lampau berbeda dengan masa kini yang juga berbeda dengan masa depan. Kalau kita berada pada satu titik waktu, kita memiliki masa lampau, masa kini, dan masa depan. Walaupun demikian semuanya tidak disebut tiga "waktu," tapi satu. Mereka semua berbagi sifat yang sama: waktu.

Dalam istilah "ruang", tinggi berbeda dengan luas, yang berbeda dengan dalam, yang berbeda dengan tinggi. Tapi semuanya tidak disebut tiga "ruang", tapi satu. Mereka semua berbagi sifat yang sama: ruang.

Dalam istilah "wujud", padat tidak sama dengan cair, dan tidak sama juga dengan gas, yang berbeda dengan padat. Tapi semuanya tidak dapat disebut tiga "wujud", tapi satu. Mereka semua berbagi sifat yang sama: wujud.

Perhatikanlah bahwa ada tiga set di mana masing-masing set memiliki tiga bagian. Jika kita memperhatikan jagat raya dan menemukan hal seperti ini di dalamnya, adilkah jika kita mengatakan bahwa ada ciri khas sentuhan Allah pada ciptaan-Nya? Saya kira ya.

3 in 1

(dikutip dari Mulai Melangkah Dalam Terang, hal. 57-58)

Kita, sebagai manusia terbatas, tidak dapat memahami bagaimana Allah yang bertiga pribadi tetapi adalah esa/satu. Kita sering mencoba membuat ilustrasi tentang konsep Tritunggal itu, tetapi usaha ini sama sekali tidak memadai. Misalnya, saya dapat mengatakan bahwa seseorang mempunyai tubuh, pikiran dan jiwa - unsur yang manakah yang dinamakan orang? Jelas tiga-tiganya.

Keberatan itu dikemukakan sebagai berikut: 1+ 1 + 1 = 3. Jawaban ini akan benar seandainya cara menghitungnya benar, tetapi sayang sekali, cara menghitungnya salah! Alkitab tidak pernah menyatakan bahwa "Bapa + Anak + Roh = Allah." Pengikut Yesus pun tidak percaya bahwa "Bapa + Anak + Roh = Allah." Baiklah kita uraikan soal yang sama ini dalam bentuk yang berbeda: 1 x 1 x 1 = 1.

Seorang anak sekolah SD mengetahui perbedaan antara menghitung isi kubus dengan jalan "1 x 1 x 1" dan "1 + 1 + 1." Dan guru akan menyalahkannya jika ia mempergunakan 1 + 1 + 1 dalam menghitung isi kubus itu. Asas Tritunggal tidak mengemukakan "jumlah Allah," melainkan "kebesaran Allah" (kebesaran artinya keagungan atau kemuliaan).

Kita tahu bahwa H2O itu mempunyai tiga macam bentuk, yaitu es (beku), air (cair), dan uap. Es bukan air, dan air bukan uap, tetapi es adalah H2O, dan air adalah H2O, dan uap adalah H2O. Satu kesatuan rangkap tiga.

Dengan demikian kita juga dapat mengatakan bahwa Bapa bukan Anak dan Anak bukan Roh, tetapi Bapa itu Allah, Anak itu Allah, dan Roh itu Allah. Sekali lagi kita mendapati bukti yang lengkap tentang kesatuan majemuk atau TRITUNGGAL.

7. Cara Kerja Trinitas

Kita perlu menghindari debat argumentasi teologia dan filsafat tentang Trinitas. Jika kita mencari kata Trinitas di Alkitab, maka kita tidak akan menemukannya. Tetapi yang akan kita temukan adalah banyaknya ayat-ayat yang berbicara tentang seluruh anggota Trinitas. Hanya ada beberapa ayat yang seperti ini, contohnya Mat. 28:20. Tetapi jika kita melihat keseluruhan perikop di mana ke tiga anggota Trinitas dimunculkan di situ, maka kita dapat menemukan 124 kalimat yang di dalamnya terdapat Bapak, Anak dan Roh Kudus. Kenapa harus demikian? Kenapa Trinitas dimunculkan di dalam kalimat-kalimat, bukan di dalam kata-kata atau ayat-ayat? Alasannya adalah karena Trinitas selalu dalam keadaan sedang bekerja sehingga kita memerlukan beberapa ayat untuk menggambarkannya. Trinitas adalah mengenai sifat dasar Allah yang sedang bekerja.

Kej 1:1, 2, 3

Kita melihat Allah, Roh Kudus, dan Firman sedang menciptakan langit dan bumi.

