Kemurahan Hati

KEMURAHAN HATI:

LILIN ANDA TAKKAN RUGI JIKA MENERANGI ORANG LAIN


Tak seorang pun pernah diberikan kehormatan atas apa yang diterimanya. Kehormatan diberikan sebagai imbalan atas apa yang diberikannya.
Calvin Coolidge, Presiden Amerika-

Memberi adalah tingkat kehidupan tertinggi
John C. Maxwell-
DIMULAI DARI HATI

Jika Anda bayangkan orang-orang yang murah hati, siapakah yang Anda ingat? Apakah Anda bayangkan jutawan dermawan dari jaman peralihan abad seperti Andrew Carnegie, J.P. Morgan, atau Andrew Mellon? Apakah Anda membayangkan para dermawan modern seperti Bill Gates dan Joan Kroc? Orang-orang tersebut telah menyumbangkan jutaan dolar. Namun saya ingin memperkenalkan Anda kepada seorang pemberi lainnya. Ia adalah seorang yang mungkin belum pernah Anda dengar namun ia memperlihatkan sifat pemberi yang paling mendalam, yang hanya dapat keluar dari dalam hati.

Namanya adalah Elizabeth Elliot. Di awal tahun 1950-an, ia mendampingi sekelompok misionari ke Ekuador dengan harapan menjangkau suku Indian Quichua. Diantara kelompok tersebut ada seorang pemuda bernama Jim yang telah memacarinya sejak tahun 1947. Sementara mereka bekerjasama dan memberikan hidup mereka untuk melayani suku Indian di Ekuador itu, akhirnya mereka memutuskan untuk saling memberi diri masing-masing dan menikah.

Mereka telah hidup bersama kira-kira dua tahun dan memiliki seorang puteri berusia sepuluh bulan bernama Valerie ketika Jim dan empat misionari lainnya merasa terpanggil untuk mengadakan kontak dengan sekelompok suku Indian lainnya yang tinggal di daerah yang disebut Auca. Suku Indian ini memiliki reputasi sebagai suku yang kejam. Catatan kontak yang paling awal dengan mereka adalah ketika mereka membunuh seorang imam pada tahun 1960-an. Semenjak itu mereka menyerah setiap orang luar yang coba-coba mendekatinya. Bahkan suku Indian lain di Ekuador menghindari mereka karena kebrutalan mereka.

Sementara Jim serta lainnya bersiap-siap mengadakan kontak, Elizabeth tahu bahwa kelima pria itu meresikokan nyawa mereka, namun tekadnya teguh. Mereka berdua telah memberikan hidup kepada misi ini. Selama beberapa minggu, seorang pilot misionari menerbangkan sebuah pesawat kecil diatas desa Auca dan menjatuhkan persediaan makanan serta barang-barang lainnya sebagai hadiah. Mereka bahkan menjatuhkan foto-foto mereka sendiri untuk mempersiapkan suku tersebut mengadakan kontak yang pertama.

Beberapa minggu kemudian, Jim dan empat lainnya mendarat di sebuah pantai di Sungai Cuararay dan mendirikan kemah. Disana mereka mengadakan kontak dengan tiga orang suku Auca - seorang pria dan dua wanita - yang tampaknya bersahabat dan menerima. Dan dihari-hari berikutnya, mereka berjumpa dengan beberapa suku Auca lainnya. Lewat radio mereka beritahu para istri masing-masing bahwa mereka tampaknya berhasil membuat kemajuan dalam bersahabat dengan suku tersebut.

Namun beberapa hari kemudian, kelima pria ini tidak lagi menghubungi basis di saat yang biasanya. Istri mereka menunggu kabar mereka dengan sia-sia. Menit berlalu, lalu jam, lalu satu hari. Elizabeth serta lainnya membayangkan yang terburuk.

Sebuah tim pencari diutus untuk mencari mereka dan mengirimkan kabar buruk lewat radio. Mereka telah melihat tubuh seorang pria berkulit putih terapung di sungai. Para pencari itu pun menemukan mereka satu per satu. Masing-masing telah ditombak oleh suku Auca itu. Kelimanya tewas.

Di bawah keadaan seperti itu, banyak orang yang akan pulang jika menjadi Elizabeth Elliot. Bersedia mengorbankan kehidupan yang nyaman di Amerika Serikat demi menolong orang lain adalah suatu hal, merelakan pasangan sendiri adalah hal lain lagi. Namun Elliot benar-benar memiliki hati yang murah. Terlepas dari kemalangannya itu, ia masih ingin menolong warga Ekuador. Ia tetap tinggal disana dan melayani suku Quichua dengan siapa ia tinggal.

