Panduan Pelatihan Sesi 8

PANDUAN BAGI PELATIH SESI 8

PANDUAN BAGI PELATIH

-SHAPE-

SESI 8

Personality (Kepribadian)
Akan sangat penting bagi Anda, pelatih, untuk membiasakan diri dengan Survei/Inventarisasi Keirsey dan Bahan-bahan Pengantar. Inventarisasi Keirsey merupakan alat yang memberi hasil yang serupa dengan Survei MBTI. Namun, Inventarisasi Keirsey tidak memiliki andalan penelitian dan pengalaman bertahun-tahun seperti halnya MBTI. MBTI sendiri belum diterjemahkan -proses ini membutuhkan izin hak cipta dan pengujian sebelum dapat dipastikan survai tersebut benar-benar dapat diandalkan karena sifat dari strukturnya. Juga, menurut etika, MBTI tidak dapat diberikan dan diartikan tanpa pelatih yang berijazah. (Saya, Linda Hairgrove memiliki ijazah ini, dan akan mempertimbangkan pertemuan follow-up jika bermanfaat.) Kita sedang menginjak jalan tengah mengenai etika dari hal-hal di atas. Itu sebabnya sangatlah penting untuk menggunakan bahan-bahan pengantar sebagai panduan dalam memutuskan gaya seseorang, bukan hanya hasil angka dari survai. Catatan lebih lanjut di bawah.

Para peserta perlu memliki lembaran berikut ini:
(Bagikan pada saat akan digunakan, jangan seluruhnya pada awal pertemuan)

  • 'Different Drummers'
  • Inventarisasi Keirsey
  • Bahan-bahan Pengantar untuk Memahami Extroversi/Introversi
  • Bahan-bahan Pengantar untuk Memahami MBTI/Keirsey
  • Deskripsi MBTI - Tinjauan singkat mengenai keenambelas tipe
  • Menurut Kepribadian Anda …
  • Profil SHAPE Pribadi
  • Lembaran Umpan Balik

    Jadwal dan Catatan untuk 2 jam pertemuan:
    1. Doa Pembuka dan Pembukaan - 10 menit
    2. Inventarisasi Keirsey - 30 menit
    3. Memperkenalkan Prinsip Gaya MBTI - 10 menit
    4. Merangkum Lingkungan Terbaik dan Keseimbangan Pribadi - 30 menit
    5. Merangkum semuanya: Diskusi umpan balik kelompok besar atau memulai Profil SHAPE Pribadi - 30 menit
    6. Doa Penutup - 10 menit

    1. Doa Pembuka dan Pembukaan - 10 menit
    Doa - kemudian baca 'Different Drummers'

    2. Inventarisasi Keirsey - 30 menit
    Inventarisasi Keirsey merupakan alat untuk menolong kita memahami lebih banyak tentang preferensi/pilihan pribadi dan bagaimana hal itu membentuk cara kita untuk mendapatkan kekuatan atau semangat, mengumpulkan informasi, membuat keputusan dan gaya mengatur pendekatan kita terhadap hidup.
    Minta peserta mengerjakan Inventarisasi Kepribadian Keirsey. Petunjuknya mudah dimengerti - pilihlah salah satu. Ketika mereka selesai, jawaban dipindahkan ke Lembar Jawaban diakhir survei. Lihat contoh.

    3. Memperkenalkan Prinsip Gaya MBTI - 10 menit
    Dalam kelompok, bahas prinsip-prinsip yang terdapat dalam daftar. Biasakan diri Anda dengan bahan ini terlebih dahulu. Mungkin bidang yang paling sering disalah mengerti ialah ekstroversi dan introversi. Kita sering kali memikirkan bahwa seorang introvert ialah seorang yang tidak pandai bergaul dan cenderung menyendiri. Namun, dalam konteks ini, introvert ialah orang yang merasa bahwa mereka mendapatkan kekuatan dan semangat dengan lebih banyak dengan cara melakukannya sendiri. Apa yang Anda lakukan jika Anda secara emosional letih? Pada umumnya, seorang introvert akan ingin pulang ke rumah, menghabiskan waktu sendirian, atau dengan orang-orang yang sangat dekat dengan mereka dan tidak banyak menuntut. Seorang ekstrovert akan lebih cenderung untuk pergi ke 'pesta', yaitu berada di sekeliling orang banyak dan mereka akan merasa semangat dengan cara itu. Anda bisa membayangkan potensi untuk terjadinya kesalahpahaman dalam bidang ini antara pasangan atau teman dekat. Bahkan dalam keluarga. Bagi keluarga kami (LH), dengan empat anak yang memiliki gaya yang sama sekali berbeda, ini merupakan prinsip yang menolong untuk menemukan keseimbangan.
    Inventarisasi ini bukan ujian yang menyatakan siapa diri Anda. Pribadi yang bersangkutan ialah orang yang berhak menentukan hal itu. Sangat penting utnuk membaca pasangan deskripsi tersebut. Ada kalanya seseorang merasa bahwa deskripsi yang satu lebih cocok dengan dirinya dibandingkan dengan deskripsi yang terindikasi oleh skor. Hal ini sangat tepat bila skor tidak beda jauh. Dalam hal ini, lebih dari satu deskripsi gaya bisa berlaku. Intinya bukan untuk mengkotakkan seseorang tapi memberi pengertian kepada mereka untuk mengerti dan mengembangkan diri, serta lebih memahami orang lain untuk menuju komunikasi yang lebih harmonis.

    4. Merangkum Lingkungan Terbaik dan Keseimbangan Pribadi - 30 menit
    Minta peserta membaca deskripsi-deskripsi yang sesuai dengan mereka. Kemudian minta mereka mengerjakan rangkuman pada lembar kerja, 'Menurut Kepribadian Anda …'

    5. Merangkum semuanya: Diskusi umpan balik kelompok besar atau memulai Profil SHAPE Pribadi - 30 menit
    Inilah saatnya untuk mengumpulkan semua bahan. Anda harus menggunakan perasaan apa yang paling diperlukan sekarang. Saya (LH) merasa akan sangat bermanfaat untuk mengadakan diskusi kelompok tentang umpan balik mengenai apa arti proses pelajara SHAPE bagi mereka dan apa tindak lanjut mereka ke depan. Saya akan senang bila ada catatan mengenai komentar-komentar dari peserta jika Anda memilih menggunakan cara ini. Namun, Anda juga dapat meminta mereka mengerjakan Profil SHAPE Pribadi yang merupakan PR untuk mempersiapkan mereka menghadapi seminar bulan Desember yang telah Anda persiapkan.
    Mohon peserta juga mengisi lembaran Umpan Balik, dan diserahkan pada waktu mereka kembali dengan Lembaran Profil SHAPE Pribadi mereka pada bulan Desember.

    6. Doa Penutup - 10 menit
  • Kategori Bahan Indo Lead: 
    Jenis Bahan Indo Lead: 
    File: 
    AttachmentSize
    pelatihan_sesi8.doc32 KB
    pelatihan_sesi8.htm5 KB

    Komentar