Yoh 1:1

Gema dari Kejadian 1. Di sini kita melihat Trinitas kembali. Pada mulanya adalah Firman (terjadi) karena Bapak mengucapkan-Nya, Firman bersama Allah karena Anak berasal dari Bapak, dan Firman itu adalah Allah karena Allah itulah Roh (Yoh 4:24). Kenyataan bahwa Firman diucapkan menunjukkan bahwa memang ada Allah di situ. Kenyataan bahwa Firman itu tetap ada dan tidak lenyap, menunjukkan bahwa ada Anak di situ. Dan kenyataan bahwa Allah, dalam cara-Nya yang begitu besar, berada di dalam Firman ini menunjukkan bahwa ada Roh di situ.

Yoh 1:3-5

Jadi melalui Trinitas yang sedang bekerja ini, segala sesuatu diciptakan. Saat itu ada kehidupan. Trinitas adalah kehidupan Allah - bukan suatu debat teologia tentang sifat dasar Allah. Kita percaya pada Tuhan yang hidup dan bukan kepada sesuatu yang abstrak yang tidak dapat dimengerti oleh siapa pun. Dia dapat berbicara dan melakukan sesuatu. Dia menyelamatkan, menolong, mencipta, menghakimi - inilah kehidupan Allah. Ketika kita berbicara tentang Trinitas, kita berbicara tentang kehidupan Allah.

Dan kehidupan ini adalah terang manusia. Terang (penciptaan di hari 1-4), kehidupan (penciptaan di hari ke 5) dan manusia (penciptaan di hari ke 6) dapat kita simak dalam Kejadian 1.

Nama Yesus berarti Yahweh menyelamatkan. Yesus menyelamatkan kita dari kematian, yang berarti Dia memberikan kita kehidupan. Ini hanya dapat terjadi melalui Roh Kudus. Kita harus dilahirkan kembali oleh Roh (Yoh 3:5). Hanya Roh yang memberikan kehidupan (Yoh 6:63). Keselamatan kita terjadi di dalam Roh. Yesus sang Anak adalah yang tindakan itu sendiri yang menyelamatkan kita.

8. Apologetika Dari Al-Qur'an

Keunikan Isa Al-Masih

Sura 19:16-35 menulis bahwa Isa dilahirkan oleh perawan; bahwa Isa adalah Roh Allah ada pada Sura 4:171; bahwa Dia adalah Firman Tuhan ditulis pada Sura 4:171; bahwa dia tidak pernah berdosa, ditulis dalam Sura 19:19; bahwa Ia termasyhur di surga dan di bumi, ditulis dalam Sura 3:45; bahwa Ia diangkat ke surga terdapat di Sura 4:158; dan bahwa Ia datang untuk menghakimi dikutip dalam Sura 43:61. Bahkan kebangkitan Isa ditulis dalam Al-Qur'an di Sura 4:157, and 19:15,33.

Kesaksian Al-Qur'an Tentang Monotheisme Kristen

Al-Qur'an menyaksikan bahwa orang Kristen menganut monotheisme dan bukan kafir. Di bawah ini contoh kesaksian Al-Qur'an:

Sura 29:46, "Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli Kitab, melainkan dengan cara yang paling baik.... dan katakanlah: `Kami telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu; Tuhan kami dan Tuhanmu adalah satu; dan kami hanya kepada-Nya berserah diri.'"

Jadi, Al-Qur'an menyaksikan bahwa kita orang Kristen, "para ahli kitab," menyembah satu Tuhan. (Lihat juga Sura 3:113-114; 5:82; 3:55). Kesaksian Al-Qur'an mengenai orang Kristen telah ditunjukkan dengan jelas bahwa mereka menyembah satu Tuhan dan bukan Politheis.

Kesaksian Al-Qur'an Tentang Tritunggal Kudus Kristen

Tritunggal dalam keKristenan adalah sifat dasar Allah, Perkataan-Nya, dan Roh-Nya. Tritunggal inilah yang tertulis dalam Al-Qur'an, "Sesungguhnya Al Masih, `Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya." (Sura 4:171). Dalam ayat ini jelas bahwa Tuhan memiliki:

        kepribadian - "utusan Tuhan"

        perkataan - "dan firman-Nya"

        roh - "dan roh dari Dia"

Kesaksian Al-Qur'an tentang Tritunggal ini adalah apa yang kita orang Kristen katakan dan tidak lebih. Tritunggal tidak menerima politheisme, tapi menyatakan bahwa tidak ada Tuhan lain selain Dia.