Yang terjadi setelah itu lebih menakjubkan lagi. Misionari lainnya terus mencoba mengadakan kontak dengan suku Auca. Dan setelah beberapa tahun, mereka akhirnya berhasil. Elizabeth langsung berangkat ke desa itu. Untuk menuntut balas? Bukan, untuk bekerja dan melayani mereka. Elliot tinggal dan bekerja di antara suku Auca itu selama dua tahun, dan banyak dari mereka yang dengan senang hati menerima pesan akan kasih Allah yang diwartakannya - termasuk dua dari tujuh pria yang telah membunuh suaminya.

MENGUNGKAPKANNYA

Tak ada yang lebih jelas berbicara kepada seseorang atau melayaninya dengan lebih baik ketimbang kemurahan hati seorang pemimpin. Kemurahan hati sejati bukanlah suatu kejadian sesekali. Kemurahan hati berasal dari dalam hati dan merembes ke seluruh aspek kehidupan seorang pemimpin, menyangkut waktunya, uangnya, talentanya, dan harta bendanya. Para pemimpin yang efektif, yang menjadi panutan, tidaklah mengumpulkan barang-barang bagi diri sendiri; mereka melakukannya untuk membaginya kepada yang lain. Kembangkanlah kualitas kemurahan hati dalam hidup Anda. Beginilah caranya:

  1. Bersyukurlah atas apa pun yang Anda miliki

    Sungguh sulit bagi seseorang untuk bersikap murah hati jika ia sendiri tidak puas dengan yang dimilikinya. Kemurahan hati timbul dari kecukupan diri, dan bukan dari mendapatkan lebih. Jutawan John D. Rockefeller mengakui, "Saya sudah punya jutaan, tapi saya tidak jadi bahagia karenanya". Jika Anda tidak puas dengan jumlah kecil, Anda takkan puas dengan jumlah besar. Dan jika Anda tidak murah hati ketika memiliki sedikit, Anda takkan berubah tiba-tiba ketika Anda menjad kaya.

  2. Dahulukan orang lain

    Ukuran seorang pemimpin bukanlah jumlah orang yang melayaninya, melainkan jumlah orang yang dilayaninya. Kemurahan hati menuntut kita untuk mendahulukan orang lain. Jika Anda dapat melakukannya, memberi menjadi lebih mudah.

  3. Jangan Biarkan Diri Anda Dikuasai oleh hasrat memiliki

    Menurut teman saya, Earle Wilson, manusia dapat dibedakan menjadi tiga kelompok: "Yang kaya, yang miskin, dan yang tidak membayar atas apa yang mereka miliki". Semakin banyak orang yang diperbudak oleh hasrat memiliki. Penulis Richard Foster menulis, "Hasrat memiliki telah menjadi obsesi dalam kebudayaan kita. Jika kita memilikinya, kita merasa dapat mengendalikannya, kita merasa akan mendapatkan kesenangan darinya. Ini sesungguhnya hanya ilusi". Jika Anda ingin menguasai hati Anda, jangan biarkan harta benda menguasai Anda.

  4. Anggaplah uang itu sebagai sumber daya

    Seseorang pernah mengatakan bahwa dalam soal uang Anda tidak mungkin menang. Jika Anda memfokuskan diri untuk mengumpulkan uang, Anda materialistis. Jika Anda berusaha namun tidak mendapatkan uang, Anda pecundang. Jika Anda mendapatkan banyak uang dan menyimpannya, Anda kikir. Jika Anda mendapatkannya dan membelanjakannya, Anda pemboros. Jika Anda tidak memusingkan tentang uang, Anda tidak ambisius. Jika Anda mendapatkan banyak uang dan masih menyimpannya ketika Anda meninggal, Anda bodoh - karena mencoba membawanya serta.

    Satu-satunya cara untuk benar-benar menang terhadap uang adalah dengan memegangnya tidak terlalu erat - dan bersikap murah hati untuk mencapai hal-hal yang bernilai. Seperti yang dikatakan oleh E. Stanley Jones, "Uang adalah hamba yang mengagumkan namun majikan yang mengerikan. Jika Anda dikuasai oleh uang, Anda akan menjadi budaknya".

