Panduan Pelatihan Sesi 1

PANDUAN BAGI PELATIH

SESI 1

Pengantar dan Pandangan Sekilas

Para peserta perlu memiliki lembaran-lembaran berikut:
(Bagikan selebaran sewaktu diperlukan, jangan dibagikan sekaligus pada awal pertemuan)

  • Apakah "SHAPE" itu?
  • Allah Telah Menggubah Anda agar Bermakna (Kutipan ayat-ayat Alkitab)
  • Menemukan Bentuk Anda (Tujuan Proses SHAPE)
  • Allah Telah Menggubah Anda agar Bermakna (Garis besar dari ceramah Bpk. Paul Stanley)
  • Anda terbuat dari … (Lembaran `puzzle`)
  • Pemisah Bab: Judul untuk setiap bab dari buku catatan SHAPE

Sebagai pelatih Anda sebaiknya sudah terbiasa dengan bahan-bahan ini jauh sebelum seminar diadakan.

Penjadwalan dan pencatatan untuk 2 jam pertemuan

(30 menit)
  1. Apakah SHAPE itu ? Bagikan selebaran pertama "Apakah SHAPE itu ?" Lalu sebagai kelompok, tinjau setiap bab, dengan memperhatikan ayat-ayat yang tercantum pada selebaran. Peninjauan ini dimaksudkan untuk memandang secara sepintas, bukan untuk menelaah secara mendalam.

  2. Berikut, pusatkan perhatian pada selebaran "Allah Telah Menggubah Anda Agar Bermakna." Baca ayat-ayat yang tercantum pada selebaran itu lalu usahakan mereka merenungkan makna kata bahasa Yunani "poiema." Makna kata itu lebih luas daripada kata "buatan" dalam terjemahan Alkitab bahasa Indonesia. Tekankan bahwa kita sedang berusaha menemukan rancangan yang telah dikaruniakan Allah pada kita. Ini merupakan proses penemuan, bukan penciptaan.

  3. Selebaran "Menemukan Bentuk Anda." Bersama-sama tinjaulah tujuan-tujuan dari pengalaman ini. Pentingnya butir keempat adalah bahwa "menyampaikan dengan jelas" berarti mampu menerangkan, dalam tulisan atau secara lisan, tentang karunia-karunia, kemampuan, pengalaman dan seterusnya. Anda boleh memberikan sebuah contoh tentang bagaimana hal ini terlaksana dalam suatu wawancara kerja jika seseorang meminta Anda untuk berceritera tentang diri Anda. Anda bisa mengangkat bahu dan bingung, atau Anda bisa menerangkan secara jelas dan objektif beberapa hal yang cocok dengan penggolongan dalam SHAPE Anda. Anda tidak sedang bersikap sombong atau angkuh dalam mengungkapkan apa yang telah dilakukan Allah pada Anda dan melalui Anda khususnya bila Anda bertujuan memuliakan Dia. Anda juga akan mengetahui lebih baik bagaimana melihat dengan cermat kalau suatu peluang tertentu mungkin tampak tidak cocok dengan Anda, dan mengapa, atau bagaimana, jika Anda harus bekerja dalam situasi itu. Anda mungkin harus membuat penyesuaian atau mendapatkan orang lain untuk bekerja dengan Anda yang melengkapi kelebihan-kelebihan Anda.

(45 menit)
Dengar dengan penuh perhatian ceramah Bpk. Paul Stanley tentang SHAPE. Gunakan garis besar yang disediakan untuk membuat catatan. Naskah ceramah tersebut dapat disampaikan langsung oleh pelatih daripada didengarkan. Naskahnya terdapat dalam file Transcription-Shape.doc

(20 menit)
"Anda terbentuk dari … ?" Rujuklah pada selebaran dimaksud lalu gunakan contoh dari puzzle yang memiliki potongan-potongan yang bertautan satu sama lain yang akan menjadi gambar yang lebih besar. Potongan-potongan itu seluruhnya diperlukan jika kita mampu menghargai gambar yang seutuhnya. Lebih lanjut, bayangkan bahwa setiap orang memiliki lima potongan yang saling bertautan satu sama lain agar tersusun bentuk dari pribadi itu. Setiap kelompok yang terdiri dari lima potongan akan memiliki bentuk istimewanya sendiri. Setiap potongan tersebut dapat mewakili lima unsur dari SHAPE itu, yang sebetulnya juga saling bertautan satu sama lain. Semua saling berhubungan.

(3 menit)
Sekarang gunakan 17 menit yang tersisa bagi setiap peserta untuk menggunakan waktu sendirian memikirkan tentang apa yang telah mereka tahu mengenai setiap bidang SHAPE. Maksud dari latihan ini ialah agar mereka mulai proses berpikir dan mengambil gambar "jepretan" dari apa yang mereka mengerti saat ini. Hal ini akan bertambah selama beberapa bulan berikut, sehingga pada akhir proses mereka akan menyadari pengertian mereka lebih lengkap dibanding dengan pada waktu mereka memulia proses tadi. Adalah wajar bila Anda tidak tahu apa yang harus diisi pada salah satu potongan puzzle. Hal itu dapat mempertinggi penantian atas apa yang Allah bermaksud singkapkan dalam "karya seni-Nya" dalam diri Anda.

(20 menit)
Bentuk kelompok-kelompok yang terdiri dari 3-4 orang. Maksud dari penggunaan waktu ini ialah untuk membagikan beberapa penglihatan yang telah Anda raih atau ingin raih melalui proses ini. Umpan balik dari orang lain merupakan segi yang sangat penting dalam meraih pandangan tentang rancangan yang dimiliki Allah dalam kita. Karenanya, sungguh bermanfaat untuk membiasakan diri membagikan proses penemuan Anda, bahkan jika hal itu terasa sedikit sulit. Kita tidak sedang mencoba menarik perhatian pada diri kita, tapi menjadi alat-alat yang dapat digunakan Allah dengan luar biasa.

Hal berikut dapat berperan sebagai panduan dalam pembahasan:

Mungkin paling mudah untuk mulai dengan melihat pada bidang-bidang kemampuan dan karunia rohani. Bagikan pengamatan yang Anda peroleh. Berkenaan dengan kemampuan, Anda tidak harus merasa seperti seorang pakar di suatu bidang kemampuan untuk mencantumkannya. Itu mungkin saja berupa sesuatu yang Anda benar-benar senang mengerjak dan sedang kembangkan, sebagai contoh keterampilan menulis atau memainkan alat musik. Di bidang karunia rohani, barangkali bagikan suatu contoh bagaimana Anda telah melihat karunia itu bekerja dalam hidup Anda. Hal itu mungkin saja sesuatu yang menggembirakan Anda. Umpan balik apa yang dapat disampaikan orang lain dalam kelompok Anda pada Anda? Bidang-bidang mana yang paling sedikit Anda ketahui? Impian-impian (keinginan, beban, dst.) tertentu apa yang telah ditempatkan Allah dalam hati Anda? Hal-hal itu tidaklah harus dikemukakan secara rinci dan khusus, tapi, sebagai contoh, boleh menggambarkan cara di mana Anda ingin dilibatkan bersama orang lain.

(5 menit atau lebih jika masih tersisa waktu)
Akhiri pertemuan dalam doa - dengan menaikkan pujian pada Bapa, Perancang Agung kita, dan atas bimbingan-Nya sewaktu kita berusaha menemukan karyaNya dalam diri kita dan dipergunakan oleh Dia.

Kategori Bahan Indo Lead: 
Jenis Bahan Indo Lead: 

Komentar