Kesaksian Al-Qur'an Bahwa Kristus Adalah Firman Allah

Al-Qur'an menyaksikan dengan jelas bahwa Kristus adalah Firman Tuhan (Sura 4:171).

Inilah sebabnya mengapa tradisi Islam memanggil Yesus "Ruhullah", yang artinya "Roh Allah." Roh Allah (Pikiran) dan Firman (ekspresi dari pemikiran) Allah tidak diciptakan karena apapun yang keluar dari Allah adalah bagian dari-Nya yang karenanya itu bersifat kekal. Jika Tuhan tanpa Pemikiran maka Ia bukan Tuhan; atau jika Ia tanpa Pemahaman maka Ia tidak lagi menjadi Yang Maha Besar dan hal ini adalah hal yang tidak mungkin! Teologia Islam membenarkan kepercayaan ini dengan menyatakan bahwa Al-Qur'an tidak diciptakan dan telah ada dalam kekekalan bersama Tuhan. Di sini kita melihat lagi kejamakan dalam ketunggalan, sesuatu yang lain daripada Tuhan tapi dalam waktu yang sama adalah satu dengan Tuhan.

Sura 3:45, "(Ingatlah), ketika Malaikat berkata: `Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat [195] (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih `Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)."

Terjemahan bahasa Inggris menggunakan kata ganti "whose" (nama"nya") mengacu kepada kata ganti kepunyaan bentuk maskulin dalam bahasa Arab. Hal ini mengindikasikan fakta bahwa sebuah kata di sini bukan berarti sebuah kata sederhana dalam bahasa tapi seorang pribadi. Kita juga menemukan kejelasan hal tersebut dalam perkataan salah satu dari para cendekiawan Islam. ("Fusus al Hukm", Part II, hal. 13,36, oleh Al Shaikh Muhyi al Din al `Arabi).

Kesaksian Al-Qur'an Tentang Roh Kudus

Banyak ayat dalam Al-Qur'an mengatakan bahwa Roh Kudus adalah Roh Tuhan dan Ia mendukung Tuhan Yesus. Hal ini tampak jelas dari ayat berikut:

Sura 5:110, "(Ingatlah), ketika Allah mengatakan: `Hai `Isa putra Maryam, ingatlah ni'mat-Ku kepadamu dan kepada ibumu di waktu Aku menguatkan kamu dengan ruhul qudus. Kamu dapat berbicara dengan manusia di waktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa;'"

Dari kesaksian Al-Qur'an dan para teologia Islam di atas mengenai pengakuan pada Tritunggal yang kepada-Nya kita orang Kristen percaya, hal ini nampak menjadi jelas.

Studi Kasus No. 1 - Inkarnasi Al-Masih

Muslim dan Kristen percaya bahwa kitab suci mereka adalah Firman Allah yang kekal. Tetapi umat Muslim tidak dapat membaca, mengerti, dan mengaplikasikan kitab mereka.

Muslim dan Kristen setuju bahwa:

_ Ada satu Tuhan, dia yang kekal dan pemurah. Firman-Nya juga satu dan kekal.

_ Tuhan harus disamakan dengan perkataan-Nya. Mereka tidak dapat dipisahkan. Pemisahan yang tidak berarti harus dihindari. Jika saya mempercayai perkataan Ahmad berarti saya juga mempercayai Ahmad.

Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana Tuhan memberikan firman-Nya kepada manusia?

_ Dalam Islam, hal ini dilakukan melalui sebuah kitab, yang diberikan kepada Muhammad oleh malaikat Jibrail. Firman Allah yang kekal ada dalam sebuah buku yang dibuat oleh manusia, dalam bahasa manusia, dan disebarluaskan oleh manusia.

_ Dalam keKristenan, Firman menjadi manusia. Yang kekal masuk ke dalam dunia manusia. Yesus adalah manusia dan Firman Tuhan yang kekal.

Pertanyaan "Yesus itu manusia atau Tuhan?" bukanlah pertanyaan yang sah. Jika Firman Tuhan yang kekal dapat berdiam dalam sebuah buku lalu mengapa Firman itu tidak bisa menjadi manusia. Yesus menjadi manusia untuk menyelamatkan umat manusia.

Muslim sulit menerima Yesus karena Tuhan tidak melibatkan diri dalam kehidupan manusia seperti yang Yesus lakukan. Yesus menangis, tertawa, rindu untuk bersekutu.

Yesus adalah bahasa Allah - melalui Dialah kita dapat mengerti Tuhan.