  5. Kembangkan kebiasaan memberi

    Pada tahun 1889, industriawan jutawan Andrew Carnegie menulis sebuah cerita pendek berjudul "Gospel of Wealth". Di dalamnya ia mengatakan bahwa dalam kehidupan seorang yang kaya seharusnya ada dua periode: masa mendapatkan kekayaan serta masa membagi-bagikannya. Satu-satunya cara untuk mempertahankan sikap murah hati adalah dengan mengembangkan kebiasaan untuk memberi - waktu Anda, perhatian Anda, uang Anda, dan sumber-sumber daya Anda. Richard Foster menasehati, "Merelakan uang atau harta lainnya saja, akan mengakibatkan sesuatu terjadi di dalam diri kita. Yaitu menghancurkan iblis keserakahan". Jika Anda diperbudak oleh keserakahan, Anda takkan dapat memimpin.

MERENUNGKANNYA

Apakah Anda seorang pemimpin yang murah hati? Apakah Anda terus mencari cara-cara utnuk memberikan nilai tambah kepada orang lain? Apakah Anda memberikan uang demi sesuatu yang lebih besar ketimbang diri Anda? Dan kepada siapakah Anda berikan waktu Anda? Apakah Anda mencurahkan hidup Anda untuk orang lain? Apakah Anda menolong mereka yang tak dapat membalasnya kepada Anda? Penulis John Bunyan menegaskan, "Anda belum benar-benar hidup hingga melakukan sesuatu bagi seseorang yang takkan pernah dapat membalas budi Anda". Jika Anda tidak memberi dalam hal-hal kecil dalam hidup Anda, mungkin Anda bukan pemimpin yang murah hati seperti yang seharusnya.

MENERAPKANNYA

Untuk meningkatkan kemurahan hati Anda, lakukanlah yang berikut:

  • Berikanlah sesuatu dengan cuma-cuma

    Renungkanlah seberapa jauh harta Anda menguasai Anda. Ambillah sesuatu yang benar-benar Anda hargai, pikirkanlah seseorang yang Anda pedulikan, yang dapat memperoleh manfaat dari barang tersebut, dan berikanlah kepadanya. Jika Anda dapat melakukannya, tanpa menyebutkan nama Anda, malah lebih baik lagi.

  • Upayakan agar uang Anda bermanfaat

    Jika Anda kenal seseorang yang memiliki visi untuk melakukan sesuatu yang benar-benar besar - sesuatu yang akan memberikan dampak positif terhadap kehidupan orang lain - berikanlah sumber daya baginya untuk melaksanakannya. Upayakanlah agar uang Anda bermanfaat sekalipun Anda telah tiada.

  • Carilah seseorang untuk Anda bimbing

    Begitu Anda mencapai tingkatan tertentu dalam kepemimpinan Anda, hal yang paling berharga yang dapat Anda berikan adalah diri Anda sendiri. Carilah seseorang kepada siapa Anda dapat mencurahkan hidup Anda. Lalu berikanlah waktu serta sumber-sumber daya Anda kepadanya agar menjadi pemimpin yang lebih baik.

MELATIHNYA SETIAP HARI

Ketika penulis Perancis terkenal, Dominique Lapierre pertama kalinya pergi ke India utnuk melakukan riset untuk buku barunya, ia sungguh bergaya - dengan sebuah sedan Rolls Royce tipe Silver Shadow yang baru saja dibelinya dengan uang muka untuk buku barunya. Selama berada di sana, ia mendapatkan apa yang dibutuhkannya untuk bukunya, The City Of Joy. Namun ia juga mendapatkan sesuatu yang lain: semangat untuk menolong yang miskin serta melarat disana. Temuan itu mengubah hidupnya selamanya. Sekarang ia membagi waktunya untuk menulis, mengumpulkan dana, dan menyumbangkan waktu serta uang untuk membantu orang lain. Sikapnya dapat dirangkum dengan kata-kata penyair India, Rabindranath Tagore yang dicetak di bagian belakang kartu nama Lapierre: "Segalanya yang tidak diberikan, akan hilang". Apakah yang hilang sekarang ini gara-gara Anda memeganginya?

Kategori Bahan Indo Lead: 
Jenis Bahan Indo Lead: 
File: 
AttachmentSize
kemurahan_hati.doc85 KB
kemurahan_hati.htm11 KB

Komentar