Panduan Pelatihan Sesi 6

PANDUAN BAGI PELATIH

PANDUAN BAGI PELATIH

SESI 6

Pengalaman

Anda, pelatih, akan membutuhkan salinan mengenai "Look Out Baby, I'm Your Love Man"

Para peserta perlu memiliki lembaran-lembaran berikut: (Bagikan pada saat akan digunakan, jangan sekaligus pada awal pertemuan)

  • Pengalaman Hidup
  • Tahap Pengembangan
  • Prinsip untukMemproses Pengalaman Hidup
  • Tugas mengenai Pengalaman Hidup
  • Lembar Kerja - Pengalaman Hidup (sediakan 4 lembar untuk setiap peserta)
  • "Musa"
  • Menciptakan Profil 'SHAPE'
  • Tahapan dan Kebutuhan Hidup

    Penjadualan dan Catatan untuk 2 jam pertemuan

    1. Cerita dan Doa pembuka - 15 menit
    2. Tugas mengenai Pengalaman Hidup: Penjelasan dan waktu pribadi - 1 jam 5 menit
    3. Istirahat - 10 menit
    4. Menciptakan Profil 'SHAPE' - 20 menit
    5. Penugasan dan Doa Penutup - 10 menit

    1. Cerita dan Doa pembuka - 15 menit

    Mulai dengan membacakan cerita "Look Out Baby, I'm Your Love Man" sebagai sebuah contoh mengenai seseorang yang mempunyai keinginan yang kuat dan bagaimana dia mengejar impiannya itu. Meskipun tidak terlalu mencerminkan kehidupan kekristenan, contoh ini memcerminkan bagaimana Allah bekerja dalam hidup kita, memberikan kita sebuah hasrat, memberikan jalan untuk mengembangkannya dan menunjukkan kepada kita bagaimana menggunakannya dalam waktu yang ditentukan-Nya. Perhatikan juga bagaimana ia terus berkembang dalam kehidupannya jauh melampaui keinginannya pada mulanya yaitu menjadi disc jockey. Hal ini berkaitan dengan beberapa contoh dari ceramah Jamie Winship kemarin, yaitu bagaimana sebuah keinginan bisa berkembang menjadi keinginan-keinginan lainnya. Pikirkan hambatan apa yang dihadapi pemuda ini dan langkah-langkah apa yang dia ambil untuk mewujudkan impiannya - ingat pada diskusi yang Anda lakukan kemarin.

    2. Tugas mengenai Pengalaman Hidup: Penjelasan dan waktu pribadi - 1 jam 5 menit

    Bagian ini akan memakan waktu yang cukup lama ketika mereka bekerja sendiri-sendiri. Anda dapat membacakan untuk mereka (atau meminta seseorang membacakannya) kutipan-kutipan dari "Pengalaman Hidup". Kemudian lihat kembali pada "Tahapan Pengembangan". Ini merupakan pola yang diamati oleh Robert Clinton, seorang 'ahli' di bidang kepemimpinan setelah mempelajari kehidupan dari ratusan pemimpin. Para pemimpin ini adalah orang-orang yang memiliki pengaruh yang kuat terhadap orang banyak, bukan hanya pada orang-orang yang berkedudukan tinggi. Kepemimpinan diungkapkan dalam berbagai cara - dari guru sekolah minggu , karyawan kantor, sampai presiden. Tekanan di sini ialah untuk mengamati bahwa Allah mempunyai rencana kerja untuk kita sebelum Dia bekerja terutama melalui kita. Sering kali kita tidak berpikir dalam urutan yang demikian, tapi sangat ingin menjadi efektif. Ketika kita melihatnya dari sudut pandang ini, kita akan cenderung untuk menghargai beragam dan lebih banyak pangalaman dalam masa awal kehidupan kita, khususnya melihat pengalaman sebagai benih di mana kedewasaan dan pelayanan dari pola 'SHAPE' kita bertumbuh.

    Sekarang, bagikan 'Prinsip untuk Memproses Pengalaman Hidup dan Lembar Kerja - Pengalaman Hidup. Biasakan diri Anda dengan petunjuk cara melakukan penugasan ini sehingga Anda dapat membimbing para peserta seperlunya.

    3. Istirahat - 10 menit
    Anda pasti sudah sangat membutuhkannya sekarang!

    4. Menciptakan Profil 'SHAPE' - 20 menit

    Bacalah deskripsi Musa dan sebagai kelompok, buatlah pengamatan tentang masing-masing bidang dari 'SHAPE' dan bagaimana mereka saling mempengaruhi. Lebih baik jika menggunakan whiteboard atau selembar kertas besar untuk kegiatan ini. Latihan ini seharusnya menjadi contoh untuk tugas mendatang.

    5. Penugasan dan Doa penutup - 10 menit
    Tugas mereka untuk pertemuan berikutnya ialah
  • Memilih seorang tokoh Alkitab lainnya dan membuat sketsa 'SHAPE' tentang tokoh tersebut. Mereka diminta untuk membuat catatan, tapi juga untuk menuliskan paling tidak beberapa kalimat atas pengamatan mereka tentang bidang-bidang dalam 'SHAPE' yang saling mempengaruhi. Perhatikan juga perkembangan dalam pengalaman hidup mereka.
  • Membaca "Tahapan dan Kebutuhan Hidup" serta membuat catatan tentang bagaimana hal tersebut berhubungan dengan kehidupan mereka masing-masing.

  • Kategori Bahan Indo Lead: 
    Jenis Bahan Indo Lead: 
    File: 
    AttachmentSize
    pelatihan_sesi6.doc33 KB
    pelatihan_sesi6.htm4 KB

    Komentar