Seorang pendiri gereja Timur, Gregory dari Nyssa, menjelaskan rahasia ini sebagai berikut: Tuhan dengan kekal mengucapkan Firman-Nya (yaitu putra-Nya). Dan ketika dengan kekal mengucapkan Firman-Nya, kemudian muncullah dari mulut-Nya Roh yang kekal (yaitu Roh Kudus, "ruh ul-quddus"), yang melalui-Nya Firman diucapkan. (Nafas memang diperlukan dalam berbicara!) Jadi, dari seluruh kekekalan, Firman dan Roh bekerja sama dengan Bapa! Islam menyatakan hal yang sama mengenai Al-Qur'an sebagai Firman Tuhan!

Studi Kasus No. 2 - Apakah Al-Masih Menyatakan Diri Sebagai Allah?

Pertanyaan:

Tunjukkan kepada saya bagian mana dalam Alkitab yang mengatakan bahwa Isa Al-Masih berkata bahwa Dia adalah Tuhan dan sembahlah saya, sebagaimana kebanyakan orang Kristen pikir dia adalah Tuhan.

Jawaban:

TIDAK ADA. Isa Al-Masih tidak pernah berkata "Aku adalah Tuhan, sembahlah aku."

Misalnya ada seseorang datang kepada anda dan berkata, "Saya adalah Tuhan, sembahlah saya." Akankah anda mempercayai dia? Akankah anda menyembah dia?

Reaksi langsung dari semua penganut monotheisme pada orang seperti itu adalah menyebutnya sebagai penipu dan penghujat. Jika reaksi anda juga demikian, lalu mengapa anda menuntut sesuatu dari Isa Al-Masih yang akhirnya anda tidak dapat terima? Isa Al-Masih mengetahui reaksi alami ini seperti juga orang lain dan melihat tidak ada alasan untuk menyatakan diri-Nya dengan cara bodoh seperti itu. Tapi Ia menyatakan keberadaan diri-Nya dengan cara tidak langsung dan jelas.

Dalam Injil Yohanes, Isa Al-Masih (berbicara mengenai hidup kekal) berkata, "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati." (Yoh 11:25). Perkataan ini dapat disebut hujatan jika bukan diucapkan oleh Tuhan. Ini adalah pernyataan yang luar biasa. Apakah Dia memberi bukti atas otoritas-Nya untuk membuat pernyataan seperti itu? Catatan dalam Alkitab memberitahu secara rinci apa yang terjadi pada waktu itu, tapi pada akhirnya kita membaca, "Setelah Ia mengatakannya, Isa Al-Masih memanggil dengan suara keras, `Lazarus, keluarlah!' Mayat itu keluar, Isa Al-Masih menghidupkannya kembali."

Ketika anda membaca Injil dengan hati-hati, anda akan menemukan sesuatu yang tetap yaitu

· Isa Al-Masih berbicara seperti Tuhan,

· Isa Al-Masih bersikap seperti Tuhan,

· Isa Al-Masih memberi bukti untuk menyatakan otoritas ini dengan benar dengan menunjukkan tanda-tanda ajaib.

Setelah tiga tahun bersama dengan murid-murid-Nya, kita membaca bagaimana salah seorang dari antara mereka meminta kepada Yesus dan ingin diperlihatkan Bapa (Tuhan).

Kata Isa Al-Masih kepadanya, "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, Ia telah melihat Bapa. ...Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri." (Yoh 14:9-11).

Isa Al-Masih mengharapkan murid-murid dan orang-orang di sekitar-Nya untuk mengenali sifat ilahi-Nya dari perkataan-Nya (yang hanya dapat dikatakan oleh Tuhan sendiri) dan dari perbuatan-perbuatan-Nya. Isa Al-Masih memberi bukti yang cukup dan kemudian membiarkan kita untuk menarik kesimpulan sendiri. Setiap orang dapat membuat pernyataan bahwa diri-Nya adalah Tuhan. Tapi hanya Tuhan yang dapat memberi bukti atas pernyataan-Nya.

Studi Kasus No. 3 - Lebih Besar Dari Bait Suci

Bayangkan dalam musim Haji berikutnya, seseorang berdiri di depan Ka'bah di Mekah dan berseru dengan suara yang dapat didengar pada para jemaah haji di "Rumah Allah", mengatakan "Aku lebih besar dari Ka'bah." Apakah dugaan saya salah jika saya pikir dia akan mati kurang dari lima menit? Tidak akankah kumpulan para jemaah haji tersebut segera akan mengakhiri penghujatan itu? Apa artinya, jika seseorang menyatakan dirinya lebih suci daripada tempat paling suci bagi umat Islam?

Untuk menjawab pertanyaan ini, marilah kita melihat arti Bait Suci menurut ayat-ayat suci orang Yahudi. Raja Daud mempunyai kerinduan untuk membangun sebuah bait untuk Allah, tapi Tuhan memberitahu kepadanya bahwa ia tidak diijinkan membangun bait Allah karena raja Daud adalah prajurit. Tapi putranya, yaitu Salomo membangun Bait Allah. Ketika Bait itu selesai, "Kemudian imam-imam membawa tabut perjanjian TUHAN itu ke tempatnya, di ruang belakang rumah itu, di tempat maha kudus, tepat di bawah sayap kerub-kerub...Ketika imam-imam keluar dari tempat kudus, datanglah awan memenuhi rumah TUHAN, sehingga imam-imam tidak tahan berdiri untuk menyelenggarakan kebaktian oleh karena awan itu, sebab kemuliaan TUHAN memenuhi rumah TUHAN." (I Raja-Raja 8:6,10-11)

Dalam Matius 12 Al-Masih berhadapan dengan pemuka agama yang menanyakan soal kebiasaan Al-Masih dan murid-murid-Nya. Dalam konfrontasi ini Isa Al-Masih berkata dalam ayat 6, "Aku berkata kepadamu: Di sini ada yang melebihi Bait Allah." Perkataan itu tentu sangat memukul orang Yahudi. Isa Al-Masih menyatakan diri bahwa Dia lebih besar dari Bait Suci, tempat kehadiran Tuhan di tengah-tengah mereka. Kemudian dalam ayat 14, "Lalu keluarlah orang-orang Farisi itu dan bersekongkol untuk membunuh Dia." Apakah reaksi orang Farisi yang berencana untuk membunuh Al-Masih sangat mengejutkan? Apakah reaksi mereka berbeda dengan apa yang akan dilakukan umat Muslim sejati terhadap orang yang mengatakan sama dengan apa yang Al-Masih katakan?

Dalam Yoh 1:1;14, "Pada mulanya adalah Firman... dan Firman itu adalah Allah. ...Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran." Firman adalah sebutan untuk Al-Masih - dan sebutan untuk Al-Masih ini bahkan digunakan juga dalam Al-Qur'an. Dan "Firman itu ADALAH Tuhan." Dalam kata kerja Yunani dalam kalimat "diam di antara kita" mempunyai akar yang sama dengan kata yang digunakan untuk tempat di mana Tuhan hadir. Sebagaimana kemuliaan Tuhan memenuhi Bait Suci, maka, kita (murid-murid-Nya) telah melihat kemuliaan-Nya (Isa Al-Masih - Firman Tuhan) yang ADALAH Dia yang Esa (yaitu Tuhan).

Itu tadi bukanlah perkataan Isa Al-Masih, tapi dikatakan oleh Yohanes (walaupun dia seorang penganut monotheisme Yahudi yang ketat!), dan banyak orang Islam yang tidak menyukainya, oleh karenanya, marilah kita teruskan dengan perkataan Al-Masih sendiri. "Orang-orang Yahudi menantang Al-Masih, katanya: `Tanda apakah dapat Engkau tunjukkan kepada kami, bahwa Engkau berhak bertindak demikian?' Jawab Al-Masih kepada mereka: `Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali.' Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: `Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?' Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri. Kemudian, sesudah Ia bangkit dari antara orang mati, barulah teringat oleh murid-murid-Nya bahwa hal itu telah dikatakan-Nya dan merekapun percayalah akan Kitab Suci dan akan perkataan yang telah diucapkan Yesus." (Yoh 2:18-22). Yesus sendiri membandingkan tubuh-Nya dengan Bait Suci. Apakah Bait Suci? Bait Suci adalah "Tempat berdiam Allah di bumi". Tempat di mana Tuhan bertemu dengan orang Israel dan berbicara dengan mereka.

Sesaat sebelum penyaliban-Nya, kita membaca dalam Yoh 14:6, "`Akulah jalan, dan kebenaran, dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.'" Al-Masih (dan dalam hal ini Dia secara fundamental tidak seperti para pendiri agama lain, termasuk Muhammad) tidak mengatakan: Aku tahu kebenaran dan Aku telah menyampaikannya kepadamu. Ia juga tidak berkata: Ikutilah perkataanku, karena dengan demikian kamu akan menemukan hidup. Al-Masih berkata: AKULAH Kebenaran, AKULAH Hidup.

Kategori Bahan Indo Lead: 
Jenis Bahan Indo Lead: 
File: 
AttachmentSize
isa_almasih.doc200 KB

Komentar